Tips Memaksimalkan Konten Live Streaming, Nomor 3 Paling Efektif

Marketing.co.id – Berita UMKMĀ | Saat ini tidak sedikit pelaku UMKM Indonesia yang sudah memanfaatkan media sosial sebagai saluran promosi untuk meningkatkan brand awareness. Salah satunya adalah platform video pendek yang semakin gencar dimanfaatkan.

Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia menyatakan, “Salah satu strategi berwirausaha yang saat ini sedang tren melalui platform video pendek dan banyak dilakukan oleh pelaku UMKM adalah live streaming. Platform SnackVideo menyediakan fitur yang mudah digunakan oleh masyarakat untuk melakukan promosi UMKM melalui konten-konten informatif dan menarik melalui video pendek. Tercatat hingga saat ini, pengguna aktif SnackVideo mencapai 43 juta orang di seluruh Indonesia.”

Dukungan dari platform ini kepada para pelaku UMKM, bisa dilihat dalam fitur live stream yang dapat digunakan oleh pelaku bisnis untuk membangun komunikasi dengan konsumen melalui fitur live chat nya.

“Sama seperti video pendek, live streaming membutuhkan konsep yang kreatif dan persiapan yang matang agar dapat memberi hasil yang diharapkan. Agar memperolah hasil yang maksimal, kami berikan beberapa panduan kepada para content creator dan host mengenai persiapan sebelum melakukan live streaming dan beberapa tips agar siaran berlangsung menarik, interaktif dan diikuti banyak pengguna SnackVideo,” jelas Dina.

Berikut hal yang harus dilakukan para pelaku UMKM saat mempersiapkan live streaming di SnackVideo:

  1. Menentukan jenis konten yang ingin dilakukan. Jenisnya bisa berupa chit chat atau obrolan, langkah-langkah penggunaan produk (misal untuk produk beauty), games & challenge, mukbang (untuk produk food & beverages), menari, atau bernyanyi. Jika live streaming untuk mempromosikan produk, sertakan juga informasi pembelian produk yang bisa dipilih oleh penonton.
  2. Pilih waktu yang tepat untuk melakukan live streaming sesuai demografi dari pengguna yang menjadi sasaran. Informasikan terlebih dahulu jadwal live streaming serta host yang akan memandu acara agar tidak terlewat.
  3. Host bersikap ramah dan bersahabat dengan para penontonnya. Jangan lupa untuk mengucapkan salam dan menyapa penonton, terutama penonton yang sudah rutin menonton live streaming. Lakukan interaksi dengan membaca dan merespons komen-komen dari penonton, terutama yang berkaitan dengan informasi produk. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih jika ada penonton yang memberikan gift.
  4. Pemilihan host yang tepat. Pilih host yang terlihat menarik dengan pakaian yang terlihat sopan dan rapi, rambut ditata dengan rapi, serta mengaplikasikan make up untuk host perempuan. Hindari penampilan host yang seksi dan vulgar.
  5. Jangan lupa persiapkan setting dan perlengkapan. Live streaming sebaiknya dilakukan di ruangan yang tenang sehingga host merasa nyaman dalam bekerja. Pastikan perlengkapan berfungsi dengan baik. Atur jarak duduk host serta pencahayaannya sehingga wajah host bisa terlihat dengan jelas tapi tidak memenuhi layar ponsel.

Lakukan tips di atas agar produk yang dipromosikan dapat laku terjual dengan cepat dan selalu ditunggu oleh konsumen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.