Marketing.co.id – Berita UMKM | Berawal dari mbok jamu yang berjualan di sekitaran sekolah, Wedhangan Q menghadirkan jamu dalam bentuk botol/kemasan Ready To Drink (RTD).
Mbok jamu yang biasanya berjualan di sekolah lalu difasilitasi untuk membuka kanal penjualan secara digital. Ketika akhirnya mbok jamu memutuskan untuk pulang kampung akibat situasi PPKM yang berkepanjangan, Wedhangan Q tetap meramu dan meracik jamu untuk memenuhi permintaan pelanggan.
Rempah dan rimpang khas Indonesia menjadi incaran negara-negara Eropa di era penjelajahan Dunia Baru. Kunyit, kayu manis, jahe, pala, cengkeh, lada, menjadi primadona perdagangan di Venesia pada waktu itu. Secara ilmiah kemudian terbukti bahwa rempah dan rimpang tidak hanya memiliki kesan eksotis, mewah, mistis, bahkan erotis tetapi ternyata mengandung khasiat yang luar biasa untuk tubuh manusia.
Sudah dipastikan ketika meminum wedhang rempah, maka tubuh akan terasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani hari. Di masa pandemi ini, kebiasaan minum jamu dianggap mampu meningkatkan ketahanan tubuh.
Kesadaran untuk mencegah daripada mengobati ternyata mampu membawa kita kembali merujuk ke kearifan budaya minum jamu yang acap tersingkirkan oleh kemudahan dan kepraktisan beragam minuman kekinian.
Berdasarkan inspirasi sejarah, budaya, dan kearifan lokal itulah Wedhangan Q membuka dapur/outlet fisik, dimana pelanggan bisa menikmati ramuan dan hidangan khas rempah dan rimpang khas Nusantara. Jamu boleh dianggap jadul, namun pengalaman eksplorasi rasa autentik Indonesia akan terus berkembang mengikuti zaman.
Dapur Wedhangan Q menawarkan produk makanan dan minuman racikan berbahan dasar rempah dan rimpang, di antaranya yang menjadi andalan adalah Es Kunyit Asem Nanas, Es Gula Asem Pedas, Kunyit Latte, Teh Talua, Spaghetti Opor Terong dan Tempe Unyu, Open Toast Tempe Asinan, dan Nasi Sate Lilit.
Bertempat di jalan Kemang Timur 41E, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Dapur Wedhangan Q adalah sebuah upaya mengangkat produk-produk jamu kemasan Ready To Drink (RTD) sebelumnya.
Outlet fisik Wedhangan Q menawarkan pengalaman baru yang bakal memperkaya wawasan kita dalam mengapresiasi jamu dan rasa khas rempah dan rimpang Nusantara dalam bentuk makanan dan minuman. Tidak semata merayu melalui rasa di lidah, tetapi juga melalui beragam sensasi visual, ambience, dan wangi harum ramuan rempah dan rimpang yang menyeruak dari Dapur Wedhangan Q.
Harga yang ditawarkan Dapur Wedhangan Q terjangkau, bahkan terbilang cukup murah untuk Kawasan Kemang dengan harga minuman berkisar Rp. 15.000,- sampai Rp. 40.000,- dan untuk makanan Rp. 35.000,- sampai Rp. 75.000,-.
Dengan hadirnya Dapur Wedhangan Q, diharapkan masyarakat Jakarta pada umumnya dan khususnya komunitas multinasional yang berada di Jakarta memiliki ruang eksplorasi dan apresiasi baru atas kekayaan rasa yang dimiliki bangsa Indonesia.
Selama tanggal 1-3 Oktober 2021 Dapur Wedhangan Q mengundang Anda untuk hadir mencicipi dan mereview menu Dapur Wedhangan Q. Dine-in melayani reservasi grup kecil (max 8 orang), sehingga jumlah orang yang keluar/masuk dapat memenuhi kuota dan sempat melakukan disinfektan lokasi sebelum grup berikutnya datang. Staff dan karyawan sudah vaksin dan menerapkan prokes.