Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Telkomsel IoT Sphere Bentengi Perusahaan dari Potensi Ancaman Siber

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology| Telkomsel meluncurkan solusi layanan keamanan IoT untuk memberi perlindungan optimal pada jaringan pelanggan dari segala ancaman dan eksploitasi secara komprehensif serta menjaga kinerja dan produktivitas perusahaan. Layanan tersebut diberi nama Telkomsel IoT Sphere.

Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Manulang mengatakan, saat ini semakin banyak perusahaan yang mengadopsi beragam teknologi komunikasi berbasis digital sebagai upaya meningkatkan efektivitas dan produktivitas. Salah satunya dengan mengimplementasikan teknologi IoT.

“Dengan menghadirkan Telkomsel IoT Sphere, kami berupaya membuat aset IoT yang dimiliki perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai potensi ancaman seperti virus maupun gangguan berbahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis, karena dilengkapi dengan sistem mitigasi yang dapat mendeteksi potensi ancaman secara otomatis dan real-time,” tuturnya.

Baca juga: Makin Canggih, Sharp Padukan Sistem AIoT Pada Seri Air Purifier Dan AC Terbaru

Telkomsel IoT Sphere hadir dengan berbagai fitur unggulan seperti  Just on Click, Security and Threats protection, Device Agnostic, dan Routing & Filtering.

Fitur Just on Click membuat platform mudah dikonfigurasi dengan akses visual interaktif yang sederhana dan didukung sistem monitoring ancaman yang mendetail. Security and Threats protection merupakan database berisikan berbagai jenis virus dari seluruh dunia, malware, maupun ancaman lainnya yang telah diintegrasikan sehingga memungkinkan platform secara otomatis melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Telkomsel IoT Sphere

Vice President Internet of Things Telkomsel Alfian Manullang mengatakan Telkomsel IoT Sphere menjadi upaya Telkomsel dalam membuat aset IoT perusahaan tetap terjaga dan aman dari berbagai ancaman seperti virus maupun gangguan bahaya lainnya dengan mekanisme yang praktis, otomatis, dan real time.

Sementara Device Agnostic memungkinkan platform dapat diaplikasikan ke semua perangkat maupun aplikasi, dan didukung dengan End Device Protection serta sistem monitoring ancaman yang non-intrusif. Kemudian Routing & Filtering yang memungkinkan pengguna memiliki fleksibilitas dalam mengatur koneksi data dengan segmentasi yang komprehensif dan filtering system yang kuat sehingga keamanan koneksi data tetap terjaga.

“Hadirnya sistem keamanan terintegrasi ini juga menjadi bagian dari upaya kami dalam menghadirkan solusi digital Telkomsel IoT yang lebih menyeluruh, sehingga konsumen di segmen enterprise dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis tanpa adanya kekhawatiran serangan siber yang dapat merusak aset dan mengganggu produktivitas perusahaan,” jelas Alfian.

Baca juga: Teknologi Besutan Lintasarta dan Palo Alto untuk Halau Serangan Siber

Layanan Telkomsel IoT Sphere menyasar segmen B2B dari berbagai jenis industri. “Layanan ini dapat digunakan oleh berbagai industri sepanjang melakukan transaksi lewat internet dan memiliki infrastruktur IT,” jelas GM IoT  Smart Connectivity Telkomsel, Meli Wulandari.

Sektor perbankan dapat memanfaatkan konektivitas VPN Telkomsel IoT Sphere untuk melindungi jaringan mesin ATM dari serangan siber seperti phishing maupun ancaman lainnya. Kantor pelayanan publik seperti Samsat juga dapat mengoptimalkan sistem keamanan cloud Telkomsel IoT Sphere untuk menjaga keamanan data pengguna layanan dan aplikasi yang sangat sensitif, hingga startup dompet digital untuk meningkatkan pengamanan transaksi konsumen melalui mesin Electronic Data Capture (EDC).

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top