Portal Lengkap Dunia Marketing

XXX Ad Madness

Product Placement, Apa Efektif? (1)

www.marketing.co.id – Saat menonton sebuah film atau program acara TV tertentu, disadari atau tidak, sering kali nampak sebuah produk yang membuat kita langsung mengenali bahkan mengingat logo atau merek produk tertentu. Dalam ilmu marketing, ini yang disebut strategi product placement.

Sebagai contoh, ambil saja film Alangkah Lucunya Negeri Ini. Isi filmnya sarat dengan kemunculan merek seperti Sozzis, Fatigon, dan Yamaha. Efektif atau tidaknya hanya pemilik merek yang tahu.

Yang jelas, tujuan product placement adalah mencuri perhatian penonton dan memengaruhi brand attitude. Tidak ada kompetisi memperebutkan eksposur pada aktivitas beriklan ini, tidak seperti berpromosi di koran, TVC, atau radio.

Product placement sendiri didefinisikan sebagai sebuah cara untuk meningkatkan promosi sebuah produk atau jasa dengan menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolaholah menjadi bagian dari cerita film dan acara televisi (Belch and Belch, 2004:450).

Efektivitas kegiatan beriklan ini ditentukan oleh beberapa hal, pertama spot. Tata letak menjadi pertimbangan penting bagi sebuah merek yang dipromosikan, karena akan berakibat pada brand attitude.

Tidak jarang, ada produk yang sukses karena pernah dipakai oleh salah satu aktris dalam film atau pembawa acara yang terkenal. Misal, ponsel Cross Mobile yang dipakai oleh beberapa finalis Indonesian Idol. Suatu waktu di Twitter Indonesian Idol pernah seseorang menuliskan, “Ah, gue mau beli Cross biar kayak Dion” (salah satu finalis Indonesian Idol). Hal ini menandakan secara perlahan Cross Mobile mulai diasosiasikan sebagai ponselnya Indonesian Idol.

Kedua, pemasar harus memerhatikan kemasan komunikasi yang ingin diwujudkan, apakah ingin berbentuk visual, seperti bentuk, logo, atau verbal—yakni yang diucapkan oleh aktor di film.

Restoran Shawarma adalah contohnya. Hanya karena Tony Stark mengucapkannya dalam film The Avengers, awareness salah satu restoran di Hollywood itu langsung mencuat di Amerika Serikat. Bersambung ……

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

To Top