Tingkatkan Integritas Organisasi dengan Pemanfaatan SNI-ISO 37001

Marketing – Standar Nasional Indonesia (SNI) ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) merupakan standar manajemen internasional yang membantu suatu organisasi mewujudkan tata kelola organisasi yang profesional, akuntabel, patuh, dan transparan.

Menurut Direktur PT Mutuagung Lestari Sumarna, terdapat lingkungan yang memungkinkan adanya dorongan pada penyimpangan itu, karena tindak pidana korupsi bukanlah sebuah situasi tunggal.

Untuk mencegah terjadinya penyimpangan itu, perlu dibangun sebuah ekosistem anti korupsi, yang dimulai dari pencegahan penyuapan. “Sistem ini bisa diterapkan oleh berbagai institusi, bukan hanya organisasi pemerintahan,” ujar dia.

Terdapat beberapa  manfaat yang dapat diperoleh oleh sebuah instansi dengan mengantongi sertifikat SNI ISO 37001. Di antaranya, digunakan organisasi untuk membantu mencegah, mendeteksi, melaporkan, serta menangani kasus penyuapan.

Sejak diberlakukannya, sudah banyak organisasi baik perusahaan maupun nirlaba di Indonesia yang menerapkan sistem tersebut. Terbaru sertifikat kesesuaian SNI ISO 37001:2016 berhasil diraih oleh Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Manado dan Universitas Jember.

“Universitas Jember bertekad mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di ranah akademik serta non akademik,” ucap Moh. Hasan Rektor, Universitas Jember.

Sumarna menambahkan melalui pengalaman dan kompetensi intinya di bidang Sistem Manajemen, PT Mutuagung Lestari memperoleh pengakuan berskala nasional maupun internasional dan dapat mengakomodasi perusahaan-perusahaan yang hendak melaksanakan skema SMAP.

“Kami memiliki komitmen menyosialisasikan organisasi yang berintegritas, sehingga dapat mencegah tindak pidana korupsi yang dapat terjadi di berbagai institusi,” jelas Sumarna.

Lembaga sertifikasi ini sudah melayani lebih daru 1500 klien meliputi sektor swasta maupun instansi pemerintah yang tersebar di seluruh Indonesia maupun di kawasan Asia Pasifik

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.