Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Pintek dan IGI Galang Dana Bantu Guru Honorer

Marketing.co.id – Pintek, perusahaan financial technology peer-to-peer lending berkolaborasi IGI (Ikatan Guru Indonesia) menggalang dana untuk membantu guru honorer yang terdampak Covid -19 yang ada di kawasan Banten dan Jakarta.

Menurut Tommy Yuwono, Co-Founder dan Direktur Utama Pintek, industri pendidikan adalah salah satu yang terpengaruh oleh dampak Covid-19. “Guru merupakan garda depan pada dunia pendidikan. Bantuan berupa sembako ini diharapkan dapat menumbuhkan semangat guru honorer dalam menjalankan hari-hari di tengah situasi yang penuh tantangan,” ucapnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Pintek bersama IGI mengenai dampak Covid-19 terhadap kehidupan guru honorer di seluruh Indonesia, sekitar 47,2% dari 3.100+ guru honorer yang mengikuti survei diantaranya sudah tidak aktif mengajar.

Selain itu, selama masa pandemi survei juga menunjukkan bahwa penghasilan guru honorer rata-rata sekitar Rp 1.100.000 per bulan. Pada masa pandemi guru honorer menghadapi kesulitan untuk memenuhi kebutuhan pokok, seperti membeli bahan pangan dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Beberapa guru honorer mengalami ini oleh karena keterlambatan pembayaran gaji sampai pengurangan honor. Selain itu, guru-guru juga mengalami kendala kesulitan dalam mengajar secara daring, serta kesulitan membeli kuota internet yang menjadi modal utama pembelajaran jarak jauh.

Seperti diketahui pemberlakuan kebijakan pembelajaran di rumah. Namun, hal ini menimbulkan permasalahan baru bagi pendidikan yang diakibatkan adanya masih banyak minimnya pemahaman teknologi, kuota internet, hingga keterlambatan dan pengurangan gaji.

Muhammad Ramli Rahim, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), berharap donasi ini  dapat meringankan beban yang dihadapi oleh guru-guru honorer. Seperti yang kita tahu, guru honorer masih jauh dari kata sejahtera dan masih menghadapi tantangan-tantangan mengenai statusnya.

“Terlebih lagi saat ini kita berada pada situasi sulit, guru honorer yang terdampak sangat membutuhkan bantuan kita,” tutup dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top