Sediakan Solusi Usaha F&B, Modal Rakyat Siap Kembangkan Menjadi Embedded Finance

Marketing.co.id – Berita Financial | ​Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu pilar penting dalam perekonomian Indonesia. Namun salah satu kendala yang sering dialami UMKM untuk berkembang adalah terbatasnya akses terhadap pembiayaan.

Menjawab ini, Modal Rakyat hadir dengan maksud mengurangi kesenjangan, dengan berkontribusi untuk meningkatkan inklusi keuangan untuk memberdayakan UMKM lewat perluas akses pembiayaan kepada UMKM di berbagai sektor kali ini, Modal Rakyat berfokus pada sektor industri food and beverage (F&B).

Marcel Limbong, Direktur Modal Rakyat mengatakan, pada sektor ini Modal Rakyat menjalin kerjasama dengan beberapa market leader di industri F&B yang pertama dengan PT Sari Kreasi Boga Tbk yang merupakan salah satu perusahaan waralaba makanan, minuman, dan persediaan makanan yang menaungi beberapa waralaba terkemuka di Indonesia yakni Kebab Turki Baba Rafi, Sate RSPP dan Street Sushi.

“Berikutnya, Modal Rakyat menjalin kerjasama dengan PT Sudi Jaya Globalindo yang merupakan merupakan distributor resmi VNT (Vina Nha Trang) di Indonesia untuk mensuplai mesin kopi berkualitas tinggi di Indonesia. Selanjutnya, Modal Rakyat menjalin kerjasama dengan PT Sukses International Anugerah Pratama merupakan perusahaan yang mendistribusikan berbagai jenis daging antara lain daging sapi, daging kerbau, ikan, dan lain-lain,” papar dia.

Bentuk kerjasama yang terjalin dengan berbagai industri F&B melalui skema supply chain financing dibangun dengan harapan berbagai ekosistem perusahaan tersebut dapat dijangkau oleh Modal Rakyat yang membantu pembiayaan sektor UMKM dan UKM sektor F&B.

Modal Rakyat diestimasikan dapat menyalurkan pendanaan sampai dengan 50 miliar rupiah kepada lebih dari 500 orang borrower dalam bentuk skema modal kerja dan cicilan dengan tenor pinjaman hingga 12 bulan.

“Kami melihat akses pembiayaan permodalan masih menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha di Indonesia. Dengan adanya perluasan strategi pembiayaan di berbagai sektor industri, kami berharap para UMKM berhasil mengembangkan usahanya. Serta, semakin banyak UMKM yang terdorong untuk mengambil langkah dalam mencapai potensi terbaik mereka, lewat Modal Rakyat sebagai financial partner,” ungkap Marcel.

Dia menambahkan, industri F&B salah satu industri adalah salah satu industri yang dapat memajukan perekonomian di Indonesia. Karena ini, Modal Rakyat serta sebagai salah satu perusahaan penyelenggara layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi (LPBBTI) pada saat ini sangat antusias sekali dapat menjalin kerjasama dengan berbagai market leader di industri F&B  demi mendukung dan menjadi solusi bagi UMKM di sektor usaha ini dapat terbantu mengembangkan usahanya melalui Modal Rakyat.

Hingga kini, dia melanjutkan, sudah lebih dari Rp11 triliun total pembiayaan yang telah didistribusikan oleh Modal Rakyat kepada UMKM di seluruh Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kerjasama strategis Modal Rakyat dengan beberapa industri di segala bidang dimana saat ini pun modal rakyat sudah siap untuk melakukan koneksi API dengan cara embedded finance dengan beberapa partner sehingga kedepan proses pengajuan pinjaman lebih seamless.

“Tidak sampai disini Modal Rakyat akan terus memperluas jangkauan kemitraan strategis dari berbagai industri untuk membantu mengembangkan perekonomian di Indonesia,” imbuh dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.