Resmi Meluncur, Zoho for Startups Dorong Pertumbuhan Ekosistem Kewirausahaan

Marketing.co.id – Berita Digital | Zoho for Startups, sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan wirausahawan dan mendukung pertumbuhan perusahaan rintisan atau startup, dengan bangga mengumumkan pencapaian signifikan dalam perjalanannya. Sebanyak tujuh inkubator dengan lebih dari 700 startup telah memulai program Zoho for Startups di Indonesia, menghasilkan kemajuan besar dalam memperkaya lanskap kewirausahaan.

Secara global, program ini telah membantu lebih dari 12.000 startup di India, dan sekitar 2.000 startup di Timur Tengah dan Afrika. Program ini merupakan bagian dari inisiatif global Zoho yang bertujuan memberikan alat dan sumber daya yang diperlukan bagi calon wirausaha untuk memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Handito Saroso, Country Lead untuk Zoho Indonesia, menyatakan, program Zoho for Startups telah berkembang secara organik dan diperluas ke level global, di mana keberhasilan program ini erat kaitannya dengan tujuan dan visi Zoho. Dimana, Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan program ini di kawasan Asia Pasifik.

“Dengan ekosistem startup yang berkembang pesat, Indonesia merupakan tempat yang tepat bagi Zoho untuk mendukung startup dengan teknologi kelas dunia. Melalui solusi Zoho, kami ingin menjadi mitra teknologi yang dapat membantu startup Indonesia tumbuh dan berkembang. Kami sangat senang bahwa startup Indonesia turut serta dalam program global kami,” ujar dia.

Indigo, mitra utama dalam program Zoho for Startups, adalah perusahaan inkubator dan akselerator yang didukung oleh Telkom Indonesia. Dengan fokus pada pembinaan startup, Indigo menciptakan program-program yang membantu startup dari awal hingga mencapai tahap kematangan.

Fanky Miswar, Startup Community Management, Indigo Telkom, mengatakan, prakarsa Zoho telah meningkatkan kemampuan komunitas, Dengan alat-alat seperti Zoho CRM, Zoho Books, dan Zoho Analytics, anggota komunitas dapat mengelola dan memperluas operasi mereka secara efektif. Integrasi platform yang mulus, antarmuka pengguna yang intuitif, serta fleksibilitas yang luar biasa memberikan kepercayaan diri kepada startup untuk berkembang dalam lanskap bisnis yang kompetitif.

“Banyak yang telah mendapatkan manfaat dari program ini karena Zoho membantu mereka fokus pada inovasi sementara Zoho menangani aspek teknis. Dengan dukungan dari Zoho, mereka siap mencapai kesuksesan,” imbuh dia.

Menurut Ivan dari Bepah Coffee, yang telah bergabung dalam program sebagai mitra akselerator, “Zoho telah memberikan modul yang membantu operasional bisnis, terutama CRM, Meeting, dan Mail untuk keperluan pemasaran. Semoga Zoho dapat terus memberikan kontribusi kepada UMKM dan Startup yang mengalami kendala biaya perangkat lunak, dan Zoho memiliki solusi terintegrasi dalam satu ekosistem.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.