Portal Lengkap Dunia Marketing

UMKM

[TIPS] Bisnis Sudah Online, Bagaimana Cara Meraih Loyalitas Pelanggan?

Marketing.co.id – Berita UMKM | Memiliki basis pelanggan setia dengan jumlah yang besar dan sering melakukan pembelian, memberikan ulasan positif tentang merek serta selalu merekomendasikan pelanggan baru adalah impian sebagian besar bisnis online saat ini.

Sebuah survei menunjukkan bahwa pelanggan yang sangat terlibat dengan merek cenderung membeli lebih sering (90%) dan membelanjakan  uang lebih banyak (60%) dibanding pelanggan baru.  Hal ini dengan sangat  jelas menunjukkan bahwa meraih loyalitas harus menjadi salah satu prioritas utama Anda.

Bagaimana cara merek-merek TOP mengubah pelanggan mereka menjadi pendukung merek yang setia? Untuk membantu Anda, berikut 7 trik dan tips meningkatkan basis pelanggan setia:

Menyenangkan pelanggan dengan menawarkan layanan pelanggan yang luar biasa

Terlepas dari produk yang berkualitas, layanan pelanggan adalah hal yang akan membuat merek Anda menonjol diceruk pasar Anda. Ketika Anda menyenangkan pelanggan dengan menawarkan sebuah layanan yang luar biasa, mereka akan terdorong untuk melakukan pembelian berulang.

Anda dapat menawarkan layanan pelanggan dengan mengoptimalkan pesanan online. Anda bisa memastikan semua produk menjangkau pelanggan tepat waktu. Anda juga harus memastikan melakukan pemeriksaan yang ketat terhadap semua produk sebelum dikirim sehingga pelanggan puas dan meminimalkan pengembalian produk.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda menangani pertanyaan dan keluhan pelanggan secepat mungkin. Untuk melakukan ini Anda dapat menggunakan solusi AI chatbot di situs web sehingga pelanggan mendapatkan solusi dengan cepat. Anda juga harus memantau semua saluran layanan pelanggan seperti email, telepon, dan media sosial.

Menawarkan pengembalian dan pertukaran produk tanpa ribet

Memiliki pengembalian dan pertukaran produk yang tidak merepotkan mungkin menjadi salah satu prioritas utama bagi pelanggan. Studi menunjukkan bahwa pengalaman pengembalian produk yang negatif dapat membuat pelanggan enggan berbelanja lagi.

Jadi, cobalah menawarkan kebijakan pengembalian produk tanpa ribet untuk mendorong lebih banyak pesanan. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mematuhi semua kebijakan dan tidak ada hambatan dalam prosesnya. Kebijakan pertukaran produk yang mudah juga bisa menjadi salah satu insentif yang mendorong pelanggan untuk tetap setia dan merekomenasikan produk Anda kepada orang lain.

Memulai program loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan berbasis poin dapat memicu pembelian berulang dari pelanggan. Anda dapat membuat program loyalitas berdasarkan frekuensi pembelian, Anda juga dapat menawarkan insentif seperti pengiriman gratis, pengiriman satu hari, akses ekslusif ke penawaran khusus, dan hadiah gratis sebagai bagian dari program loyalitas.

Menjaga basis pelanggan di semua saluran

Untuk memenangkan loyalitas pelanggan, Anda harus mencoba menjaga pelanggan di berbagai saluran, seperti email, forum online, dan platform media sosial. Kehadiran omnichannel akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan. Anda dapat menjaga pelanggan melalui buletin email, alih-alih membombardir pelanggan dengan konten promosi murni, coba tambahkan nilai (value) dengan membagikan tautan ke konten berharga dan menawarkan kupon diskon ekslusif.

Anda juga harus membuat konten yang menarik secara visual di saluran media sosial yang paling populer di antara audiens target Anda. Buat kontes, hadiah dan bagikan kisah pelanggan, manfaat konten buatan pelanggan, dan berinteraksi dengan pelanggan untuk memanfaatkan platform media sosial ini semaksimal mungkin.

Berkontribusi pada tujuan sosial

Jika Anda adalah merek yang mendukung tujuan sosial apapun, Anda dapat menggunakannya untuk memenangkan loyalitas pelangan. ketika nilai pelangga sesuai dengan tujuan Anda, mereka kemungkinan besar akan lebih memilih merek Anda daripada yang lain. Misalnya, jika merek Anda berfokus pada keberlanjutan, Anda harus memanfaatkan fakta ini dan memberi tahu pelanggan tentang hal itu. Atau, jika Anda menyumbangkan  sebagian dari keuntungan untuk amal, Anda harus dengan bangga menampilkan ini di situ web untuk membentuk hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Fokus pada peningkatan kualitas produk

Pada akhirnya, pelanggan ingin produk yang mereka beli berkualtias tinggi. Terlepas dari faktor lain, jika produk Anda tidak sesua dengan harapan pelanggan, maka loyalitas pelanggan pada akhirnya akan berkurang.  Jadi, terus cari cara untuk meningkatkan kualitas produk Anda. Lakukan pemeriksaan kualitas yang ketat untuk memastikan bahwa hanya produk dengan kualitas terbaik  yang akan dikirimkan ke pelanggan. Atau, lihat ulasan dan penilaian pelanggan untuk mengindentifikasi produk yang mengecewakan pelanggan dan gunakan itu untuk meningkatkan kualitas produk Anda.

Biarkan pelanggan tahu bahwa Anda mendengarkan  mereka

Pelanggan ingin didengarkan dan dihargai.  Jika pelanggan tahu bahwa Anda mempertimbangkan umpan balik (feedback) mereka dan menindaklanjutinya, Anda akan segera mendapatkan kepercayaan dari mereka. Cobalah untuk mendapatkan umpan balik pelanggan dengan mengirimkan survei atau cukup kumpulkan data dari ulasan online. Pahami kekurangan Anda dan cari cara untuk menyelesaikan masalah pelanggan. Setelah selesai melakukannya, hubungi pelanggan dan beritahu mereka tentang hal itu. Ini pasti akan membantu Anda mendapatkan loyalitas mereka.

Dengan persaingan yang ketat di ranah digital saat ini, memenangkan loyalitas pelanggan menjadi lebih menantang dibandingkan sebelumnya. Tapi itu mungkin didapat dengan Anda benar-benar peduli pada pelanggan, menghargai pendapat mereka dan sering terlibat dengan mereka. Dengan menggunakan strategi diatas, Anda pasti akan melihat peningkatan jumlah pelanggan setia.Jadi, jangan buang-buang waktu dan mulai terapkan segera!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top