Bicara loyalitas pelanggan, kebanyakan orang langsung mengasosiasikannya dengan kartu loyalitas (loyalty card), terutama untuk industri ritel. Padahal ada banyak cara untuk menjaga dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Kartu pelanggan bukanlah satu-satunya cara. Â
Ada beberapa strategi yang bisa dilakukan para peritel untuk meningkatkan loyalitas dan mendorong kunjungan berulang selain memberikan kartu loyalitas. Ini dia beberapa strategi tersebut:
Fokus pada pelanggan
Dalam iklim ritel saat ini, pelanggan harus menjadi inti dari bisnis. Itu artinya, Anda harus meluluhkan hati mereka, bukan hanya menguras dompetnya saja. Program manajemen pengalaman pelanggan yang konsisten dapat membantu mendorong pengalaman pelanggan dengan menyoroti area yang perlu diberbaiki.
Memberikan produk dan layanan dengan harga yang wajar
Dengan menawarkan produk atau jasa yang terus melebihi harapan pelanggan, Anda dapat meningkatkan frekuensi kunjungan, ukuran, dan advokasi merek.
Mempromosikan awareness produk dan penawaran khusus
Selain kartu loyalitas, sangat penting mencari cara mengumpulkan alamat email pelanggan dan membangun saluran komunikasi dengan mereka. Sehingga Anda bisa mengumpulkan preferensi dan mendistribusikan penawaran khusus, diskon, dan promo musiman kepada mereka.
Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan email pelanggan untuk mempromosikan awareness produk, menarik perhatian untuk barang atau penawaran tertentu.
Meningkatkan keterlibatan karyawan
Karyawan yang terlibat dapat memainkan peran kunci dalam menghubungkan merek dengan pelanggan. Pemilik merek perlu memelihara lingkungan yang positif. Caranya bisa dengan pelatihan kerja.
Program kartu loyalitas akan terus menjadi topik panas sektor ritel dan lainnya. Tetapi pada akhirnya, masalah ini bukan tentang kartu, melainkan bagaimana memahami kebutuhan pelanggan dan menemukan cara baru untuk menciptakan nilai termasuk jenis pengalaman mendatang.
Editor: Wahid FZ, Sekar Ayu Sumber: CustomerService