Sambut Hari Belanja Nasional, eCommerce Berlomba Tingkatkan Kualitas Layanan 

0
ecommerce ramadhan 2022
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Semenjak hadir di tengah masyarakat, eCommerce telah menciptakan sebuah transisi dalam kegiatan berbelanja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Berbagai inovasi teknologi dan program yang dihadirkan perusahaan eCommerce terus membantu memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah dan tanpa batas. Dimanapun masyarakat berada, kapanpun waktu yang diinginkan dan apapun kebutuhan yang dicari, eCommerce menjadi destinasi utama yang dapat diandalkan.

Sebaliknya, pelanggan juga menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem eCommerce yang berkelanjutan. Tanpa basis pengguna yang kuat, mustahil untuk dapat menciptakan transaksi jual-beli yang menguntungkan antara pelaku usaha dengan calon  pelanggan.

Maka dari itu, sepanjang 2024, para pemain eCommerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop terus menghadirkan rangkaian kampanye dan penawaran menarik yang menjadi strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru.

Akan tetapi, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi pelanggan yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik. Perusahaan eCommerce dituntut untuk  mampu berinovasi sesuai dengan perilaku dan preferensi pelanggan untuk dapat  memberikan pengalaman belanja online terbaik yang dipersonalisasi dari kebutuhan setiap individu.

Terlebih dalam menyambut kemeriahan belanja akhir tahun, dimana euforia dan antusiasme masyarakat akan belanja online akan semakin meningkat, sedangkan kepuasan pelanggan menjadi faktor krusial yang harus dipersiapkan eCommerce agar mampu bersaing di momen penting ini.

Berdasarkan hasil riset terakhir Ipsos Indonesia, Shopee dianggap pengguna sebagai platform eCommerce paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik.

Riset Ipsos bertajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” yang diadakan Juni lalu menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh pelanggan kepada kerabat dekatnya, diikuti Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan bahwa para pemain eCommerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online.

“Kepuasan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee dan membuatnya unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk menciptakan pengalaman belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini,” pungkas Anda Sukma.

Meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform eCommerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. E-commerce juga  dinilai masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi penjual untuk memperluas  pasarnya dan terus bertumbuh.