Sinar Sosro & Tetra Pak Luncurkan Kampanye “DAURI – Daur Untuk Negeri”

Marketing.co.id – Berita Consumer Goods | Tetra Pak bekerja sama dengan PT Sinar Sosro meluncurkan kampanye daur ulang, DAURI – Daur Untuk Negeri. Kampanye DAURI berfokus pada peningkatan kesadaran akan pentingnya daur ulang, serta guna mendorong masyarakat Indonesia untuk mendaur ulang kemasan minuman bekas mereka.

Kerjasama kedua perusahaan ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dan disaksikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Festival LIKE-Lingkungan Iklim Kehutanan dan Energi Terbarukan yang merupakan salah satu kegiatan menuju COP28 – konferensi perubahan iklim.

Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak mengatakan, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menunjukkan, bahwa Indonesia telah berhasil mengurangi penumpukan sampah sekitar 12 juta ton pada tahun 2022. Capaian tersebut tercatat lebih tinggi dari target pengurangan sampah nasional sebesar 30% pada tahun 2025.

“Tetra Pak berkomitmen untuk mendukung upaya tersebut, dan membantu menciptakan masa depan yang lebih lestari untuk Indonesia. Karton bekas minuman merupakan bahan daur ulang yang berharga yang dapat didaur ulang menjadi produk baru. Dengan mendaur ulang karton bekas minuman, kita dapat membantu mengurangi limbah dan melindungi lingkungan,” ujar dia.

Dia menambahkan, inisiatif DAURI yang dijalankan bersama dengan Sinar Sosro, bisa mendukung agenda nasional dengan mendorong tingkat daur ulang dan melaksanaan pengelolaan sampah yang lebih baik, yang pada akhirnya berkontribusi pada ekonomi yang berkelanjutan.

Sebagai bagian dari kampanye ini, Tetra Pak dan Sinar Sosro akan melakukan serangkaian inisiatif edukasi kepada pemangku kepentingan terkait seperti berbagai kelompok masyarakat, pengepul barang bekas, dan sekolah-sekolah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan bekas minuman dan bagaimana melakukan pemilahan untuk memudahkan proses daur ulang.

Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer, Sinar Sosro mengatakan, bahwa DAURI – Daur Untuk Negeri adalah kampanye keberlanjutan dari PT Sinar Sosro untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen di Indonesia. Kemitraan dengan Tetra Pak akan membantu mencapai tujuan keberlanjutan dan memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Diketahui Tetra Pak telah bermitra dengan Sinar Sosro selama empat tahun terakhir dalam berbagai kesempatan, termasuk inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen, meningkatkan pengumpulan dan pemilahan, mengembangkan fasilitas daur ulang, dan menggunakan bahan daur ulang.

Sebagai contoh, Tetra Pak dan Sinar Sosro berkolaborasi dalam Java Jazz Festival, yang dikunjungi lebih dari 3.000 pengunjung. Pada acara tersebut, para pengunjung diberikan edukasi mengenai karton minuman dan praktik daur ulang yang tepat.

Penandatanganan MoU ini menegaskan kembali komitmen Tetra Pak dan Sinar Sosro untuk berperan dalam perjalanan Indonesia menuju pembangunan yang berkelanjutan. Melalui kemitraan dengan pemangku kepentingan di berbagai inisiatif, mereka membangun ekosistem yang berfokus pada penguatan infrastruktur daur ulang di Indonesia, membuka jalan menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here