Tak Hanya Acara Formal, Kaftan Batik Juga Cocok Dipakai Sehari-Hari Lho

Marketing.co.id – Berita UMKM | Busana tidak hanya merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari yang berfungsi melindungi tubuh dari berbagai kondisi cuaca, tetapi juga berperan penting sebagai medium ekspresi identitas budaya individu.

Di antara beragam busana yang kaya akan nilai budaya dan estetika, kain batik menonjol sebagai salah satu simbol kekayaan budaya Indonesia yang paling khas. Batik, dengan motif dan warnanya yang beragam, tidak hanya mencerminkan keindahan visual, tetapi juga mengandung makna mendalam dan cerita dari setiap daerah asalnya.

Batik terus mengalami modifikasi dan inovasi, terutama dalam dunia fesyen. Salah satunya adalah modifikasinya dalam busana muslimah, di mana motif batik tradisional diadaptasi dan dimodifikasi untuk menciptakan kaftan daster yang indah namun juga nyaman dan praktis untuk dipakai sehari-hari, persis seperti kaftan batik yang diproduksi NH Dini Batik.

Muhammad Syukron, pemilik NH Dini Batik asal Pekalongan memulai perjalanan bisnisnya sejak 2014, sebagai supplier batik yang menyalurkan produk-produknya ke toko-toko di Tanah Abang.
Namun di 2019, Syukron merasakan adanya pergeseran tren belanja di mana konsumen mulai banyak yang beralih ke platform digital. Hal inilah yang mendorongnya memutuskan untuk mencoba memperluas pasarnya melalui platform digital seperti TikTok dengan tujuan untuk menjangkau lebih banyak pembeli potensial.

Penyesuaian sistem berdagang dari offline ke online membuahkan hasil yang cukup baik. Syukron dapat kembali mengumpulkan modal dan berani melakukan produksi dalam jumlah yang banyak, hingga mencoba untuk berjualan di platform digital seperti TikTok.

Dengan memanfaatkan beragam momen spesial seperti bulan Ramadhan, Syukron berhasil mencapai penjualan yang maksimal dimana momen ini merupakan momen tepat untuk mendapatkan banyak konsumen dimana biasanya kaftan daster dikenakan untuk ajang silaturahmi.

“Momen ini menjadi titik balik yang meyakinkan saya bahwa NH Dini Batik dapat berkembang lebih pesat lagi melalui platform TikTok, dan juga turut serta membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga sekitar di daerah Pekalongan dengan jumlah karyawan yang dipekerjakan lebih banyak dibandingkan dengan toko offline yang sebelumnya ditekuni NH Dini Batik. Apalagi dengan kondisi sekarang di mana saya dapat memaksimalkan layanan Shop | Tokopedia,” jelas Muhammad Syukron.

Syukron turut aktif mengikuti beragam kampanye yang dijalankan langsung TikTok bersama Tokopedia, salah satunya adalah kampanye #MelokalDenganBatik untuk memajukan UMKM lokal yang menekuni batik sebagai usahanya. Melalui kampanye ini, NH Dini Batik mencoba untuk mengaplikasikan strategi baru dengan melakukan sesi live hingga 6 jam setiap hari dan mencoba mengunggah 20 lebih konten selama kampanye tersebut pada akun TikTok-nya. Dukungan yang diberikan TikTok dan Tokopedia berhasil membantu meningkatkan penjualan produk kaftan NH Dini Batik hingga tiga kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

“Selain dukungan dalam kampanye untuk membantu strategi pemasaran, dukungan dari TikTok dan Tokopedia yang kami terima ialah beragam kolaborasi antara NH Dini Batik dengan kreator lokal untuk membantu mempromosikan produk kami hingga kolaborasi dengan Institut Seni Indonesia untuk meningkatkan kualitas desain produk NH Dini Batik. Tentunya, dukungan yang ini membuat kami pengusaha batik lokal menjadi optimis untuk memiliki daya saing yang lebih tinggi,” tambah Syukron.

TikTok dan Tokopedia berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan UMKM lokal, terutama bagi pembuat dan pengrajin batik lokal, dengan terus mendorong perkembangan mereka. Melalui platformnya, TikTok memfasilitasi UMKM dalam menjangkau pelanggan yang relevan dengan bisnis yang dikelola untuk membantu meningkatkan pertumbuhan bisnis mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.