Salesmanship

Segitiga Sukses (Bagian 1)

www.marketing.co.id – Seperti yang sudah pernah saya singgung sebelumnya dalam artikel “Rahasia Kesuksesan”, semakin banyak saya membaca, semakin sering saya menghadiri seminar-seminar, semakin saya mendengarkan cerita orang-orang sukses, maka semakin saya menyadari bahwa ternyata tidak ada “rahasia”. Semua hanyalah melakukan hal-hal dasar dengan benar.

Sebenarnya, melakukan hal-hal dasar dengan benar adalah sesuatu yang paling sulit dilakukan. Menguasai beberapa ”trik” itu mudah, tetapi untuk dapat menguasai hal-hal dasar jauh lebih sulit. Seperti yang ditulis dalam buku Steven Covey, 7 Habits of Highly Effective People, mungkin perlu waktu 1-2 dua bulan untuk membaca dan mengetahui tujuh kebiasaan yang dapat membuat orang menjadi sukses dengan efektif dan konsekuen. Tetapi untuk mempraktikkan—dan semoga saja bisa menguasai ketujuh kebiasaan tersebut—butuh waktu SEUMUR HIDUP!

Tetapi, bila sudah menguasai hal-hal dasarnya, Anda akan lebih kompeten dalam banyak hal seumur hidup Anda. Jadi, ini benar-benar layak untuk diperjuangkan karena imbalannya berlaku seumur hidup dan jangka panjang!

Sementara Covey memaparkannya dalam tema “tujuh kebiasaan”, Jerry Clark (seorang pelatih performance) menjelaskannya dalam bentuk ”segitiga sukses”. Saya melihat penjelasan ini sangat berguna dan relevan.

Menurut Clark, ada tiga faktor penting yang dapat menentukan kesuksesan seseorang,   apa pun pekerjaannya dan apa pun yang ia perbuat—bisa dalam bisnis, penjualan, investasi, melukis, dan lain-lain. Untuk mencapai keberhasilan dalam apa pun yang kita kerjakan, kita harus MENGUASAI ketiga faktor penting ini. Kita harus menguasai komunikasi internal kita, komunikasi eksternal kita, dan pengetahuan teknis yang diperlukan.

Sebelum saya menjelaskan setiap hal secara detil, perhatikan bahwa Clark menggunakan kata “menguasai”. Ia tidak memakai kata “menyadari”, “mempelajari”, atau “mengetahui”. Menguasai sesuatu berarti Anda sudah memilikinya di dalam diri dan dapat menggunakannya kapan pun diperlukan. Ini berarti Anda punya “kendali”.

Kedengarannya sangat nikmat! Bisa memiliki kendali akan sesuatu dan bisa menggunakannya kapan pun kita memerlukannya! Hebat! Tetapi, untuk dapat menguasai sesuatu biasanya membutuhkan keempat hal berikut:

1. Waktu. Dalam banyak hal, Anda tidak dapat menguasai sesuatu dalam sekejap. Anda membutuhkan jangka waktu tertentu, mungkin 1 bulan, 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun atau kadang-kadang seumur hidup Anda! Semuanya tergantung dari hal-hal yang ingin kita kuasai dan seberapa baik kita ingin menguasainya. Kita harus bersabar. Ini yang disebut sebagai “keberhasilan yang tertunda”.

2. Energi. Untuk dapat menguasai sesuatu, diperlukan energi dan tenaga. Tidak ada yang berharga bila diraih secara instan. Saya ingat sewaktu sekolah dulu, saya mulai tertarik bermain bola, saya bukanlah seorang pemain bola yang baik dan bahkan tidak terpilih untuk bermain di dalam tim kelas!

Meski begitu, saya tekun dan berlatih demikian keras. Setiap siang, usai mengerjakan PR, saya berlatih bola. Saya berlatih terus-menerus, minimal 2 jam sehari. Kemampuan saya mulai berkembang, dan dalam waktu 6 bulan, saya bisa bergabung dalam tim kelas. Tahun berikutnya, saya terpilih untuk bermain mewakili sekolah!

Ya, hal tersebut memerlukan banyak usaha dan energi. ”Energi” di sini tidak hanya berarti “usaha”, tetapi juga “uang”. Seringkali, Anda harus mengeluarkan uang terlebih dulu. Saya bukan cuma berlatih dengan keras, saya juga membeli bola, sepatu bola, serta beberapa buku tentang cara bermain bola. Saya melakukan ini semua SEBELUM akhirnya terpilih masuk tim!

3. Frustrasi. Oh ya, ini benar. Perjalanan untuk menguasai sesuatu seringkali penuh dengan frustrasi! Tidak ada hal hebat yang datang dengan mudah. Itulah sebabnya mengapa jarang ada orang yang bisa mencapai sukses. Mereka tidak siap melewati proses frustasi (dan ”penderitaan”).

Saya ingat dengan jelas bahkan sampai saat ini, seringnya saya gagal dalam latihan, seberapa sering saya gagal membawa bola, seberapa sering saya tidak bisa melakukan hal-hal yang paling dasar dari bermain bola. Ya, waktu itu memang merupakan saat-saat frustrasi. Tetapi saya berhasil mengatasinya, kembali meraih bola, dan mencobanya lagi, dan lagi.

4. Berubah. Bagi saya, inilah yang paling penting dari semuanya. Banyak orang yang ingin sukses, tapi mereka tidak siap untuk berubah. Berubah dalam hal apa?

  • Berubah dalam cara mereka berpikir tentang diri mereka.
  • Berubah dalam cara mereka berpikir tentang sukses.
  • Mengubah cara mereka berpikir tentang pekerjaan dan profesi mereka.
  • Mengubah cara mereka bekerja, mengubah taktik mereka, mengubah ”gaya” mereka, dan lain-lain.
  • Mengubah kebiasaan mereka, mengubah rutinitas mereka.
  • Mengubah cara berpakaian mereka, mengubah cara berbicara mereka.
  • Mengubah…

Jika tidak ada perubahan dalam cara berpikir, tidak ada perubahan dalam cara melakukan atau menyelesaikan pekerjaan, maka tentu saja tidak akan ada perubahan dalam hasilnya!

Ini adalah hal yang sangat sederhana tapi banyak orang masih saja tidak menyadarinya! Banyak orang ingin menikmati hasil yang lebih baik, tetapi tidak siap untuk berubah! Takkan mungkin!

Oke, marilah kita rangkum apa yang sudah kita pelajari dari Jerry Clark sejauh ini. Untuk bisa mencapai sukses pada apa pun yang kita lakukan, kita harus MENGUASAI tiga faktor penting:

  • Menguasai komunikasi internal.
  • Menguasai komunikasi eksternal.
  • Menguasai pengetahuan teknis yang dibutuhkan.

Untuk dapat menguasai sesuatu, Anda perlu untuk:

  • Menggunakan waktu (tidak ada yang instan).
  • Menggunakan energi – seringkali dalam bentuk tenaga dan uang.
  • Mengalami proses frustrasi (Saya sangat menyukai bagian ini karena tidak banyak orang yang cukup rendah hati untuk mengakui bahwa untuk dapat menguasai sesuatu, akan melalui proses frustrasi).
  • Ubah cara-cara Anda melakukan sesuatu.

Pada artikel berikutnya, kita akan membahas secara detil tentang “komunikasi internal”. Sementara itu, persiapkan diri Anda secara mental untuk menginvestasikan waktu, energi (tenaga dan uang), frustrasi, dan perubahan di tahun 2007 yang LEBIH BAIK dan JAUH LEBIH SUKSES! Happy Selling! (James Gwee T.H., MBA.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top