Pasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pacific Paint Kerjasama dengan Xurya

Marketing.co.id – Berita Digital & Technology | Pacific Paint, pionir perusahaan cat di Indonesia, dengan bangga mengumumkan inisiatif terbarunya, yakni program “Pacific Paint for Bright Life”. Langkah terobosan ini menjadi wujud kontribusi nyata perusahaan terhadap penanganan masalah perubahan iklim, sekaligus implementasi prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social and Governance/ESG), yang saat ini menjadi aspek penting dalam membangun masa depan berkelanjutan, terutama di Indonesia.

PACIFIC PAINT
Peresmian Pacific Paint For Bright Life – Kerjasama dengan Xurya

Menuju Net Zero Carbon Emission

Salah satu langkah signifikan yang diambil Pacific Paint untuk mendukung pengurangan emisi karbon adalah melalui kerjasama dengan Xurya dalam pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di atap perusahaan. Xurya, perusahaan energi terbarukan yang mempelopori metode sewa PLTS atap di Indonesia, memasang sistem ini dengan estimasi total energi bersih lebih dari 250 ribu kWh per tahun. Dampak positifnya diperkirakan setara dengan penanaman lebih dari 3.000 pohon dan penekanan emisi karbon sebesar 230 ribu kilogram per tahun.

Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Operasional Pacific Paint, menyatakan, “Kami melakukan terobosan melalui Pacific Paint for Bright Life, menjalankan komitmen dan beragam program untuk meningkatkan efisiensi energi serta mengurangi emisi proses produksi dengan adopsi energi terbarukan. Kerja sama dengan Xurya adalah bentuk komitmen kami untuk berperan aktif dalam transisi energi, mengatasi perubahan iklim, dan melindungi lingkungan.”

Xurya, menggunakan Internet of Things (IoT), mengoperasikan PLTS Atap di Pacific Paint, memberikan pemantauan real-time terhadap kapasitas listrik dan performa PLTS Atap.

Eka Himawan, Managing Director Xurya, menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pacific Paint atas inisiatifnya dalam memanfaatkan energi surya. “Kami bangga dapat mendukung Pacific Paint untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan,” ujarnya. Sebagai penyedia solusi lengkap untuk PLTS Atap, Xurya akan turut mengoperasikan dan memastikan kinerja PLTS Atap tetap maksimal selama masa sewa.

PACIFIC PAINT
PLTS ATAP Pacific Paint oleh Xurya Daya Indonesia

Program Lingkungan Berkelanjutan

Selain pemasangan PLTS Atap, Pacific Paint juga berkomitmen pada program-program lingkungan berkelanjutan, seperti penerapan sistem Manajemen Health, Safety, Environment, & Quality (HSEQ) untuk mendukung efisiensi dan mewujudkan industri hijau. Perusahaan ini mematuhi standar internasional, termasuk ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001, serta telah bersertifikasi sebagai Industri Hijau sejak 2020.

Pacific Paint juga secara disiplin mengelola Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) serta memiliki perizinan lingkungan yang sesuai. Proses pengelolaan limbah B3 melibatkan pemilahan, penyimpanan, pengangkutan, hingga pemanfaatan oleh pihak yang memiliki izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Suryanto menutup, “Pacific Paint akan terus menjalankan program-program lingkungan berkelanjutan untuk mewujudkan Pacific Paint for Bright Life. Kami berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan, sehingga tetap menghadirkan produk cat berkualitas dan pelayanan terbaik bagi konsumen.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.