Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Penyakit Jantung Pembunuh Nomor Satu Bagi Kaum Hawa

www.marketing.co.id- Banyak para wanita tidak tahu bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu bagi perempuan. Penyakit jantung yang terlihat pada wanita sering tidak sama dengan penyakit  jantung pada pria.

Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh asosiasi jantung Amerika mengungkapkan, 6 dari 10 wanita mengatakan bahwa ancaman utama terhadap kesehatan mereka adalah kanker payudara, dan hanya 1 dari 10 wanita tersebut yang mengatakan penyakit jantung.  Tapi pada tahun 1999 wanita yang terkena kanker payudara sebanyak 264.000 dan 41.000 diantaranya meninggal dunia. Dan yang mengherankan penyakit jantung yang di derita oleh wanita Amerika hampir dua kali lipatnya yakni 513.000. Bahkan sejak tahun 1984 lebih banyak perempuan di banding laki-laki telah meninggal karena penyakit jantung.

Gejala-gejala penyakit jantung yang diderita oleh wanita sangat berbeda apa yang dirasakan oleh pria. Dalam kenyataan bahwa penyakit jantung adalah sangat umum pada wanita, dan pada saat yang sama banyak disalah artikan oleh para wanita dan dokter, sehingga memberikan kontribusi yang tidak kecil dengan tingkat kematian yang tinggi.

Biasanya pada wanita salah satu gejalanya nyeri dada, tekanan itu biasanya menjalar ke rahang dan bahu, dan pada pria biasanya akurat. Tetapi banyak para wanita merasa nyeri dada dengan sensai panas atau terbakar. Dan intinya rasa nyeri dada dan sakit atau ketidak nyamanan lain secara langsung berhubungan dengan penyakit jantung.

Berikut gejala-gejala yang berhubungan dengan serangan jantung yang sering terjadi pada wanita.

  1. Nyeri, tekanan, membakar atau meremas di dada, rahang bahu, bahu, punggung yang berlangsung lebih dari 5 sampai 10 menit.
  2. Unexplained sesak nafas yang berlangsung lebih dari  5 sampai 10 menit.
  3. Tiba-tiba mual muntah, berat atau gaguan pencernaan
  4. Tiba-tiba berkeringat tanpa alasan
  5. Tiba-tiba kelelahan  ekstrem yang tidak dapat dijelaskan
  6. Kehilangan kesadaran atau pingsan
  7. Tiba-tiba merasakan perasaan panic dan kehancuran

Studi menunjukan bahwa wanita cenderung jarang mengeluh tentang gejala-gejala jantung yang diderita dibanding pria. Mungkin wanita sudah jadi bawaannya untuk tabah dibanding pria.  (HN)

Sumber  heartdisease

 

1 Comment

1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    To Top