Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Penyakit Jantung Menyerang Usia Muda, Apa Solusinya?

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Saat ini kaum muda Indonesia masih dihadapkan dengan berbagai permasalahan kesehatan, di antaranya adalah gaya hidup tidak sehat seperti kebiasaan merokok, kurang bergerak, dan memakan makanan tidak sehat dan proposional yang menyebabkan berbagai penyakit, salah satu penyakit jantung.

Baca Juga: Orang Botak Lebih Cenderung Terkena Penyakit Jantung?

Berdasarkan estimasi Kementerian Kesehatan 2013, sebanyak 39 persen penderita jantung di Indonesia berusia kurang dari 44 tahun.  Yang mengejutkan, 22 persen di antaranya berumur 15–35 tahun, yang merupakan masa fisik produktif dalam kehidupan manusia.

Jumlah penderita jantung tertinggi ada pada kelompok usia 45–65 tahun. Persentasenya 41 persen. Selisih yang tak berbeda jauh antara umur 45 tahun ke bawah dan 45 ke atas jadi penegas bahwa tren resiko penyakit jantung datang pada usia produktif semakin meningkat.

Baca Juga: Penyakit Jantung Pembunuh Nomor Satu Kaum Hawa

Dalam rangkaian memperingati Hari Jantung Indonesia, tahun ini Yayasan Jantung Indonesia mengadakan sesi webinar dengan tema Penyakit Jantung Menyerang Anak Muda Apa Solusinya?

Penyakit jantung termasuk salah satu penyakit tidak menular yang disebabkan oleh pola makan tidak sehat (GGL berlebihan), kurangnya aktivitas fisik, merokok, berat badan berlebih, peningkatan tekanan darah, dan prediabetes.

“Biasanya orang tidak menyadari bahwa dia menderita penyakit karena keluhannya tidak khas atau tidak terasa. Mereka baru akan menyadari kalau menderita penyakit jantung setelah mengalami serangan hebat. Untuk itu salah satu cara utama untuk mencegah penyakit jantung selain menjaga pola hidup sehat adalah dengan deteksi awal melalui medical checkup”, ujar dr. Vito A. Damay, SpJP (K), Mkes, FIHAA, FICA, FAsCC.

Baca Juga: Hati-hati! Kesemutan Tanda gejala Penyakit Serius

Solusi yang bisa dilakukan generasi muda untuk mencegah penyakit jantung menyerangnya adalah dengan menjauhi rokok,  beraktivitas fisik secara rutin dan menjalani diet sehat.

Pemeriksaan kesehatan secara rutin sejak dini juga merupakan bagian penting dari pencegahan penyakit jantung. Yayasan Jantung Indonesia memberikan edukasi mengenai pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin sebagai skrining atau deteksi dini dari penyakit jantung dan kardiovaskular. Yayasan Jantung Indonesia terus meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa penyakit jantung bukan hanya penyakit para manula tapi bisa menyerang siapa saja.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top