Resep Ayam Kukus Jahe ala Chef Olivia Tommy untuk Berbuka dan Sahur

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Ayam Kukus Jahe merupakan hidangan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Kombinasi antara ayam yang lembut dan rempah-rempah, terutama jahe, memberikan cita rasa yang khas dan segar. Chef Olivia Tommy, telah menciptakan versi Ayam Kukus Jahe yang memadukan tradisi dan inovasi, menjadikannya sebagai pilihan sempurna untuk dihidangkan secara praktis saat berbuka puasa maupun waktu sahur.

”Ayam Kukus Jahe ala aku ini tidak hanya menawarkan cita rasa yang lezat, tetapi juga menggabungkan berbagai nutrisi penting. Jahe, sebagai bahan utama, memiliki manfaat anti-inflamasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Keunggulan tersebut dikombinasi dengan ayam, yang kaya dengan protein sehingga menjadikan hidangan ini pilihan yang sehat untuk berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat dan kandungan nutrisinya, Ayam Kukus Jahe ini juga sangat praktis untuk disiapkan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan proses memasak yang sederhana, kita dapat menyajikan hidangan istimewa ini tanpa harus menghabiskan waktu yang lama di dapur,” terang Chef Olivia Tommy.

Resep & Bahan Baku

Marinasi Ayam:

·  1 ekor ayam kampung kecil-sedang

·  2 sdt garam

·  ½ sdt merica

·  ¾ sdt black vinegar/cuka hitam

·  1 sdt gula

 

Bahan Pendukung:

·  2 siung bawang putih

·  6 slice jahe

·  70g bawang pre potong

·  100g jamur shitake slice

 

Bumbu Penyedap Rasa:

·  2 slice jahe cincang/korek api

·  1 siung bawang putih cincang

·  2 sdm kecap asin

·  2 sdm air

 

·  1 sdt black vinegar/cuka hitam

·  1 sdt gula

·  1 cubit lada putih

·  Garam (secukupnya)

 

Tips Penyajian

  1. Siapkan Bumbu Marinasi: Campur garam, merica, gula, dan cuka hitam.
  2. Marinasi Ayam: Tuangkan bumbu marinasi ke dalam ayam.
  3. Persiapkan Bahan Lain: Potong-potong jamur shitake, jahe, dan bawang pre dan geprek 2 siung bawang putih.
  4. Susun dalam Wadah Anti Panas: Susun potongan jahe, jamur shitake, ayam yang telah dimarinasi, dan bawang pre dalam wadah anti panas.
  5. Kukus Ayam: Kukus ayam selama 20 menit.
  6. Siapkan Bumbu Tambahan: Campur jahe cincang, bawang putih cincang, dan bahan-bahan lainnya. Aduk hingga tercampur rata.
  7. Tuang Bumbu Tambahan: Setelah ayam matang, tuangkan bumbu tambahan di atasnya, bisa digunakan untuk cocolan juga.
  8. Hidangan Ayam Kukus Jahe siap disajikan.

Buat Anda yang tengah menjalani ibadah puasa sepanjang hari dengan ragam rutinitas kesibukan dan tidak memiliki waktu luang untuk mempersiapkan hidangan berbuka puasa dan sahur. Hidangan ini dapat Anda olah dengan bahan baku yang mudah ditemukan dengan harga terjangkau di Shopee. Serta, dapat dihidang dengan sederhana melalui wadah kukusan sehingga dapat dimasak kapan pun di waktu yang mepet.

“Anda dapat memasak menu ini untuk berbuka puasa, dan sisanya dapat dinikmati kembali ketika waktu sahur tiba dengan catatan disimpan dengan baik dalam wadah kukusan yang tersedia. Semoga resep menu ini dapat menginspirasi kita semua untuk senantiasa memiliki energi yang cukup saat menjalankan ibadah puasa sepanjang hari, ya!” pungkas Chef Olivia Tommy.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.