Portal Lengkap Dunia Marketing

News & Event

Perkuat Bancassurance, TMLI Gandeng Bank Index

Tokio Marine Life Insurance Indonesia (TMLI) dan PT Bank Index Selindo (Bank Index)  melakukan kerjasama strategis dalam mengembangkan jalur distribusi bancassurance, dengan menyediakan produk Index Wealth Protection.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia (TMLI)

Penandatanganan Kerja Sama Bancassurance antara TMLI dan Bank Index

Presiden Direktur Tokio Marine Life Insurance, Tham Chee Kong, mengatakan kerjasama antara TMLI dan Bank Index ini diyakini mampu meningkatkan kinerja bisnis kedua perusahaan di masa mendatang.

“Kerjasama ini akan memperluas basis nasabah sekaligus memacu pendapatan premi. Sampai Juli 2018 ini total premi TMLI sudah berada di atas Rp200 miliar dan ditargetkan mencapai Rp500 miliar di penghujung tahun ini,” ujar Chee Kong.

Gimin Sumalim, Presiden Direktur Bank Index, meyakini kerjasama ini akan mendorong pertumbuhan bisnis Bank Index melalui diversifikasi produk jasa keuangan ke nasabah potensialnya.

Apalagi produk Index Wealth Production dari TMLI akan memberikan perlindungan serta hasil investasi yang optimal untuk konsumen Bank Index.

“Target penjualan produk asuransi Index Wealth Protection diharapkan dapat mencapai Rp1,5 miliar atau Rp6 miliar untuk premium dasar hingga akhir tahun,” ungkapnya.

Guna mencapai target tersebut, Bank Index akan memasarkan asuransi Index Wealth Protection melalui 13 cabang Bank Index yang tersebar di seluruh Indonesia. Ditambah 5 kantor cabang yang akan dibuka di Medan, Manado, Makassar, Semarang, dan Malang pada tahun ini.

Menurut Gimin, asuransi Index Wealth Protection akan diprioritaskan  menyasar segmen usaha kecil dan menengah (UKM) yang jumlahnya sekitar 38% dari total nasabah Bank Index.  “Kami optimistis produk ini diterima karena bancassurance pertama dan cocok dengan profil Bank Index,” jelasnya.

Selanjutnya TMLI akan menyediakan tenaga pemasar andal yang ditempatkan di cabang-cabang Bank Index, menyediakan pelatihan kepada para staf Bank Index, serta mengadakan customer gathering sebagai bentuk apresiasi dan layanan kepada para nasabah Bank Index.

Targetkan Kontribusi 30%

Chee Kong mengemukakan kerjasama dengan Bank Index ini menambah jumlah mitra distribusi bancassurance menjadi lima, setelah sebelumnya menggandeng Bank Victoria, Bank KEB Hana, Bank Agris, dan Bank of China.

Memilih bank dengan skala lebih kecil (buku II atau III) karena lebih terbuka terhadap kerja sama baru dan memiliki visi yang sama menyediakan produk keuangan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Di tahun 2017 lalu, bancassurance berkontribusi sekitar 14% dari jumlah total premi TMLI, sedangkan saluran agensi berkontribusi sekitar 54% dan sisanya sekitar 29% dikontribusikan dari jalur korporasi.

“Jalur bancassurance ditargetkan berkontribusi 30% dari total premi dalam waktu tiga tahun mendatang,” pungkas  Chee Kong.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top