Solution Day 2024: Dirut Telkomsel Ungkap Kunci Sukses Bermain di Pasar B2B untuk Produk Teknologi

Marketing.co.id – Berita Digitial & Techno | Telkomsel bersama Telkom menggelar Solution Day 2024 di Jakarta (22/2), yang merupakan ajang tahunan untuk memperkenalkan ragam solusi bisnis berbasis digital dari Telkomsel Enterprise dan Telkom.

Gelaran Solution Day menjadi wadah bagi pelanggan segmen korporasi dan industri untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya dengan memanfaatkan ragam solusi digital terkini.

Pembukaan Solution Day antara lain dihadiri oleh Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R dan Direktur Utama Telkomsel, Nugroho.

Direktur Enterprise and Business Service Telkom, FM Venusiana R mengatakan, Telkom Group berkomitmen untuk terus memberikan solusi terbaik bagi pelanggan enterprise dalam mendorong pertumbuhan bisnisnya, melalui digitalisasi proses, layanan dan platform, sehingga meningkatkan produktifitas dan efisiensi.

“Melalui Telkomsel Solution Day 2024, kami ingin memberikan wawasan kepada para pelanggan dalam beragam use case, khususnya mobile solution dari Telkomsel, yang diharapkan dapat mempercepat transformasi digital di seluruh industri dan mengoptimalkan potensi bisnis dalam mendorong perekonomian Indonesia,” tutur Venusiana.

Baca juga: Solusi Teknologi Untuk Wilayah Terpencil Indonesia Yang Belum Terkoneksi

Direktur Utama Telkomsel, Nugroho, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan strategi memasarkan solusi teknologi di pasar B2B (Business to Business). Dia juga mengatakan, solusi teknologi harus menguntungkan kedua belah pihak (perusahaan dan klien).

“Jangan sampai hanya untuk mengejar top line, saya hilang duit atau bapak-ibu hilang duit, itu mesti kita hindari,” tuturnya di depan para petinggi perusahaan teknologi.

Menimbang hal tersebut, ada kunci keberhasilan selanjutnya yakni kita harus menjual apa yang customer butuhkan, bukan menjual apa yang kita punya. “Tidak ada solusi yang one fit for all, kita harus lihat kebutuhan yang spesifik, yang bisa memberikan keuntungan bagi Telkomsel dan customer nya,” lanjut Nugroho.

Dia juga menyoroti pentingnya inovasi, dimana Telkomsel tidak hanya mengandalkan produk yang ada saja. Selain itu, juga dibutuhkan adanya kolaborasi. Telkomsel, tegas Nugroho, tidak mungkin hanya mengandalkan produknya sendiri, dan perlu berkolaborasi dengan banyak mitra.

“Kolaborasi penting supaya kita bisa sama-sama me-leverage value masing-masing, dan mengintegrasikannya menjadi sebuah solusi yang fit for the customer,” tandasnya.

Tampilkan 40 Showcase Solusi Digital Unggulan

Gelaran Solution Day 2024 menghadirkan rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman akan solusi digital terkini melalui kegiatan Industry Insight, Solution Updates, Booth Solution Experience, B2B Product Launches, dan Networking.

Terdapat lebih dari 40 showcase solusi digital unggulan yang dihadirkan bagi segmen korporasi pada Solution Day 2024, di mana solusi-solusi tersebut terbagi ke dalam 12 kategori vertikal dan horizontal. Lima showcase vertikal bisnis yang dijadikan fokus pada gelaran Solution Day 2024 antara lain Pertambangan, Manufaktur, Layanan Keuangan, Transportasi & Logistic, dan Agrikultur.

Untuk tujuh showcase kategori horizontal bisnis, Telkomsel dan Telkom menghadirkan beberapa solusi digital yakni Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Innovation dan Data Center, Cloud and Security Solution.

Telkomsel Solution Day
Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Wong Soon Nam dan VP Digital Advertising, Wholesale and Interconnect Telkomsel, Arief Pradetya menunjukkan beberapa showcase horizontal bisnis yang ada pada pagelaran Solution Day, antara lain beberapa solusi Connectivity, IoT, Advance Connectivity, Customer Engagement, Emerging Solution, Cloud and Security Solution.

Kemudian, setelah terjalinnya kolaborasi bersama google beberapa waktu lalu dalam pemanfaatan layanan Rich Communication Services (RCS), kini Telkomsel Enterprise mempersembahkan sebuah platform komunikasi canggih  sebagai the Next Generation of Messaging Services yang memungkinkan pelanggan untuk meningkatkan layanan Short Messaging Service (SMS) dengan tingkat interaktivitas yang lebih tinggi, berbagi konten multimedia berkualitas tinggi, berpartisipasi dalam obrolan grup yang lebih dinamis, serta mencakup dukungan penuh untuk tanda terima telah dibaca dan indikator pengetikan.

Pelanggan segmen korporasi juga dapat menggunakan fitur komunikasi canggih yang disediakan dalam RCS untuk menyampaikan RCS Business Messaging (RBM) kepada konsumen melalui pesan yang lebih kaya dan interaktif sesuai kebutuhan bisnis.

Baca juga: Apakah WhatsApp untuk API Bisnis Merupakan Jawaban Terbaik untuk Masalah Hiper-personalisasi?

Selain itu, konsep one-stop-solution yang tersedia di dalam fitur komunikasi canggih RCS akan membantu pelanggan segmen korporasi dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis dengan kebebasan penuh untuk menyampaikan pesan bisnis yang lebih kaya dan interaktif kepada target audiens.

Tak hanya itu, Telkomsel juga memperkenalkan dua solusi baru, yakni Ted dan Digihub. Ted merupakan solusi virtual account manager B2B Telkom Group dengan memanfaatkan teknologi Generative AI guna meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan.

Kemudian Digihub, sebuah platfrom yang menyediakan akses pada API (Application Programming Interface) telekomunikasi yang sudah ditawarkan Telkomsel seperti API Insight (API Location Verification), API layanan telekomunikasi (API SMS), API Dynamic Profile (API SIM Swap), dan API Autentikasi (API Mobile Network Verification).

Solusi Digihub ini dapat memfasilitasi pelaku bisnis, korporasi maupun developer dalam mengintegrasikan berbagai layanan dan fungsi bisnisnya melalui API Telkomsel yang mudah diakses dan efisien, sehingga dapat membuka berbagai peluang pengembangan dan pertumbuhan solusi inovasi layanan digital. Solusi Digihub ini juga memperkuat posisi Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan penyedia API telekomunikasi berbasis standar CAMARA di Indonesia.

Salah satu API yang saat ini tersedia di Digihub berbasis standar CAMARA dan dapat diakses secara komersial adalah API SIM Swap yang penggunaannya dapat mendukung pelaku industri digital dalam menjaga keamanan layanan digital.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.