Perluni Unika Atma Jaya Jakarta: Alumni Sokoguru Perguruan Tinggi

Marketing.co.id – Berita Marketing | Meskipun sudah tidak lagi menempuh pendidikan di universitas, peran alumni tetap krusial bagi suatu universitas. Bahkan, alumni bisa menjadi sokoguru bagi universitas di tengah berbagai tantangan yang dihadapi. Demikian peran yang diambil oleh Perkumpulan Alumni Atma Jaya Jakarta (Perluni-UAJ)

 “Keberlanjutan sebuah perguruan tinggi ditopang oleh kesadaran dan literasi para pemimpin dalam komunitas perguruan tinggi tersebut, bahwa organisasi alumni adalah sokoguru bagi sebuah perguruan tinggi. Organisasi alumni adalah tiang pancang agar perguruan tinggi tetap tegak, tidak goyah sedikitpun menghadapi ancaman dan tantangan baik dari internal maupun eksternal”, ujar Michell Suharli, Ketua Umum Perluni-UAJ (13/01).

Lebih jauh Michell memaparkan, untuk sebuah kampus yang bukan milik perorangan atau milik keluarga tertentu, organisasi alumni menjadi tonggak tegaknya idealisme dan cita-cita pendiri almamater melampaui lintas zaman.

“Efektivitas peran organisasi alumni menentukan keberhasilan almamater beradaptasi dengan tuntutan masyarakat global terhadap institusi-intitusi dalam ekosistem Pendidikan tinggi,” katanya.

Dia juga mengatakan, literasi dan kesadaran pimpinan tentang peran vital alumni, dinilai dari kebijakan kampus dalam proses pembelajaran, serta aktualisasi nilai-nilai inti Unika Atma Jaya dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi.

Baca juga: Crimson Education Mengantar Sejumlah Staf PT Telkom Indonesia Menembus Universitas Terbaik Dunia

Selain itu, lanjutnya, Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang berlaku saat ini, tegas menempatkan peran signifikan alumni. Hal itu terefleksi pada bobot penilaian terkait lulusan (alumni), dalam peringkat universitas, akreditasi program studi, klasterisasi perguruan tinggi, dan Indikator Kinerja Utama (IKU).

Pernyataan lugas Ketua Umum Perluni-UAJ tersebut disampaikan di hadapan Rektor Unika Atma Jaya, Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (K) dalam acara NATARU Alumni dan Pimpinan Universitas dan Fakultas, di Kampus 1 Semanggi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Dihadiri oleh ratusan alumni lintas angkatan dari tiga puluh lima program studi, Michell menyerahkan tongkat kepada Rektor Unika Atma Jaya yang baru menjabat di Bulan Desember 2023 tersebut.

Penyerahan tongkat kepemimpinan dari alumni juga menjadi simbol dukungan penuh dari alumni, kepada Rektor Prof. Dr. dr. Yuda Turana, Sp.S (K). “Saya merasa bersyukur dan bahagia karena memiliki rekan seperjuangan dan seperjalanan, yaitu para alumni Unika Atma Jaya”, Prof. Yuda.

Prof. Yuda  menegaskan, Unika Atma Jaya merupakan satu-satunya universitas yang berdiri di antara gedung-gedung tinggi jalan negara menampilkan “Katolik Indonesia”. Hal itu menunjukkan konsistensi bahwa Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya diabdikan untuk Tuhan dan Tanah air. Rektor meyakini bahwa Indonesia akan bisa maju, jika Atma Jaya maju.

Perkumpulan Alumni Atma Jaya Jakarta (Perluni-UAJ) sudah terkenal luas di masyarakat Indonesia karena proaktif hadir berjuang bersama masyarakat, ketika kehidupan berbangsa dan bernegara dalam situasi tidak baik-baik saja dan kritis.

Perjuangan alumni dan mahasiswa Unika Atma Jaya dalam reformasi 1998 menggoreskan memori kolektif bangsa di kampus ini. Tragedi Semanggi I (10-13 November 1998), Tragedi Semanggi II (24-28 September 1999), dan berbagai keterlibatan perjuangan reformasi berpusat di Kampus Semanggi. Sebanyak 17 warga sipil tewas dan 109 lain terluka dalam Tragedi Semanggi I.

Sementara dalam Tragedi Semanggi II, 12 warga sipil tewas dan 217 lain korban luka. Presiden Joko Widodo, atas nama negara, mengakui dan menyesalkan terjadinya pelanggaran HAM berat masa lalu – termasuk di dalamnya adalah Tragedi Semanggi I dan II.

Baca juga: Nindya Karya dan KITB Bangun Jaringan Air Bersih dan Air Limbah Untuk Akselerasi Operasional Kawasan

Selain itu, di masa pandemi Covid-19 Perluni-UAJ memimpin penyelenggaraan Sentra Vaksinasi Atma Jaya Berdaya (SVA-DAYA). Kegiatan SVA-DAYA 1 dan 2 di kampus 3 BSD, berlanjut SVA-DAYA 3 di Kampus 1 Semanggi, 07 Juli – 26 Agustus 2021, terakhir SVA-DAYA Booster di ketiga kampus dan RS Atma Jaya pada tanggal 24 Januari – 17 Februari 2022. Dosis vaksin berhasil disalurkan lebih dari 7.500 dosis pada SVA-DAYA 1 dan 2, lalu 27.501 dosis di BSD. AJR 2022 melibatkan 850 peserta dan lebih dari 200 panitia.

Perluni-UAJ juga memimpin komunitas Atma Jaya membantu masyarakat di daerah bencana gempa bumi Cianjur 2022 pada 22 November – 12 Desember 2023. Tercatat lebih dari 1.793 orang memperoleh bantuan medis disalurkan. Tim Tanggap Bencana Cianjur juga menyalurkan bantuan berupa perlengkapan hidup darurat, obat-obatan, makanan, minuman, alat kebersihan, hingga tenda yang menjangkau puluhan desa.

Kegiatan Tanggap Bencana Cianjur ditutup oleh Buka Bersama dan Pembagian Sembako untuk Kegiatan Cianjur dalam Rangka Menyambut Hari Raya Iedul Fitri 1444H, tanggal 14-16 April 2023 bertempat di Mushola Arraufiq, Pesantren Yayasan Yaa Bunayyah, dan Masjid Al-Barokah, semuanya di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.