Perluas Jejaring Melalui Olahraga Golf

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Pada tahun 2020, popularitas golf di Asia semakin meningkat pesat. Data terbaru menunjukkan bahwa lebih dari 23.3 juta penduduk Asia aktif terlibat dalam olahraga ini. Angka tersebut menandai peningkatan sebesar 11.5% dibandingkan dengan jumlah pemain golf pada tahun 2016, menjadikan Asia sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan tercepat dalam jumlah pemain golf dibandingkan benua lain.

golf

Tren ini juga tercermin di Indonesia, di mana jumlah pegolf terus berkembang. Menurut data dari toko perlengkapan golf, pada akhir tahun 2023, Indonesia mencatat angka 170 ribu pegolf aktif, menunjukkan minat yang kuat dalam olahraga ini di negara ini.

Golf bukan hanya menjadi olahraga yang populer di kalangan generasi muda, tetapi juga merupakan alat networking yang sangat efektif bagi para pebisnis. Menurut Reno Adityo, Ketua Badan Otonom HIPMI Jaya Golf, data dari Forbes menunjukkan bahwa 90% CEO yang masuk dalam daftar Fortune 500 adalah pegolf, dengan 80% dari mereka menggunakan golf sebagai sarana untuk membangun hubungan bisnis.

“Saat bermain golf, kita menghabiskan sekitar empat jam untuk berjalan dan berbicara dengan rekan satu grup. Itulah mengapa olahraga ini sangat efektif sebagai alat networking,” kata Reno.

Sebagai co-founder dan direktur PT Lamandau Subur Sejahtera yang bergerak di bidang agribisnis, Reno menambahkan bahwa kemampuan bermain golf dapat meningkatkan peluang seseorang dalam memperluas jaringan profesionalnya. Golf tidak hanya meningkatkan kesehatan, tetapi juga membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan bisnis dalam suasana yang santai.

“Golf juga sering digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis, sehingga tidak mengherankan jika menjadi keterampilan penting bagi manajemen perusahaan,” ujar Reno.

Reno, yang berhasil mengaktifkan kembali HIPMI Jaya Golf setelah tujuh tahun tidak aktif, memainkan peran penting dalam mempromosikan olahraga ini di kalangan pebisnis muda. “Kami secara berkala menyelenggarakan Jaya Golf Open, yang merupakan platform untuk memperluas jaringan bisnis bagi pegolf dan pebisnis muda di seluruh Jakarta. Dengan demikian, kami berharap HIPMI Jaya Golf dapat menjadi sarana terbaik bagi pebisnis muda untuk berjejaring,” tutup Reno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here