Ramadan Insight 2024: Awas Jangan Sampai Salah Strategi!

harbolnas 2016 belanja onlineMMA Global Indonesia’s Ramadan Insights 2024 kembali hadir untuk membantu brand memastikan keberhasilan dalam merancang kampanye Ramadan yang efektif.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam budaya masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, Ramadan merupakan momen yang sangat penting. Di momen tersebut, banyak masyarakat yang menghabiskan uang mereka untuk dibelanjakan. Survei terbaru The Trade Desk menunjukkan bahwa 67% masyarakat berencana mengalokasikan setidaknya seperempat dari THR mereka untuk merayakan Ramadan 2024.

Momen Ramadan memang memiliki pengaruh signifikan terhadap kebiasaan belanja dan kebutuhan masyarakat, terutama pada kategori produk tertentu. Tren peningkatan belanja ini tentu memberikan peluang bagi pelaku bisnis untuk mendorong angka penjualan dengan merancang penawaran produk khusus edisi Ramadan.

Hari besar seperti Ramadan merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang, termasuk marketer. Pasalnya, penjualan saat itu akan melonjak naik seiring kebutuhan pasarnya. Perputaran uangnya bisa mencapai triliunan rupiah. Tak ayal, momen besar seperti Ramadan menjadi ajang rebutan banyak perusahaan untuk meraup untung sebanyak-banyaknya.

Nah, agar perusahaan tidak salah dalam merancang kampanye Ramadan, MMA Global Indonesia akan mengadakan MMA Global Indonesia’s Ramadan Insights 2024 di The Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta pada Selasa, 5 Maret 2024. Konferensi setengah hari yang transformatif ini berfungsi sebagai titik konvergensi krusial, memupuk dialog kolaboratif dan memengaruhi lintasan lanskap pemasaran dan periklanan.

Mengakui pergeseran dinamis dalam lanskap pemasaran dan periklanan, MMA Global Indonesia’s Ramadan Insights 2024 menjadi titik fokus di mana wawasan secara mulus sejajar dengan kekuatan pemasar melalui integrasi sengaja teknologi-teknologi baru seperti AI, Media Ritel, dan Omnichannel Marketing. Berbagai perspektif dari brand, pelanggan, dan pemimpin pemikiran industri akan memberikan delegasi pemahaman holistik tentang dampak mendalamnya pada kampanye Ramadan.

Acara utama ini menarik pemimpin terkemuka, termasuk CMOs, CTOs, Heads of Departments, dan Lead Planners. Sesiones yang dirancang menampilkan pemimpin pemikiran kelas atas, pakar industri, dan spesialis domain, membudayakan lingkungan kolaboratif untuk brand, pemasar, agensi, perusahaan media, penerbit, perusahaan telekomunikasi, dan periklanan serta perusahaan teknologi pemasaran.

Ramadan Insights 2024 akan menerangi tema-tema kunci, termasuk kecerdasan buatan (AI), menawarkan wawasan berharga tentang consumer behaviour, dan mengungkapkan temuan penelitian terbaru. Proyeksi data menunjukkan laju pertumbuhan tahunan yang kokoh (CAGR 2024-2030) sebesar 23,14%, menandakan pergeseran signifikan di mana AI akan menjadi tulang punggung kampanye, menggarisbawahi peran krusialnya dalam membentuk lanskap pemasaran.

Selain itu, menurut wawasan konsumen Ramadan 2024 dari Think with Google, 93% pembelian dipertimbangkan sebelumnya, dengan hampir 50% terjadi dalam minggu pertama Ramadan. Selain itu, 88% pembeli aktif mencari pengalaman ritel baru selama bulan suci ini, dengan sebagian besar berinteraksi dengan setidaknya satu pengecer yang sebelumnya belum pernah mereka beli. Observasi ini menerangkan perubahan dinamis dalam lanskap konsumen, menekankan pengaruh mendalam platform digital selama periode ini.

“Kami memahami pengaruh mendalam Ramadan pada perilaku konsumen, menyoroti pentingnya merangkul teknologi transformatif untuk memfasilitasi inovasi dan pertumbuhan tak tertandingi. Etos ini beresonansi dalam sesi-sesi kami, yang strategis dirancang sebagai cetak biru untuk dengan cekatan menavigasi tanggapan terhadap kekuatan-kekuatan disruptif yang muncul dari perubahan digital yang cepat. Ini menetapkan standar untuk masa depan industri, ditandai dengan keselarasan strategis dan kepemimpinan industri,” kata Shanti Tolani, Country Head & Board of Director, MMA Global Indonesia.

MMA Global Indonesia's Ramadan Insights 2024Acara ini akan memamerkan pemimpin industri dari organisasi terkemuka seperti Unilever, P&G, Paragon, Kenvue, GrabAds, Silverpush, Leverate, Tiktok, Tokopedia, Emtek, dan lainnya, menjelajahi berbagai topik termasuk wawasan AI, teknologi pemasaran yang didorong oleh AI, dan strategi yang menekankan pentingnya hubungan merek yang lebih kuat, media ritel, pembangunan komunitas, dan keterlibatan multi-saluran selama Ramadan.

Pada konferensi ini, MMA juga akan meluncurkan laporan berjudul “State of AI in Marketing 2023,” yang memberikan wawasan tentang integrasi Kecerdasan Buatan (AI) dalam strategi pemasaran. Laporan komprehensif yang disusun dari masukan yang dikumpulkan dari seluruh industri ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana AI diimplementasikan dalam strategi pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.