Portal Lengkap Dunia Marketing

Lifestyle

Setelah Ketemu Klien, Lakukan Hal Ini di Kota Tujuan

Urusan bisnis dengan klien sudah selesai? Sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan perjalanan bisnis ke kota tujuan dan langsung pulang begitu saja. Apalagi jika tidak tahu kapan lagi akan mengunjungi kota tersebut.

Sebaiknya luangkan sedikit waktu dan biaya untuk berlibur dan melepas penat sejenak. Ada banyak hal menyenangkan dan berkesan yang bisa dilakukan setelah menyelesaikan urusan bisnis.

Nah, aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan di kota tujuan bisnis? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

  1. Menjelajahi tempat-tempat menarik

Poin ini merupakan hal utama yang paling dicari saat pergi ke suatu kota. Jelajahi tempat-tempat menarik yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Tempat menarik bisa berupa wisata alam, wisata bersejarah, maupun wisata edukasi. Tinggal pilih sesuai keinginan dan suasana hati Anda. Carilah tempat-tempat yang terdekat jika waktu Anda terbatas.

  1. Mencicipi kuliner khas kota tujuan

Kuliner adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari perjalanan atau liburan. Setiap kota memiliki kuliner khas tersendiri, misalnya lumpia di Semarang, gudeg di Jogja, mi kocok di Bandung, dan ayam taliwang di Lombok. Anda tidak harus makan di tempat yang mewah dan berkelas. Cukup mengunjungi kedai sederhana atau pedagang kaki lima untuk merasakan lezatnya kuliner khas lokal.

  1. Membeli cendera mata atau oleh-oleh

Selanjutnya adalah membeli cendera mata atau suvenir untuk dipakai atau sebagai kenang-kenangan yang akan menjadi pengingat akan perjalanan Anda. Anda bisa membeli pakaian, gantungan kunci, miniatur, lukisan dinding, dan hiasan meja. Tidak ada salahnya untuk membeli oleh-oleh jika memiliki bujet yang cukup. Bawakan oleh-oleh tersebut untuk orang-orang terdekat dan terkasih.

  1. Menonton festival atau acara olahraga

Nah, poin yang satu ini pasti menjadi memori yang berkesan. Jika kebetulan datang dan mengurus bisnis ke suatu kota saat kota tersebut sedang mengadakan festival atau acara olahraga, itu artinya Anda beruntung. Festival biasanya hanya diadakan pada periode tertentu sehingga sangat sayang jika harus dilewatkan. Bisa menyaksikan tradisi dan kesenian dari suatu kota juga menambah wawasan. Selain itu, acara olahraga juga dapat mengembalikan semangat.

  1. Abadikan pemandangan dan momen dengan kamera

Selain bersenang-senang dan menikmati liburan singkat Anda, jangan lupa mengabadikannya dengan kamera. Tidak hanya dalam bentuk foto, bisa juga merekam video yang semakin memperkaya kenangan. Jika tidak membawa kamera, menggunakan kamera dari ponsel pun tidak menjadi masalah besar. Pastikan memenuhi daya baterai sehingga waktu pemotretan dan perekaman tidak terganggu.

  1. Catat perjalanan untuk dituliskan ke blog

Anda membawa jurnal? Tidak perlu ragu untuk menuangkan perjalanan ke dalam tulisan. Jika tidak membawa jurnal, bisa pula mencatat perjalanan menggunakan fitur catatan yang ada di ponsel maupun tablet. Sesampainya di rumah atau ketika memiliki waktu luang, Anda bisa menuliskan petualangan ke dalam blog dan memberikan rekomendasi terbaik, misalnya rute transportasi dan tempat makan. Tulisan blog bisa jadi bermanfaat untuk orang-orang yang akan mengunjungi kota tersebut.

  1. Temukan peluang bisnis baru

Terakhir, Anda bisa membuka peluang bisnis baru setelah mengadakan pertemuan dengan klien. Ini adalah waktu yang tepat untuk menambah relasi dan pengalaman. Periksa apa saja potensi-potensi bisnis yang dapat dikembangkan. Misalnya, apabila kota tersebut kurang unggul dalam penyediaan oleh-oleh, Anda bisa mengambil peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Tahukah Anda bahwa sudah ada corporate travel management untuk bisnis di Indonesia? Ya, ada Airy Business yang memiliki fitur-fitur bermanfaat, seperti pencatatan dan pengecekan kegiatan bisnis Anda dalam satu dasbor. Dengan begitu, kendali akan waktu dan biaya lebih mudah dan terjamin transparansinya. Bahkan Anda bisa memesan kamar di menit-menit terakhir karena tersedia akses 24 jam setiap harinya. Yuk, daftar sekarang juga!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top