Perayaan Satu Dekade: Bandara Internasional Hamad Menandai Tonggak Sejarah

[Reading Time Estimation: 4 minutes]

Marketing.co.id – Berita Internasional | Bandara Internasional Hamad (DOH) merayakan ulang tahun ke-10, menandai satu dekade penuh pencapaian dalam menghubungkan penumpang dengan pengalaman dan kenangan baru melalui Doha.

Selama sepuluh tahun beroperasi, bandara ini telah mengukir prestasi luar biasa, termasuk memenangkan gelar ‘Bandara Terbaik Dunia’ sebanyak tiga kali di penghargaan bandara dunia SKYTRAX dan menjadi bandara dengan konektivitas udara terbaik kedua di Timur Tengah menurut Peringkat Konektivitas Udara Airport Council International 2023. Penghargaan ini mencerminkan komitmen Bandara Internasional Hamad terhadap inovasi, peningkatan berkelanjutan, serta pendekatan yang berpusat pada pelanggan.

Sejak mulai beroperasi pada Mei 2014 hingga Mei 2024, Bandara Internasional Hamad telah melayani 325,1 juta penumpang, mencatat 2,1 juta pergerakan pesawat, mengangkut 20,5 juta ton kargo, dan memproses 258 juta tas. Sebagai hub utama Qatar Airways, bandara ini melayani lebih dari 45 mitra maskapai penerbangan, termasuk 14 maskapai penerbangan lama, dan mampu menangani 58 juta penumpang per tahun setelah ekspansi Fase A pada tahun 2022. Bandara ini melayani lebih dari 200 tujuan, termasuk penerbangan penumpang, kargo, dan carteran.

Dalam rangka menciptakan pengalaman bandara yang personal, Bandara Internasional Hamad menjadi rumah bagi lebih dari 40 pameran seni permanen oleh seniman lokal, regional, dan internasional, serta menawarkan lebih dari 200 gerai ritel dan tempat makan, termasuk banyak yang pertama di dunia dan eksklusif.

Chief Executive Officer Qatar Airways Group, Engr. Badr Mohammed Al-Meer, yang telah menjadi bagian dari perjalanan pertumbuhan bandara sejak 2014, mengatakan, “Pertumbuhan dan posisi global Bandara Internasional Hamad sejak awal operasinya adalah contoh utama bagaimana investasi pada SDM dan fasilitas, adopsi solusi inovatif, dan kolaborasi industri dapat menghasilkan keunggulan. Kami telah mengatasi berbagai tantangan dan menetapkan standar industri yang membantu kami mendapatkan gelar Bandara Terbaik Dunia. Seiring perkembangan industri, begitu pula operasi, pengalaman ritel, dan perhotelan kami. Kami akan terus memberdayakan karyawan kami dan memelihara hubungan dengan mitra kami selama 10 tahun ke depan dan seterusnya.”

Untuk memperingati ulang tahunnya yang ke-10, Bandara Internasional Hamad mengadakan berbagai acara, termasuk pertunjukan budaya dan sesi musik live yang menarik bagi penumpang dan staf.

Berinvestasi pada Manusia

Kesuksesan Bandara Internasional Hamad tidak lepas dari peran penting staf yang terampil dan berdedikasi. Bandara ini memprioritaskan inisiatif pelatihan dan pengembangan untuk membina tenaga kerjanya, memanfaatkan data besar dan analitik untuk mendukung pengembangan bakat, serta menerapkan standar layanan dan keselamatan tertinggi. Hasilnya, bandara ini berhasil meraih Sertifikat ISO 45001 untuk Sistem Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja dari BSI.

Dengan lebih dari 70 kebangsaan yang bekerja di sana, Bandara Internasional Hamad terus memperkenalkan inisiatif baru untuk memanfaatkan ide-ide inovatif guna meningkatkan operasi bandara, pengalaman pelanggan, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif sejalan dengan nilai intinya ‘Satu Tim’.

Pertumbuhan Eksponensial

Transformasi besar terjadi pada Bandara Internasional Hamad dengan ekspansi signifikan pada infrastrukturnya pada November 2022. Perluasan terminal bandara sebesar 125.000 m² ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman penumpang dan memenuhi permintaan komersial serta operasional yang terus meningkat. Sembilan proyek diluncurkan, termasuk taman tropis dalam ruangan Orchard, fasilitas transfer bagasi jarak jauh (RTBF), dan lounge baru seperti Al Mourjan Garden Lounge yang menampilkan satu-satunya Louis Vuitton Lounge di bandara.

Hamad International Airport
Taman tropis dalam ruangan Orchard di bandara Hamad International Airport

Untuk memberikan pengalaman yang inklusif, Bandara Internasional Hamad meningkatkan layanan dan fasilitas bagi penumpang dengan mobilitas terbatas dan kebutuhan khusus. Bandara ini menyediakan layanan antar-jemput, ruang sensorik khusus – Muzn Lounge, dan Animal Relief Area yang telah diperbaharui. Staf yang berhadapan dengan pelanggan juga mendapat pelatihan khusus untuk mendukung penumpang sepanjang perjalanan mereka di bandara.

Untuk memudahkan navigasi penumpang, Bandara Internasional Hamad memperkenalkan solusi pencarian arah yang tersebar di seluruh terminal, dengan lebih dari 65 kode QR dan 40 perangkat digital untuk membantu penumpang menemukan gerbang atau gerai yang mereka inginkan dengan mudah.

Pendekatan Penumpang-Pertama

Bandara Internasional Hamad bangga menawarkan pengalaman perjalanan yang mulus bagi penumpangnya, baik yang tiba, berangkat, maupun transit. Untuk kenyamanan lebih, Oryx Airport Hotel menawarkan 100 kamar untuk penumpang yang ingin beristirahat di antara penerbangan, dengan fasilitas seperti gym, kolam renang, layanan spa, simulator golf, dan lapangan squash. Penumpang juga dapat menikmati 19 lounge yang tersedia di bandara.

Pengalaman belanja di Bandara Internasional Hamad juga diakui sebagai ‘World’s Best Airport Shopping’ menurut SKYTRAX World Airport Awards. Bandara ini memperkenalkan beberapa industri pertama dalam portofolio ritel dan F&B-nya, termasuk Dior Spa, toko Thom Browne, kafe Oreo, dan Harrods Tea Room. Butik-butik unggulan seperti Gucci, Burberry, Tiffany, dan Bvlgari juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan belanja penumpang.

Penatalayanan Lingkungan

Bandara Internasional Hamad berkomitmen untuk kelestarian lingkungan dengan berbagai inisiatif untuk meminimalkan jejak ekologisnya. Bandara ini terus berinvestasi dalam solusi inovatif untuk meningkatkan kinerja lingkungan, termasuk upaya global untuk mengendalikan emisi CO2 dan memenuhi standar kualitas udara serta pencegahan polusi. Antara 2022 dan 2023, sekitar 40% limbah bandara digunakan kembali atau didaur ulang melalui sistem pengelolaan limbah yang ditingkatkan.

Bandara Internasional Hamad juga menerapkan inisiatif penghematan energi seperti optimasi sistem pendingin, smart metering, dan pencahayaan LED. Upaya ini membuat bandara mencapai ACI ACA Level-3 Airport Carbon Accreditation dan ISO 14001 untuk Sistem Manajemen Lingkungan.

Masa Depan yang Cerah

Seiring perjalanan pertumbuhan dan inovasinya, Bandara Internasional Hamad tetap berkomitmen untuk meningkatkan pengalaman perjalanan sambil menjaga standar keselamatan, efisiensi, dan keberlanjutan tertinggi. Dengan ekspansi Tahap B yang sedang berlangsung, bandara ini siap untuk memperkenalkan atraksi baru di dalam terminal. Bandara Internasional Hamad terus memantapkan dirinya sebagai tujuan yang unik di Qatar, menawarkan pengalaman luar biasa bagi para pelancong dari seluruh dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here