Dalam beberapa tahun terakhir, PT Panasonic Gobel Indonesia mengalami pertumbuhan yang signifikan. Panasonic mampu meningkatkan angka penjualan di atas 20% dalam kategori produk home appliances.
Di pasar Air Conditioner, Panasonic berhasil meraih market share di atas 23% dan mengklaim dirinya sebagai market leader di pasar AC Indonesia.
Pencapaian tersebut merupakan hasil dari konsistensinya dalam menyediakan produk-produk inovatif untuk home appliances dikalangan B2C (Business to consumer) dan system solution di kalangan B2B (Business to Business).
“Kami adalah market leader di pasar AC Indonesia dengan market share di atas 23%,” kata Hiroyuki Iwaki, Managing Director Panasonic Appliances Air Conditioning Malaysia di acara 5th Refrigeration & HIVAC Indonesia di PRJ, Jakarta, Rabu (28/9).
Ia menjelaskan, sumbangsih terbesar dari penjualan AC Panasonic berasal dari ukuran PK kecil. Dimana hingga saat ini sudah terjual sekitar 700 hingga 800 ribu unit. Oleh sebab itu, sekarang Panasonic ingin mengembangkan pasar ukuran PK besar yang memang banyak digunakan B2B.
“AC kami yang paling kuat penjualannya di pasar itu yang ukuran PK-nya kecil. Kami sekarang ingin fokus mengembangkan pasar PK yang besar, yaitu pasar B2B” katanya.
Guna mendukung ambisinya tersebut, Panasonic terus berinovasi untuk menyediakan teknologi segmen B2B. Dalam acara 5th Refrigeration & HIVAC Indonesia yang digelar di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Panasonic meluncurkan beberapa AC terbaru yang dikhususkan untuk menjangkau target pasar tersebut.
Produk baru tersebut di antaranya Big Capacity Package Air Conditioner yang dirancang khusus untuk bangunan dan gedung komersil. 10 Hourse Poer Mini VRF dan Multi Spit yang diperuntukkan bagi gedung apartemen tinggi. Ada juga Absorption Chiler dan Gas Engine Heat Pump VRF yang merupakan AC dengan solusi energi alternatif yang cocok sebagai alternatif untuk proyek berskala besar.
Bukti keseriusan Panasonic dalam menggarap pasar B2B diwujudkan dengan membentuk Commercial AC Division (Divisi AC Komersil) yang merupakan bagian dari Panasonic Business.
“Kami menyadari bahwa AC merupakan kebutuhan utama di setiap kantor, gedung, dan juga apartemen. Untuk memenuhi pasar ini, kami membentuk Divisi AC Komersil untuk menunjang konsumen B2B,” lanjutnya.
PT Panasonic Gobel Indonesia akan dibantu oleh rekan bisnisnya, PT Gobel Dharma Nusantara dalam menyediakan on sales service dan after sales service. Untuk melayani target pasar tersebut, Panasonic didukung lebih dari 30 kantor after sales service di seluruh Indonesia dan call center.