Portal Lengkap Dunia Marketing

FINANCIAL SERVICES

Sikap Konsumtif Mesti Diimbangi dengan Literasi Keuangan

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, menunjukan indeks literasi keuangan di Indonesia baru sekitar 38,03%. Angka ini masih terbilang cukup rendah meskipun saat ini sudah terdapat medium digital untuk melakukan edukasi terhadap keuangan. Generasi muda khususnya kaum pelajar kini diharapkan dapat semakin disadarkan akan pentingnya memahami keuangan.

Untuk memberikan edukasi literasi keuangan bagi generasi muda, BCA didukung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Webinar Literasi Keuangan bertajuk “Berani Mimpi Mulai Aksi”. Webinar inimerupakan bagian dari peringatan Hari Literasi Keuangan Nasional yang jatuh pada tanggal 19 November.

BCA_Webinar-Literasi-Keuangan

Assistant Vice President Marketing Communication BCA Bunga Noladika (kanan atas) dan Finance Enthusiast Kadek Arini (kanan bawah) dalam webinar literasi keuangan yang ditayangkan live dari Youtube SolusiBCA pada Minggu (29/11).

Webinar Literasi Keuangan dilakukan secara virtual melalui Youtube Solusi BCA yang dibuka oleh Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja serta Dewan Komisioner OJK Tirta Segara pada Minggu (29/11). Turut hadir dalam kegiatan webinar ini Executive Vice President CSR BCA Inge Setiawati, Managing Director Shinta VR Andes Rizky serta para narasumber yaitu Assistant Vice President Marketing Communication BCA Bunga Noladika dan Finance Enthusiast Kadek Arini. Webinar ini diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari berbagai sekolah, universitas dan juga berbagai latar belakang profesi.

Jahja mengatakan, pengelolaan keuangan bagi generasi muda saat ini masih kurang berimbang dengan pola hidup konsumtif yang mereka lakukan. BCA sadar akan hal tersebut, sehingga menginisiasi edukasi keuangan melalui online webinar.

Baca juga: Bagaimana ‘Menaklukkan’ Generasi Langgas?

“Sudah menjadi komitmen dari BCA dalam memberikan pendampingan pengelolaan keuangan bagi masyarakat serta menghadirkan solusi keuangan yang tepat. Lebih lagi pandemi Covid-19 yang masih terjadi saat ini, menabung menjadi bagian yang penting dan esensial untuk dilakukan sejak dini guna memperoleh kebebasan finansial yang tentunya menjadi impian banyak orang,” ujar Jahja.

“BCA yakin dengan kehadiran akses digital yang semakin mudah saat ini dapat menjadi peluang bagi generasi muda untuk memenuhi kebutuhan informasi akan pengelolaan keuangan mendasar sampai dengan tips disiplin menabung bahkan investasi” ujar Inge.

Webinar Literasi Keuangan dari BCA dikemas secara menarik dan modern sesuai dengan target dari kegiatan ini yaitu generasi muda. Kegiatan ini terbagi dalam tiga sesi talkshow yang setiap sesinya memiliki pembahasan edukatif mengenai literasi keuangan.

Baca juga: Sambut Bulan Inklusi Keuangan, Asuransi Astra Beri Bantuan Dana Bergulir ke UMKM

Sejumlah topik yang dibahas oleh BCA bersama dengan Kadek Arini antara lain mengenai pengelolaan keuangan selama pandemi, cara membagi pos keuangan, tips membedakan keinginan dan kebutuhan serta tidak lupa memberikan solusi keuangan melalui produk BCA.

“Kegiatan webinar ini menjadi sebuah kebanggaan bagi BCA karena dapat turut mendukung peningkatkan edukasi literasi keuangan di Indonesia yang sejalan dengan program OJK. Kami berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan wawasan keuangan yang lebih luas bagi peserta khususnya dalam menabung. Kehadiran produk-produk tabungan yang beragam dari BCA seperti SIMPEL dan LAKU juga dapat menjadi solusi menabung di tengah pandemi dengan program #BankingFromHome.” tutup Jahja.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top