Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia Digital

11 Panduan Menggunakan Media Sosial untuk Bisnis Anda

Marketing.co.id- Mempromosikan bisnis  di media sosial dapat membantu Anda dalam memperluas merek, memperoleh visibilitas, dan membangun hubungan dengan pelanggan. Tentunya jika dilakukan dengan benar, hal ini dapat menjadi  cara murah untuk pemasaran perusahaan Anda.

Tapi banyak perusahaan yang hanya sekadar ikut-ikutan membuat halaman Facebook hanya karena pesaing melakukannya. Atau, mereka jarang meng-update akun media sosial mereka dan setelah beberapa hari atau minggu mereka menyerah karena tidak ada yang merespon.

Apakah media sosial merupakan alat yang tepat untuk bisnis Anda? Berikut adalah beberapa panduan untuk membantu Anda menggunakan media sosial sebagai alat strategi pemasaran:

1. Memiliki tujuan

Seperti strategi pemasaran lainnya, media sosial harus menjadi alat yang membantu Anda untuk memenuhi tujuan. Anda tidak akan memasang iklan tanpa mengetahui apa yang ingin Anda capai bukan?

2. Jangan menjual

Ingat, media sosial adalah untuk bersosialisasi. Orang-orang menggunakannya untuk berhubungan satu sama lain. Anda tidak harus menjual di media sosial. Ada cara untuk membuat orang berbicara tentang produk Anda, tapi Anda harus hati-hati dalam melangkah atau Anda akan kehilangan audiens.

3. Investasikan waktu dan usaha dalam pemasaran media sosial 

Anda perlu memahami target audiens Anda dan mendekati mereka dengan cara yang terbaik. Anda perlu memahami kepentingan mereka, dan tahu apa yang Anda katakan kepada audiens .

4. Memahami media sosial dan menggunakannya sendiri

Tidak ada cara yang lebih baik selain memahami, berpartisipasi dan menggunakannya secara teratur.

5. Mengikuti perubahan

Situs baru muncul sepanjang waktu. Situs lelang, situs game, berbagi foto dan berbagi musik, mereka semua memperluas fokus mereka dengan menyertakan komunitas. Beberapa komunitas tersebut pasti termasuk pelanggan potensial Anda, bukan?

6. Jika sibuk, cari seseorang yang bisa menggantikan 

Sering kali perusahaan memiliki karyawan yang lebih muda, berpengalaman di media sosial dan bisa, dengan pedoman, yang mewakili perusahan. Ada banyak lembaga yang akan membatu Anda melakukan ini.

7. Memiliki pedoman

Ini berhubungan dengan #1 karena pedoman Anda didorong oleh tujuan Anda. menetapkan pedoman bagi siapa saja yang me-posting menggunakan nama perusahaan tentang apa yang boleh dan tidak boleh mereka lakukan.

8. Memantau terus-menerus

Banyak ahli di luar sana yang menyarankan kita untuk menjadi pendengar yang baik di media sosial. Cari tahu apa yang  dibicarakan pelanggan dan orang lain tentang merek Anda. Setelah Anda aktif di media sosial, pastikan untuk mengatur Google Alerts dan pelacakan lain untuk memantau apa yang akan mereka katakan selanjutnya.

9. Bereaksi tetapi tidak berlebihan

Jika Anda melihat postingan tentang perusahaan dan Anda tidak menyukainya, jangan ragu untuk menjawab. Tapi ingat, jangan terlalu emosional dalam membalasnya. Tenanglah dan tanggapi dengan fakta-fakta dasar dan keinginan untuk memecahan masalah. Dengan begitu  pelanggan akan melihat Anda  memiliki kredibilitas.

10. Menikmatinya

Ini adalah cara baru untuk melibatkan pelanggan dan menarik pelanggan baru. Orang yang berpartisipasi dalam media sosial berasal dari berbagai usia, mulai dari remaja sampai kakek-nenek. Ketika Anda membawa bisnis ke publik, Anda mungkin menemukan penggemar yang mengoceh yang akan memberikan rekomendasi untuk Anda.

11. Alat pemasaran online tidak menggantikan upaya pemasaran Anda yang lain

Banyak merek yang tadinya beriklan di media cetak beralih ke media online. Tapi masih ada peran penting dari semua alat pemasaran lainnya, termasuk  Public Relation (PR), direct mail dan advertising.

Seperti kotak peralatan Anda, setiap alat memiliki tujuan yang berbeda. Tentunya Anda tidak akan menggunakan palu untuk memotong kayu, kan? Pemasaran online (atau inbound) adalah sumber daya besar yang sangat hemat biaya untuk bisnis Anda. Untuk itu, pemasaran online harus menjadi bagian penting dari strategi pemasaran Anda jika tidak ingin gagal.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top