Portal Lengkap Dunia Marketing

PROPERTY & RETAIL

Akuisisi RSH, Perusahaan Asal UEA Masuk Pasar Indonesia

Marketing.co.id – Berita Ritel |Gulf Marketing Group (GMG), perusahaan induk milik keluarga asal Timur Tengah, memperluas operasi bisnisnya secara signifikan di pasar ritel olahraga dengan mengakuisisi Royal Sporting House (RSH), salah satu ritel multi-brand olahraga terbesar di Asia Tenggara.

Selama empat dekade terakhir, divisi GMG Sports telah berkembang dari sebuah toko ritel di Dubai, UEA, menjadi lebih dari 300 toko di 18 kota dari enam negara. Saat ini GMG Sport menjadi perusahaan ritel terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara (MENA). Selain memasarkan brand lokal asal UEA, GMG Sports juga menjadi distributor untuk merek-merek global.

Mohammad A. Baker CEO of GMG Regis Schultz Director of RSH.

Mohammad A. Baker CEO of GMG Regis Schultz Director of RSH.

Akuisisi ini akan memperkuat posisi GMG Sports di kawasan GCC dan menandai langkah perusahaan dalam memasuki pasar terbesar di Asia Tenggara — termasuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura — serta Hong Kong dan Mesir.

Dengan akuisisi ini, perusahaan induk berbasis di UEA ini kini akan mengoperasikan lebih dari 550 toko ritel olahraga di 57 kota yang berada di 12 negara. Aset yang harus dikelola mencakup lebih dari 1,9 juta kaki persegi ruang ritel fisik, 10 gudang, serta pekerja yang mencapai hampir 8.000 orang. Dengan kehadirannya yang semakin meluas, GMG Sports kini berpotensi menjangkau lebih dari 700 juta konsumen di seluruh dunia.

Mohammad A. Baker, Deputy Chairman and CEO GMG, mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan tonggak penting dalam perkembangan portofolio GMG yang beragam. Saat ini, semakin banyak orang di seluruh dunia yang menjalankan gaya hidup aktif dan sehat.

Integrasi dari operasional bisnis RSH ke dalam jaringan toko GMG semakin memperkuat posisi menjadi ritel olahraga yang terdepan di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, dengan potensi menjangkau ratusan juta calon konsumen baru di kawasan Asia Tenggara, Hong Kong, dan Mesir. “Ekspansi ini merupakan langkah strategis untuk membawa bisnis dan visi kami mendunia,” ujar Baker.

Menurut Baker, terlepas dari berbagai rintangan yang tengah dihadapi industri ritel di seluruh dunia, kekuatan dan ketahanan strategi bisnis GMG memungkinkannya mengatasi berbagai tantangan yang ada dan menggandakan rencana ekspansi. “Pada intinya, kami adalah bisnis yang tengah berkembang dengan ambisi global jangka panjang,” tambah Baker.

Selain divisi olahraga, GMG juga memiliki pertumbuhan di sektor bisnis lainnya, termasuk perawatan kesehatan, makanan, pendidikan, real estat, dan logistik. Di seluruh grup induk, GMG telah berhasil meningkatkan jenama lokal seperti apotek Supercare, merek makanan Farm Fresh, dan penyedia logistik Trilogi. GMG juga telah mengenalkan lebih dari 90 merek internasional ke Timur Tengah hingga saat ini.

“Kami selalu melihat ke arah mana pasar dan konsumen bergerak. Kami sangat bersemangat membawa visi dan keahlian kami ke wilayah baru, serta menciptakan skala ekonomi yang diikuti dengan memberikan nilai tambahan kepada para pelanggan,” tutup Baker.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Berita Bisnis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top