Portal Lengkap Dunia Marketing

Marketing

Quantum : Inovasi, Kunci Pertahankan Posisi Pasar (2)

Marketing.co.id – Inovasi sangatlah penting. Dengan Quantum menciptakan produk yang unik dan belum ada di pasaran, makaproduk akan memiliki nilai lebih di mata konsumen. Walhasil, mereka lebih mengenali dan memilih produk tersebut dibandingkan produk lain.

Quantum, kompor quantum

Rawono Sosrodimulyo (Komisaris PT Aditec Cakrawiyasa) & Iwan Budi Buana (Direktur PT Aditec Cakrawiyasa). Foto: Majalah MARKETING/Ll.

“Satu hal yang tidak kalah penting adalah mempertahankan kualitas produk atau pelayanan prima supaya konsumen puas dan loyalitas mereka semakin meningkat terhadap merek Quantum,” ucap Iwan Budi Buana, Direktur Utama PT Aditec Cakrawiyasa

Quantum memberikan jaminan garansi selama 1 tahun dari setiap pembelian produk kompor gas dan 2 tahun untuk regulator tabung gas. Jaminan ini didukung suku cadang dan layanan service center yang tersebar di 13 kota besar di Indonesia.

“Berbeda dengan produk impor yang sulit mendapatkan suku cadang, sebagai produsen kami  juga memproduksi suku cadang yang dengan mudah didapat di service center dan mitranya,” sebut Rawono.

 Selain memenuhi kebutuhan pasar domestik, Quantum juga sudah merambah pasar global dengan negara destinasi ekspor Norwegia, Srilanka, Filipina, Bangladesh, Saudi Arabia, dan beberapa negara lainnya.

Siapkan Aplikasi Memasak

Peta persaingan di industri kompor dan regulator gas saat ini telah mengalami perubahan lantaran didorong perkembangan teknologi digital. Pergeseran ini terjadi terutama di sisi penjualan seiring maraknya kemunculan e-commerce dan promosi yang banyak memanfaatkan media sosial.

Situasi ini disadari betul oleh Quantum dengan mulai menjajakan produk secara online menumpang di beberapa marketplace, sejak dua tahun lalu. Tapi ini belum menjadi official, karena permintaan belum terlalu signifikan lewat online.

“Sebagai produsen kami masih mengandalkan pasar tradisional dan modern, namun beberapa agen Quantum sudah masuk ke pemasaran online,” ungkap Rawono Sosrodimulyo, Komisaris PT Aditec Cakrawiyasa

Dari sisi promosi di era digital, salah satu strategi apik yang dilakukan Quantum adalah memanfaatkan influencer di tengah kurangnya ketertarikan konsumen zaman sekarang terhadap iklan. Konkretnya yaitu kerja sama dengan Youtuber kondang Raditya Dika untuk memasarkan dan memperkenalkan produk Quantum ke konsumen.

Yang menarik, Quantum juga berencana membuat aplikasi yang kontennya berisikan resep dan tips memasak. Kini aplikasi tersebut masih dalam tahap pengembangan, namun akan segera dirilis secepatnya di tahun 2020.

“Di era digital ini data sangat penting, sementara kami tidak memiliki data langsung konsumen, hanya data distributor dan toko. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alat untuk mengumpulkan data para pelanggan,” pungkas Rawono.

Marketing.co.id | Info & Portal Berita Marketing dan Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top