Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Pentingnya Vitamin E Bagi Tubuh

vitamin eNutrisi atau gizi adalah materi organik yang diperlukan oleh sistem tubuh manusia agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Ada banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar dapat berkegiatan dengan baik. Salah satunya  adalah vitamin E.

Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak, memiliki sifat antioksidan, dan dapat menghancurkan radikal bebas. Vitamin E tidak dihasilkan oleh tubuh manusia, karena itu, zat ini hanya bisa didapat dari makanan.

Vitamin E banyak terdapat dalam buah-buahan, kecambah, susu, telur, dan saur-sayuran. Sayuran yang mengandung vitamin E paling banyak adalah asparagus, buncis, ubi jalar, dan sayur berwarna hijau. Selain dalam sayuran, pisang, strawberry, minyak kanola, biji bunga matahari, kacang kedelai, dan kacang-kacangan juga memiliki kandungan vitamin E yang banyak.

Vitamin E memiliki banyak manfaat. Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dalam tubuh dari radikal bebas yang menyebabkan kanker dan penyakit jantung. Selain itu Vitamin E merupakan produk kecantikkan alami yang efektif sekaligus dapat meningkatkan kesehatan jantung mantan perokok.

Sayangnya, masih ada 28% persen orang yang tidak mendapatkan cukup vitamin E. Tubuh kita membutuhkan 15 mg vitamin E per harinya. Kekurangan Vitamin E dapat berdampak pada kesehatan tubuh. Berikut dampak kekurangan vitamin E:

  • Gangguan sistem reproduksi dan infertilitas
  • Menurunnya fungsi sel darah merah
  • Gangguan penglihatan, seperti katarak
  • Gangguan neurologis
  • Kelainan fungsi otak, otot, dan sumsum tulang belakang
  • Kelainan kulit.

Gangguan kesehatan ini dapat terjadi apabila kekurangan vitamin E dalam jangka panjang. Menerapkan pola diet yang salah, seperti crash diet, yaitu penghentian konsumsi makanan selain yang mengandung protein juga bisa menyebab kita kekurangan vitamin E.

Maka dapat disimpulkan bahwa vitamin E sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Kurangnya Vitamin E dapat menyebabkan tubuh mengalami gangguan kesehatan. Tentu tidak hanya Vitamin E, nutrisi lain yang diperlukan tubuh juga penting dan perlu dikonsumsi demi kesehatan tubuh kita.

Sumber: http://duniafitnes.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top