Penentu Bisnis Bertahan atau Gulung Tikar, Berikut 7 Langkah Membangun Loyalitas Pelanggan

Sukses Tingkatkan Loyalitas Pelanggan, Perusahaan Health and Beauty Ini Raih Profit Hingga 228% Langkah Praktis Membangun Loyalitas PelangganLoyalitas pelanggan bukan hanya membantu bisnis berkembang pesat, namun juga membantu bisnis bertahan di masa-masa sulit dan penuh tantangan. Berikut 7 langkah membangun loyalitas pelanggan

Marketing.co.id – Berita UMKM| Sebagai pemilik bisnis Anda tentu tahu betul bahwa pelanggan merupakan sumber pendapatan utama bisnis Anda. Itulah mengapa penting untuk mempertimbangkan pelanggan dalam segala hal yang Anda lakukan.

Kebutuhan pelanggan harus menjadi prioritas dalam bisnis Anda. Hal ini tidak hanya akan mendorong lebih banyak penjualan, tapi juga membangun loyalitas pelanggan untuk jangka panjang. Berikut adalah alasan mengapa membangun loyalitas pelanggan itu penting dan tips untuk membangunnya.

7 langkah membangun loyalitas pelanggan

Loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang terjadi tanpa disengaja. Berikut 7 langkah membangun loyalitas pelanggan

Kenali pelanggan dan biarkan mereka mengenal Anda

Untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan, Anda harus mengenal pelanggan secara personal. Pelajari nama mereka, cerita mereka, dan kebiasaan belanja/membeli mereka. Berdasarkan informasi ini, buatlah alur penjualan yang menyerupai pengalaman pelanggan Anda untuk membuat perjalanan pembelian mereka berkesan.

Pada hari ulang tahun pelanggan misalnya, Anda dapat mengirimkan mereka pesan ulang tahun yang dipersonalisasi dengan penawaran khusus. Faktanya, ada alat pemasaran yang dapat membantu Anda melakukan hal ini secara otomatis, termasuk SMS Marketing dan Email Marketing.

Agar pelanggan percaya brand Anda, Anda harus berbagi informasi tentang diri Anda dan bisnis Anda. Misalnya, memberikan informasi terbaru kepada mereka tentang berita bisnis apapun itu sebelum berita tersebut muncul di media massa dan jangan takut mengakui adanya kekuarangan.

Buat program loyalitas

Program loyalitas adalah cara yang bagus untuk mendorong dan memberi penghargaan kepada pelanggan setia. Program-program ini biasanya memiliki kriteria untuk mendapatkan hadiah. Misalnya, pelanggan harus belanja dengan nominal tertentu per bulan. Tapi, manfaat bagi pelanggan biasanya lebih besar daripada persyaratannya.

Ada banyak sekali program loyalitas di luar sana namun kesamaan dari semua program tersebut adalah insentif bagi pelanggan yang membelanjakan lebih banyak uang untuk produk atau layanan Anda.

Siapkan program referral

Seperti program loyalitas, program rujukan atau referral memberi penghargaan kepada pelanggan atas keterlibatannya dengan bisnis. Dalam hal ini, pelanggan menerima manfaat tertentu jika mereferensikan perusahaan Anda kepada teman atau orang yang mereka cintai. Hal ini tidak hanya membantu menarik pelanggan baru (referral marketing efektif dan terjangkau), tapi juga membuat pelanggan yang sudah ada kembali lagi karena mereka sekarang memiliki insentif.

Mainkan kekuatan dan value Anda

Apa yang terbaik dari bisnis Anda? Apa penawaran unik Anda? Apa yang paling Anda hargai? Jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut akan membantu membentuk citra brand Anda, yang merupakan bagian penting untuk menarik pelanggan setia.

Untuk benar-benar terhubung dengan pelangggan, Anda harus tetap setia pada brand Anda dan fokus pada apa yang Anda lakukan dengan baik. Tetaplah konstan di pasar Anda – sebuah bisnis yang selalu dapat diandalkan oleh pelanggan. Tetaplah setia pada bisnis Anda sebagaimana Anda ingin pelanggan Anda setia.

Libatkan pelanggan di media sosial

Media sosial adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Faktanya, jika Anda tidak hadir di media sosial banyak pelanggan yang akan menganggap Anda tidak relevan. Karena itu, penting untuk memiliki profil bisnis yang aktif di berbagai saluran media sosial.

Berbagai informasi seputar brand atau layanan serta interaksi dengan pengikut di media sosial akan menciptakan komunitas online yang kuat yang akan mendorong pelanggan untuk kembali lagi. Pikirkan tentang perusahaan yang sering berbisnis dengan Anda dan bagaimana mereka berperilaku di media sosial. Apakah postingan mereka beresonansi dengan target audiens mereka? Apakah percakapan brand mereka selaras dengan value dan penawaran mereka? Apakah mereka melibatkan pengikutnya dengan cara yang otentik? Kemungkinan besar Anda menjawab ya pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Ajak pelanggan untuk berbagi feedback

Mintalah feedback dari pelanggan untuk menunjukkan kepada mereka betapa Anda begitu menghargai mereka dan bagaimana Anda bersedia untuk terus meningkatkan diri. Kirimkan survei, minta ulasan melalui email, dan bersikaplah terbuka terhadap feedback yang diterima. Pelanggan lebih bersedia berinvestasi pada bisnis yang menghargai pendapat dan wawasan mereka. Jangan hanya mengatakan bahwa Anda peduli dengan kepuasan pelanggan; terapkan feedback pelanggan dan pasarkan kepada mereka sebagai bukti dedikasi Anda. Untuk menumbuhkan loyalitas pelanggan, anda harus loyal kepada pelanggan terlebih dahulu.

Menyimpan data pelanggan

Bisnis yang menyimpan data pelanggan akan memudahkan pelanggan berbelanja di masa mendatang. Misalnya, Anda meminta pelanggan membuat akun di aplikasi mobile atau website yang menyimpan informasi pengiriman dan pembayaran dengan aman untuk proses pembelian cepat. Dengan begitu, mereka memiliki solusi sekali sentuh untuk memesan ketimbang harus memasukkan nomor kartu kredit mereka setiap kali ingin melakukan transaksi. Amazon misalnya, pelanggan utama dapat melakukan pemesanan hanya dengan mengklik “Beli Sekarang” di bawah produk yang diinginkan. Kemudahan seperti itu dapat mendorong pelanggan untuk sering melakukan pembelian dari bisnis Anda.

Mengapa loyalitas pelanggan penting?

Loyalitas memungkinkan pelanggan melakukan pembelian berulang. Hal ini bermula dari kepuasan pelanggan dan ini lebih penting daripada ketersediaan, harga, dan faktor lain yang biasanya memengaruhi keputusan pembelian. Ketika seorang pelanggan setia pada suatu produk, layanan atau brand, mereka bersedia menunggu persediaan ulang atau mengeluarkan sedikit uang lebih untuk itu.

Loyalitas sangat penting dan terbukti di tengah krisis pandemi

Pandemi merupakan ujian bagi loyalitas pelanggan karena memaksa pelanggan untuk secara jujur mengevaluasi penyedia layanan yang mereka percayai. Jadi, salah satu pelajaran utama dari pandemi adalah membangun loyalitas pelanggan dapat membantu bisnis Anda tumbuh lebih cepat dan lebih menguntungkan. Dan, di masa-masa sulit atau menantang hal ini dapat menjadi pembeda antara bertahan atau gulung tikar.

Loyalitas pelanggan penting karena berbagai alasan. Berikut ini adalah beberapa alasan utamanya:

Pelanggan setia biasanya membelanjakan lebih banyak uang dari pelanggan baru. Karena, mereka sudah percaya dengan bisnis, dan produk atau layananan Anda. Pelanggan yang sudah ada cenderung membelanjakan lebih banyak uang dari pada pelanggan baru. Bahkan, jumlah yang mereka belanjakan biasanya meningkat seiring dengan durasi berbisnis dengan Anda.

Pelanggan setia menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Pelanggan yang sudah ada memiliki tingkat konversi rata-rata 60% hingga 70%. Sedangkan pelanggan baru memiliki tingkat konversi 5% hingga 20%. Dengan kata lain, Anda mendapatkan nilai lebih dari pelanggan setia yang mengunjungi situs Anda.

Pelanggan setia meningkatkan keuntungan. Semakin banyak pelanggan setia yang dimiliki, semakin baik keuntungan Anda. Faktanya, hanya dengan peningkatan 5% dalam retensi pelanggan dapat meningkatkan keuntungan bisnis sebesar 25% hingga 95%.

Mempertahankan pelanggan lebih murah daripada merekrut pelanggan baru. Meskipun merekrut pelanggan baru itu penting namun biayanya bisa jadi mahal – sekitar lima kali lebih mahal dari pada mempertahankan pelanggan setia. Mempertahankan pelanggan setia jauh lebih hemat biaya karena mereka menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan biaya yang lebih rendah.

Pelanggan setia berbelanja secara teratur. Karena telah memiliki pengalaman positif  dengan brand Anda, pelanggan tetap cenderung berbelanja lebih sering dari pada pelanggan  baru. Hal ini terutama terjadi pada saat liburan, ketika pelanggan membeli hadiah dan membelanjakan lebih banyak uang daripada biasanya.

Kesetiaan pelanggan membantu membuat rencana ke depan. Ketika memiliki pelanggan yang loyal, Anda dapat membuat keputusan antisipatif yang lebih baik, dan secara efetif merencanakan keuangan dan upaya pemasaran Anda. Loyalitas pelanggan dapat meningkatkan penjualan dan mengurangi biaya pemasaran Anda dibandingkan dengan perekrutan pelangggan. Loyalitas pelanggan juga dapat menopang bisnis di masa ekonomi sulit.

Loyalitas pelanggan menghasilkan penjualan berulang. Perlu waktu untuk menciptakan pelanggan loyal terhadap brand Anda. Tetapi begitu memilikinya, Anda memiliki pelanggan seumur hidup. Untuk melakukannya diperlukan dedikasi dan perhatian untuk memastikan mereka dihargai, dihormati, dan yang terpenting kebutuhan mereka terpenuhi.

Pertimbangkan pengalaman pelanggan secara teratur dan bagaimana cara meningkatkannya untuk mendorong lebih banyak pelanggan kembali ke bisnis Anda. Baimanapun juga, pembelian yang berulang-ulanglah yang membuat sebagian besar bisnis tetap menguntungkan. (Sumber: BusinessNewsDaily)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here