Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Tanamera Coffee Indonesia Lakukan Ekspor Perdana Ke Moskow, Rusia

Marketing – Siapa yang tak kenal dengan Tanamera? Sebuah kedai kopi yang berdiri sejak tahun 2013 serta bekerja berdampingan dengan petani kopi Indonesia untuk menghasilkan kopi terbaik bagi para pelanggan. Tanamera sendiri telah mempunyai 14 kedai kopi di beberapa kota Indonesia. Baru-baru ini Tanamera Coffee Indonesia telah melakukan pengiriman perdana ekspor kopi premium dari Indonesia ke Rusia pada Rabu (04/12/19). Pengiriman ini  merupakan tindak lanjut dari kegiatan Festival Kopi Indonesia di Rusia yang diselenggarakan KBRI Moskow pada tanggal 11 Oktober 2019. Ekspor kopi premium Indonesia tersebut senilai 2 Miliar Rupiah atau setara dengan 19.2 ton. Sesuai MoU Tanamera Coffee Indonesia dengan mitra bisnis di Rusia, rencananya pengiriman ini akan diikuti dengan ekspor kopi selanjutnya ke negara tersebut.

Owner Tanamera Coffee, Sasha Papadimitriou (kanan) dan Direktur Tanamera Coffee Indonesia, Dini Aryani Criddle (tengah) mendampingi Dino Kusnadi, Direktur 1 Eropa Kemenlu (baju batik), melihat kopi-kopi yang akan diekspor ke Rusia. Tanamera akan mengekspor sebanyak 19,2 ton biji kopi ke Moskow, Rusia. Foto: Instagram @tanameracoffee.

Potensi kopi Indonesia untuk pasar Rusia sangat besar. Pada tahun 2018 Indonesia menjadi pengekspor kopi terbesar ke-11 di dunia, yakni 3,628 ton dengan transaksi senilai USD 9.1 juta. Sementara itu, total impor kopi Rusia mencapai 196 ribu ton atau senilai USD 592.9 juta. Posisi pertama importir kopi terbesar Rusia adalah Vietnam (96 ribu ton), Brazil (34 ribu ton), Italia (14 ribu ton), India (6 ribu ton) dan Jerman (6 ribu ton).

Biji kopi premium Tanamera Coffee Indonesia yang akan diekspor ke Rusia adalah :

• Gayo Wet Hulled Grade 1
• Gayo Natural Grade 1
• Kerinci Natural Grade 1
• Toraja Semi Washed Grade 1
• Central Java Honey Grade 1
• North Malabar Washed Grade 1
• Bali Semi Washed Grade 1
• Bali Fully Washed Grade 1

Sampai saat ini, biji kopi Tanamera Coffee Indonesia telah meraih 51 medali di ajang Melbourne International Coffee Exhibition. Tanamera Coffee Indonesia sangat percaya dan bangga akan kualitas kopi Indonesia dan akan terus menyajikan biji kopi Indonesia yang berkualitas, serta memastikan membaiknya kesejahteraan produsen kopi dan petani di Indonesia seiring dengan perkembangan industri.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top