Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Di dunia yang serba cepat saat ini, memprioritaskan wellness bukan lagi kemewahan melainkan kebutuhan. Hal ini tercermin dalam tren self-care (perawatan diri) yang sedang berkembang pesat.
Menurut data dari Linkedin, Februari 2024, tren self-care menduduki peringkat teratas dari 7 tren health-care (perawatan kesehatan) tahun ini. Hal ini ini bisa dilihat juga dari tingginya pencarian secara online untuk kategori “self-care” yang meningkat sebesar 200% selama lima tahun terakhir.
Menurut psikolog Astrid Regina Sapiie, self-care merupakan proses holistik yang diperlukan untuk menumbuhkan kehadiran, keterlibatan, kesejahteraan, dan self-love. Astrid juga mengatakan, mengabaikan kebutuhan pribadi dapat menyebabkan penurunan kesehatan dan self-love, hingga kemudian potensi terjadinya kecemasan, kesulitan untuk bisa fokus, kelelahan, dan menurunnya kualitas tidur bisa terus meningkat.
“Penerapan self-care dilakukan bukan untuk melarikan diri dari masalah tetapi untuk bisa hadir sepenuhnya dan mengamati kondisi yang berjalan saat ini dengan tenang,” tuturnya.
Baca juga: Dampak dan Cara Mencegah Fenomena Technostress di Kantor
Menurut data dari McKinsey Health Institute, July 2023, konsumen menghabiskan sekitar $1,5 triliun per tahun untuk layanan dan produk self-care dan tren ini akan terus meningkat.
“Kondisi di era modern ini sangat lekat dengan stres. Dalam upaya mengelola stres dan meningkatkan kesejahteraan diri, sejumlah rutinitas dapat dilakukan seperti berolahraga, menulis jurnal dan aktifitas lainnya yang dapat meningkatkan rasa nyaman,” ucap Astrid.
“Contohnya lainnya juga bisa sesederhana mandi atau merawat diri menggunakan produk yang dapat memberikan sensasi menenangkan. Tidak hanya untuk menciptakan rasa nyaman, namun juga memungkinkan individu untuk dapat lebih terhubung dan menikmati momen saat ini. Dimana pada umumnya, kondisi stres kerap membuat pikiran kita tidak fokus,” papar Astrid.
Dr Teal’s Produk Perawatan Tubuh Premium
Dalam upaya mendukung konsumen dalam melakukan rutinitas self-care, PT Interbat meluncurkan rangkaian produk terbarunya dengan merek Dr Teal’s. Produk perawatan tubuh premium ini dirancang untuk mendukung relaksasi dan kesehatan kulit, melalui kandungan murni Epsom Salt yang kaya akan mineral Magnesium, Sulfat dan essential oil. Dr Teal’s bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot, mengurangi stres, memperlancar peredaran darah, dan membantu meningkatkan kualitas tidur.
Data dari Excatitude Consultancy (market research and consulting services firm) tahun 2024 memperlihatkan, bahwa pasar global untuk Epsom Salt diperkirakan akan terus meningkat sampai dengan tahun 2030.
Baca juga: Sebelum Beli Skincare Kenali Dulu Jenis dan Kondisi Wajah Anda
Menurut Global Report Market tahun 2024 ini, pertumbuhan pasar Epsom Salt yang kuat dan konsisten karena produk ini memiliki kandungannya yang alami dan ramah lingkungan. Menurut Inesh Angeli, Brand Manager Dr Teal’s, rangkaian produk Dr Teal’s tidak hanya mengandalkan Epsom Salt yang kaya Magnesium, tetapi juga diperkaya essential oil untuk pengalaman relaksasi yang maksimal.
“Magnesium yang terkandung dalam Epsom Salt produk Dr Teal’s memiliki daya serap yang lebih baik pada kulit karena tekstur butirannya yang halus dan berkualitas tinggi, menjadikannya cepat larut dan mudah diserap pori-pori sehingga kadungan Magnesiumnya dapat segera bekerja dan membantu meredakan ketegangan otot, memperbaiki sirkulasi, dan menurunkan stres,” ungkap Inesh.