Portal Lengkap Dunia Marketing

CONSUMER GOODS

#sobatmelekinklusif Cara LOKALATE Bantu Teman-Teman Difabel

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods, Lifestyle | Berkolaborasi sejak awal tahun 2021 dengan berbagai komunitas difabel, LOKALATE mengadakan gerakan #SobatMelekInklusif untuk mengajak para milenial lebih melek terhadap isu inklusivitas, termasuk difabel. Gerakan ini meliputi dua program utama yaitu program pendampingan bisnis bagi kafe difabel yang terdampak secara ekonomi akibat pandemi atau dinamakan “LOKALATE Inclusive Entrepreneurship” dan dukungan LOKALATE terhadap kampanye crowdfunding “Ramadan Difabel Berdaya” yang menggandeng kitabisa.com dalam rangka Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) 2021.

Para narasumber dari LOKALATE, Cafe More dan kitabisa.com. Foto: Istimewa.

“LOKALATE sangat terinpirasi dengan semangat juang dari teman-teman difabel yang terus berusaha bertahan di masa pandemi dan karena hal tersebut kami tergerak untuk mengadakan #SobatMelekInklusif. Dukungan generasi muda akan gerakan ini sangat berarti karena dapat menumbuhkan nilai-nilai inklusif serte kepedulian bagi teman-teman difabel.” ujar Jesaya Christian, Brand Manager LOKALATE di Jakarta, Rabu (27/04/21).

Salah satu kafe yang tergabung dalam program pendampingan “LOKALATE Inclusive Entrepreneurship” adalah Cafe More Bandung. Kafe ini merupakan bagian dari Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Difabel Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung. Saat pandemi, kafe ini cukup terdampak dengan perkiraan pemasukan sekitar Rp 145.000,- per minggu. Namun setelah adanya pendampingan omset Cafe More mengalami kenaikan yang cukup signifikan sekitar 13 kali lipat atau sekitar Rp 2.000.000 per minggu.

Sri Ayu, barista Cafe More Bandung (jilbab merah) sedang memberikan pesanan kopi susu kepada seorang konsumen. Sebagai seorang penyandang difabel, ia sangat bersemangat untuk menjadi seorang barista profesional. Foto: Istimewa.

Salah satu barista Cafe More yang merupakan penyandang difabel sensorik netra dan penerima manfaat “LOKALATE Inclusive Entrepreneurship”, Sri Ayu, menceritakan bahwa ia bersama rekan yang bekerja di Cafe More merasa bersyukur akan adanya program pendampingan dan mentoring bisnis untuk mereka. Semua hal diajarkan mulai dari sisi promosi dan pemasaran secara digital, pendaftaran di aplikasi pemesanan makanan online hingga belajar manajemen arus kas dan pelayanan yang prima kepada pelanggan. Saat ini kafenya mulai dikenal masyarakat Bandung dan ia berharap dapat terus beroperasi secara optimal.

Adapun untuk dukungan Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) 2021 yang selalu diselenggarakan pada 10 hari jelang Ramadhan, LOKALATE, brand kopi kekinian asli Indonesia bekerjasama dengan kitabisa.com. Tahun ini merupakan tahun ketiga HARDOLNAS dan sehubungan dengan misi gerakan #SobatMelekInklusif, LOKALATE berkomitmen juga untuk melakukan top up donation untuk kampanye “Ramadan Difabel Berdaya” yang berjalan mulai dari tanggal 30 April hingga 7 Mei ini melalui sosial media LOKALATE ataupun aplikasi kitabisa.com. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke para teman-teman difabel di area Jakarta dan sekitarnya, misal dalam bentuk modifikasi kendaraan khusus, kaki palsu, ataupun kebutuhan lainnya untuk mendukung kegiatan usaha mereka.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top