Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

Kekuatan Sistem Monitoring Jadikan Aplikasi LIKE Juara

Akhir-akhir ini aplikasi video pendek menjadi perbincangan yang hangat di Indonesia, khususnya di kalangan generasi muda. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) baru saja memblokir akses sebuah aplikasi video pendek yang dianggap memiliki banyak konten negatif. Namun, berbeda dengan LIKE – salah satu produk dari BIGO Technology yang terdiri dari BIGO LIVE, Cube TV, dan Hello Yo, merupakan aplikasi video pendek yang patut dicontoh.

APLIKASI LIKE

LIKE merupakan sebuah aplikasi video pendek yang memiliki sistem penyaringan dan pelaporan yang terintegrasi dengan teknologi Artificial Intelligence (AI). Monitoring konten di aplikasi ini juga dilakukan oleh manusia secara manual 7×24 jam untuk membangun ekosistem dan konten berkualitas tinggi untuk semua lapisan masyarakat.

Selain tim di Indonesia, aplikasi LIKE juga memiliki pusat Riset dan Pengembangan (R&D) di Singapura yang saat ini sedang merekrut tim yang terdiri dari 100 ahli AI dan insinyur untuk melakukan monitoring konten video. Pusat R&D ini juga bertanggung jawab untuk kemajuan serta kualitas konten perusahaan. Sistem AI inilah yang akan menghapus semua konten video negative yang diupload oleh para pengguna.

Selain sistem kontrol konten yang komprehensif, LIKE juga memungkinkan pengguna untuk membuat konten yang unik dan super kreatif dengan berbagai efek sihirnya. Sejak 11 bulan lalu diluncurkan, aplikasi yang memang ditujukan bagi pengguna berusia 16 tahun ke atas ini memang sudah menjadi salah satu komunitas video pendek paling populer di kalangan anak muda di Indonesia.

“Aplikasi LIKE berkomitmen untuk membentuk sebuah komunitas video pendek yang sehat dan kreatif bagi kaum muda. Teknologi AI dan efek sihir kami yang dikembangkan secara independen memungkinkan semua lapisan masyarakat untuk menunjukkan bakat dan kreatifitas mereka,” ungkap Aaron Wei, Wakil Presiden Senior BIGO Technology.

LIKE dilengkapi dengan lebih dari 300 efek yang unik dan menyenangkan, misal “Melakukan Sihir” – Menggunakan sistem Augmented Reality (AR) dan AI untuk memanipulasi bentuk tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki serta memberikan efek make up dan menghilangkan noda. Ada juga “Kekuatan Super” – Menambahkan efek AR supranatural yang sesuai dengan gerakan tubuh berdasarkan sistem pelacakan kerangka dan teknologi klasifikasi 4D Magic. Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan latar belakang dan efek yang dinamis serta ada Music Magic yang mengidentifikasi dan memilih latar musik sembari secara akurat mencocokan efek khusus pada suara apapun.

Diluncurkan pada Bulan Agustus 2017, LIKE, yang merupakan bagian dari BIGO Group, telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna di lebih dari 200 negara. Platform ini juga telah dianugerahi predikat ‘The Best Social App’, ‘The Most Popular App’, ‘The Most Entertaining App’ di Google Play Awards 2017 dan memuncaki Apple Appstore di AS, Rusia, dan India.

Fisamawati

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top