​Tak Hanya Toko Fisik, UNIQLO Ubah Total E-Commerce dengan Fitur Personal dan Cepat

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Ritel | UNIQLO Indonesia mengumumkan langkah signifikan dalam ranah digitalnya dengan meluncurkan transformasi besar-besaran pada platform e-commerce. Perubahan ambisius ini bertujuan untuk mendefinisikan ulang pengalaman berbelanja LifeWear menjadi lebih cepat, praktis, nyaman, dan sangat personal. Inisiatif ini akan mulai diluncurkan secara bertahap mulai 8 Oktober dengan memperkenalkan serangkaian layanan dan fitur baru yang mengintegrasikan pengalaman berbelanja online dan offline secara mulus, menghadirkan kemudahan berbelanja yang terhubung tanpa batas.

Ryohei Sato, Co-COO PT Fast Retailing Indonesia (UNIQLO Indonesia), menegaskan, bahwa transformasi ini merupakan wujud komitmen berkelanjutan UNIQLO untuk terus berkembang menyesuaikan diri dengan kebutuhan pelanggan. Ia menyebutkan, bahwa berbagai saran dan masukan dari para pelanggan setia telah diterima dan diimplementasikan ke dalam transformasi E-Commerce ini.

“Dengan menggabungkan kecepatan, kenyamanan, serta personalisasi, UNIQLO berharap dapat menghadirkan pengalaman berbelanja yang terintegrasi, baik secara online maupun offline,” ujar dia.

Peningkatan signifikan terlihat pada website UNIQLO yang diperbarui untuk menghadirkan pengalaman berbelanja online yang jauh lebih cepat dan mudah. Peningkatan ini meliputi kemampuan pencarian yang lebih pintar, visualisasi tampilan yang lebih ringkas, serta alur pembayaran yang lebih efisien. Selain itu, UNIQLO juga merencanakan menghadirkan Gift Card fisik yang dapat digunakan secara online, yang dijadwalkan tersedia di toko mulai tahun 2026.

Aspek personalisasi diperkuat dengan hadirnya layanan eConcierge (WORKMATE) mulai November 2025. Fitur ini memungkinkan pelanggan di dalam toko untuk mengakses koleksi lengkap UNIQLO secara online, menyelesaikan pembayaran di kasir, dan mengatur pengiriman sesuai kebutuhan.

Layanan eConcierge ini akan hadir pertama di wilayah JABODETABEK sebelum diperluas ke seluruh Indonesia pada Februari 2026. Selaras dengan itu, aplikasi seluler UNIQLO juga akan diperbarui dengan fitur riwayat pesanan digital yang terintegrasi, konten pilihan yang lebih relevan, serta layanan pelanggan yang lebih optimal, memastikan pengalaman berbelanja yang nyaman dan personal.

UNIQLO juga berfokus pada kemudahan dan kecepatan pengambilan pesanan. Pelanggan kini akan menikmati layanan Click & Collect yang ditingkatkan, memberikan akses lebih luas ke seluruh koleksi online. Uji coba untuk pengambilan pesanan melalui loker khusus Click & Collect di dalam toko akan dilakukan di area Jakarta pada 2026.

Lebih lanjut, layanan Order & Pick akan diluncurkan pada November 2025 di JABODETABEK, memberikan fleksibilitas luar biasa bagi pelanggan untuk mengambil pesanan online di toko dalam waktu secepat dua jam. Layanan Order & Pick ini juga akan diperluas ke seluruh toko UNIQLO di Indonesia pada Februari 2026.

Sebagai bagian dari inisiatif ini, UNIQLO menambahkan layanan bernilai tambah, seperti opsi pre-order untuk produk pilihan dan pelacakan riwayat pesanan yang terintegrasi di seluruh kanal, memberikan kemudahan di setiap langkah perjalanan berbelanja pelanggan. Inisiatif terbaru ini secara keseluruhan menegaskan kembali komitmen UNIQLO terhadap filosofi LifeWear serta upaya untuk menciptakan solusi praktis dan penuh pertimbangan guna membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

Pelanggan perlu mencatat beberapa penyesuaian layanan selama masa transisi peluncuran ini. Layanan Click & Collect di Uniqlo.com/id akan dinonaktifkan sementara mulai 29 September dan akan aktif kembali pada 10 Oktober. Sementara itu, website UNIQLO tidak akan beroperasi selama dua hari pada tanggal 7–8 Oktober. Adapun aplikasi UNIQLO yang telah diperbarui akan diluncurkan kembali pada 9 Oktober.