Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Sebelum Masak, Kenali Dulu Makanan Sumber Vitamin

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Di masa Pandemi Covid-19 menu makanan sehat untuk menjaga sistem imun lebih diperhatikan daripada sebelumnya. Menu sehat seperti 4 sehat 5 sempurna mulai diterapkan hampir semua orang agar imunitas menjadi kuat. Sayangnya belum banyak orang yang memperhatikan asupan makanan walaupun menu mereka sudah berganti yang lebih sehat.

Sama pentingnya dengan protokol kesehatan 3M, maka harus dikenali makanan sumber vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh saat ini. Tidak hanya mengenali namun juga tahu kebutuhan makanan apa saja yang “diinginkan” oleh tubuh. Mengapa demikian? Karena dengan mengetahui sumber vitamin dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari maka bisa diketahui asupan makanan yang masuk ke tubuh agar tidak berlebih. Menjaga kesehatan di masa pandemi adalah mutlak dilakukan dan salah satunya melalui makanan yang menjadi sumber vitamin, selain berolahraga.

Makanan sumber vitamin apa saja yang perlu kita ketahui?. Berikut daftarnya:

1.Vitamin A — Vitamin A merupakan vitamin larut lemak yang mempunyai beragam peran esensial di dalam tubuh. Dimulai dari pertumbuhan serta pembelahan sel, perkembangan janin, fungsi reproduksi. Kebutuhan akan vitamin A ini sangat penting untuk kesehatan dan fungsi mata, kulit, dan juga sistem imun.

Kekurangan vitamin A akan memberikan dampak seperti kebutaan dan melemahnya daya tahan tubuh. Sedangkan kelebihan vitamin A justru dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual, muntah, mudah marah, rambut rontok, dan penyakit kuning.

Makanan yang menjadi sumber vitamin A seperti produk mengandung susu, hati, sayuran berwarna hijau gelap dan kuning, serta buah-buahan.

 

2. Vitamin B — Vitamin B terdiri dari 8 jenis yang mempunyai peran dan fungsi yang berbeda-beda. Namun, vitamin B berperan dalam mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi.

Adapun makanan yang dipercaya menjadi sumber vitamin B seperti kacang, sereal, gandum, ikan ,daging, sayur-sayuran.

 

3. Vitamin C — Vitamin satu ini dapat menjaga elastisitas kulit, penyembuhan luka juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah. Selain itu terdapat antioksidan yang membantu Anda terhindar dari risiko penyakit kronis.

Kekurangan vitamin C akan membuat Anda mengalami gangguan sistem saraf, penurunan massa otot dan anemia. Lebih parahnya lagi apabila vitamin C tidak terpenuhi maka akan membuat sistem imun menjadi lemah untuk melawan infeksi patogen.

Makanan sumber vitamin C bisa Anda dapatkan dari buah sitrus seperti jeruk, tomat, anggur, strawberry, kiwi, lemon, dan paprika hijau.

4. Vitamin D –Vitamin satu ini biasa juga disebut dengan vitamin sunshine. Di mana berperan dalam membantu penyerapan kalsium  untuk pertumbuhan tulang agar menjadi lebih kuat. Kekurangan vitamin D ini akan menyebabkan gangguan tulang, seperti osteomalasia dan rakhitis. Sedangkan apabila tidak tercukupi Anda akan rentan terinfeksi.

Makanan sumber vitamin D seperti ikan, susu sapi, kuning telur, jamur, sereal dan oatmeal.

5. Vitamin E — Vitamin E sangat berperan dalam menjaga sistem imun, memperlambat penuaan, membantu pembentukan sel darah merah. Bahkan bisa membantu mengurangi risiko katarak dan radang sendi. Kekurangan vitamin E, maka Anda akan mengalami anemia hemolitik. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi makanan sumber vitamin E seperti almond, kuaci, alpukat, dan kacang tanah.

Apabila Anda ingin mengonsumsi vitamin di atas Anda bisa mendapatkannya di Shopee yang sedang mengadakan 8.8 pesta diskon supermarket. Di Shopee Mantul Sale Anda bisa berbelanja vitamin dan kebutuhan pokok lainnya. Selain itu, Anda bisa menikmati gratis ongkir, dan juga Cashback hingga 50%.

Hebatnya di shopee Anda juga bisa menikmati shopee COD, shopee cash on delivery. Di mana berlaku untuk daerah Kalimantan, Jawa, Jabodetabek, Bali, NTT, Sumatera, dan Sulawesi.

Jadi tidak bingung lagi kan mencari makanan sumber vitamin di mana?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top