Thursday, September 18, 2025
Home Blog Page 615

Paramount Petals Serah Terimakan Klaster ‘Aster’

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Properti | Paramount Petals, sebuah kota mandiri baru seluas ±400 ha di barat Jakarta melakukan serah terima perdana klaster ‘Aster’ sebanyak ±250 unit rumah kepada konsumen, pada Jumat (4/3/23). Unit-unit rumah tersebut telah terjual habis beberapa waktu lalu, dan saat ini sudah mulai melakukan serah terima secara bertahap kepada konsumen.

“Sesuai dengan komitmen kami sejak awal kepada konsumen diantaranya yaitu handover (serah terima unit rumah) sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan dan menghadirkan kualitas terbaik. Pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh konsumen/pembeli yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses pembangunan unit rumah hingga dapat diserahterimakan dengan baik,” tutur Norman Daulay, Direktur Paramount Land.

Norman mengatakan, sejumlah komitmen dan konsistensi Paramount Petals yang diluncurkan sejak 2021 hingga awal 2023 telah diwujudkan sesuai perencanaan. Sejumlah komitmen yang dilakukan diantaranya, peluncuran 3 klaster (Aster, Canna, dan Gardenia), Marketing Gallery, Convenience Store, Bethsaida Clinic, terbaru peluncuran produk komersial perdana ‘Calico Square’ dan kantor Estate Management yang telah siap memberikan pelayanan bagi konsumen. Di tahun 2023 ini juga Paramount Petals juga akan memulai pembangunan akses pintu tol di area Bitung, sehingga akan memudahkan para penghuni dari dan menuju Paramount Petals.

Baca juga: Minat Beli Apartemen di Jakarta Selatan Meningkat

Lucas Maringka, Senior Vice President Paramount Land yang membawahi divisi Delivery Services, Customer Care dan Estate Management Paramount Land, menjelaskan saat serah terima (handover), konsumen dapat langsung melihat unit properti yang diserahterimakan didampingi oleh tim Delivery Services.

“Selain menerima unit klaster Aster di Paramount Petals, setiap konsumen juga akan mendapatkan handover pack berupa: 1 set kunci utama dan cadangan, peraturan dari Estate Management, nomor-nomor telepon penting, hingga blue print bangunan. Sama halnya di Paramount Gading Serpong, Paramount Estate Management di Paramount Petals juga telah siap memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh konsumen/pembeli dan mengelola hunian dan lingkungan,” tutur Lucas.

Paramount Petals
Serah terima perdana klaster ‘Aster’

Mario Susanto, VP Sales & Marketing Paramount Petals pada kesempatan yang sama menjelaskan,          paramount Petals memberikan banyak keunggulan yang dapat meningkatkan kualitas hidup maupun sebagai bentuk investasi yang menguntungkan di masa depan. Berada di lokasi strategis terhubung dengan tol Jakarta-Tangerang dan berada di tengah-tengah pengembangan kota mandiri lainnya serta dilengkapi infrastruktur modern (direct toll access dan sarana/prasarana kota).

Baca juga: Tingkatkan Penjualan, Perumahan Bumi Rakata Asri Tebar Promo Jelang Ramadhan

“Seperti halnya Paramount Gading Serpong, kami juga akan melengkapi kota mandiri Paramount Petals dengan beragam fasilitas kota, seperti pasar modern, tempat usaha dan komersial, perkantoran, pusat perbelanjaan, hospital, hotel, sekolah, dan lainnya. Selain itu juga akan hadir destinasi kuliner ‘BEZ Walk’ yang akan diramaikan dengan tenant-tenant retail F&B ternama”, tambah Mario.

Bank Mega Lanjutkan Program Undian “Keliling Dunia”, Ada 359 Hadiah Paket Wisata

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Undian Bareng Mega Keliling Dunia
(kiri-kanan). Direktur Consumer Banking Bank Mega, Diza Larentie; Dirut, Kostaman Thayib; Retail Product Management Head, Hersen memegang maskot destinasi wisata pada peluncuran program lanjutan Undian Meriah Bareng Mega 2023 di Menara Bank Mega, Jakarta (3/3). Program Undian “Keliling Dunia Bareng Mega” berlangsung 7 bulan (1 Maret hingga 30 September 2023). Total hadiah 359 terdiri dari 357 Paket tour Asia & Eropa dan 2 pemenang grand prize keliling dunia.

Marketing.co.id – Berita Financial Services | Bank Mega meluncurkan Program Undian Meriah Bareng Mega 2023, pada 3 Maret 2023, yang merupakan kelanjutan dari program sebelumnya. Kali ini, program ini menawarkan kesempatan bagi nasabah perorangan yang memiliki tabungan Mega Dana atau Mega Maxi untuk memenangkan hadiah “Keliling Dunia Bareng Mega”. Program ini berlangsung selama tujuh bulan, mulai dari tanggal 1 Maret hingga 30 September 2023. Peluncuran program yang diadakan di Menara Bank Mega Jakarta dipimpin oleh Direktur Consumer Banking Bank Mega, Diza Larentie dan Retail Product Management Head, Hersen.

Program ini merupakan program yang dirancang untuk memanjakan nasabah yang mendambakan berwisata keliling dunia seiring dengan pulihnya situasi global dari pandemi Covid-19.

“Animo berwisata saat ini menjadi top of mind usai pandemi, karena itulah kami ingin memberikan kejutan yang istimewa dan berbeda dengan program sebelumnya. Kali ini Bank Mega akan mengajak nasabah yang beruntung untuk berwisata dengan destinasi Asia, Eropa hingga keliling dunia bagi pemenang utama/Grand Prize. Kejutan ini semakin menarik karena Bank Mega memberikan kebebasan memilih destinasi wisata yang dituju bagi nasabah beruntung yang mendapatkan hadiah utama,” ujar Direktur Consumer Banking Bank Mega, Diza Larentie.

Diza menambahkan bahwa Program Undian Meriah Bareng Mega 2023 menawarkan hadiah yang sangat menggiurkan, yaitu total 359 paket wisata. Hadiah tersebut terdiri dari 357 paket tour di Asia & Eropa dan 2 hadiah utama untuk pemenang Grand Prize yang mendapatkan kebebasan untuk memilih destinasi sesuai dengan ketentuan undian. Setiap bulan, Bank Mega akan mengundi 50 pemenang paket wisata ke destinasi negara-negara di Asia, dan 1 pemenang paket wisata ke destinasi negara-negara di Eropa. Di akhir program, Bank Mega akan memberikan kejutan hadiah untuk 2 pemenang Grand Prize, yaitu kesempatan untuk keliling dunia bebas memilih destinasi.

Lebih lanjut Diza menambahkan bahwa program ini sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mendorong masyarakat agar membiasakan diri menabung, karena memberikan nilai manfaat yang berguna saat ini dan masa depan.

 

Aksi Yayasan WINGS Peduli, Salurkan Bantuan untuk Korban Kebakaran Depo BBM di Plumpang

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Yayasan WINGS Peduli menunjukkan aksi yang cepat dan responsif pada 4 maret 2023 dengan memberikan bantuan kepada korban kebakaran Depo BBM di Plumpang, Jakarta Utara. Melalui kerja sama dengan TNI dan Polri, Yayasan WINGS Peduli mendistribusikan sejumlah produk penting dan mendirikan tenda makanan instan yang akan didistribusikan di beberapa titik pengungsian. Upaya kolaboratif Yayasan WINGS Peduli bersama pemerintah ini mendapat banyak apresiasi, termasuk dari Erick Thohir, Menteri BUMN, yang juga turut mengunjungi tenda Yayasan WINGS Peduli di salah satu posko pengungsian.

Yayasan WINGS Peduli
Yayasan WINGS Peduli berikan bantuan untuk korban kebakaran Depo BBM di Plumpang melalui kolaborasi dengan berbagai pihak

Kolonel Inf. Frega Ferdinand Wenas Inkiriwang, Komandan Kodim 0502/Jakarta Utara juga turut memberikan apresiasi dan mengatakan, “Terima kasih Yayasan WINGS Peduli yang telah memberikan bantuan, dimana akan kami distribusikan ke beberapa dapur umum yang tersedia. Ini merupakan bencana yang tidak kita harapkan, untuk itu perlu adanya kerjasama dan kolaborasi dari semuanya, mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu proses penanganan.”

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli menuturkan, “Sebelumnya kami turut berduka yang sedalam-dalamnya bagi masyarakat yang terkena dampak dari kejadian ini. Untuk itu kami mengerahkan jaringan distribusi kami untuk mengirimkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat selama mengungsi, agar dapat tersalurkan secara cepat dan tepat sasaran,”

Yayasan WINGS Peduli mengoptimalkan jaringan distribusi terdekat dari titik kejadian untuk mendistribusikan produk bantuan yang terdiri dari pembalut, popok bayi, hingga makanan dan minuman cepat saji. Tidak hanya itu, Yayasan WINGS Peduli juga berinisiatif mendirikan tenda makanan di posko pengungsian RPATRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Rasela, Jakarta Utara yang hingga Sabtu, 4 Januari 2023 telah menampung lebih dari 600 warga.

Upaya kolaboratif untuk meringankan beban korban pengungsi di Plumpang ini merupakan salah satu upaya Yayasan WINGS Peduli untuk mendukung pemulihan bencana yang terjadi. Hal ini sejalan dengan filosofi WINGS Group bahwa the good things in life should be accessible for all.

Inter Patent Office Raih Penghargaan Internasional Bidang Kekayaan Intelektual

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Berkat kapabilitas dan prestasinya, Inter Patent Office diganjar berbagai penghargaan internasional di bidang Kekayaan Intelektual.

Marketing.co.id – Berita Marketing | Saat ini semakin banyak masyarakat sadar untuk mendapatkan perlindungan terhadap Karya Cipta atau  Kekayaan Intelektualnya. Seiring dengan semakin meningkatnya literasi masyarakat terhadap pentingnya perlindungan hukum terhadap produk Kekayaan Intelektual.

Meningkatnya literasi masyarakat itu pula yang menyebabkan bermunculan firma hukum untuk membantu mengurus perlindungan Kekayaan Intelektual tersebut ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM. Namun, perlu diingat tidak semua firma hukum memiliki kapabilitas dan kapasitas yang baik.

Bukannya terlindungi, Anda justru malah dipusingkan syarat yang rumit hingga biaya yang tak murah. Nah, untuk itu perlu kiranya Anda memilih firma hukum yang tersertifikasi secara baik dan diakui secara nasional dan internasional.

Salah satu firma hukum yang memiliki standarisasi global adalah Inter Patent Office. Berkat kapabilitas dan prestasinya, tahun ini Inter Patent Office diganjar berbagai penghargaan internasional di bidang Kekayaan Intelektual, antara lain masuk dalam peringkat pada The Legal 500 Asia Pacific, Chambers Asia Pacific, Asialaw Profiles, IP Stars pada Managing Intellectual Property dan World Trademark Review.

“Tentu capaian ini berkat kerja keras tim, seperti diketahui kami memiliki klien baik dari dalam maupun luar negeri. Artinya, standar kerja yang baik harus terus dipertahankan,” ujar Founder Inter Patent Office Hendra Widjaya.

Inter Patent Office selama ini membantu banyak perusahaan global dan multinasional dalam mendapatkan perlindungan Kekayaan Intelektual. Beberapa contoh dari klien multinasional termasuk di antaranya adalah Pertamina, Dexa Medica, CT Corp Group, Orang Tua Group, ByOrange Group, Akulaku Group, BBraun Medical Indonesia dan banyak lainnya. “Kami juga membantu klien asal Indonesia untuk melakukan pendaftaran merek internasional ataupun perlindungan terhadap Kekayaan Intelektualnya di luar negeri,” ungkapnya.

Sedangkan untuk klien internasional, beberapa contohnya adalah karakter Doraemon untuk yurisdiksi di Asia Pasifik, AXA, Detmold Packaging, San Remo dan lain-lain.  Firma hukum yang berkantor di Jakarta Selatan ini pun tidak hanya mumpuni dalam membidangi urusan Kekayaan Intelektual. Pasalnya, hampir seluruh urusan legal dan kenotariatan bisa dilakukan pihaknya menjadikannya firma hukum yang lengkap dan terpercaya.

Tingkatkan Penjualan, Perumahan Bumi Rakata Asri Tebar Promo Jelang Ramadhan

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Properti | Hampir semua bisnis memanfaatkan musim, baik Natal, Lebaran, Imlek, Valentine dan hari besar lainnya untuk meningkatkan penjualan. Pengembang Perumahan Bumi Rakata Asri adalah salah satunya.

Seasonal marketing merupakan peak time dalam aktivitas marketing yang menyimpan potensi cukup besar untuk meraup peningkatan penjualan. Kala itu, demand konsumen meningkat secara signifikan. Potensi inilah yang coba dimanfaatkan pengembang perumahan Bumi Rakata Asri.

Memasuki bulan Ramadhan, pengembang perumahan Bumi Rakata Asri mengeluarkan berbagai promo seperti bebas biaya uang muka atau DP 0%, bebas biaya-biaya dan surat-surat lainnya hingga gratis voucher lamaran atau wedding dan staycation di Hotel The Royale Krakatau. Promo ini untuk menarik minat konsumen yang terus meningkat, khususnya di Kota Cilegon.

Real Estate Manager Wisnu Sasongko mengatakan bahwa PT Krakatau Sarana Properti selaku pengembang perumahan Bumi Rakata Asri meluncurkan rumah baru di klaster Prime Grand Rakata Residence, yaitu tipe Luxury Living. Dengan luas bangunan 77 meter persegi dan luas tanah 112 meter persegi, rumah dua lantai ini memiliki desain kekinian yang sangat memerhatikan keinginan dan kebutuhan konsumen.

“Desain rumah ini berdasarkan survei, Analisa pasar dan benchmark. Hal ini diharapkan produk yang kami luncurkan dapat diterima konsumen laris manis dipasaran,” katanya. “Apalagi, untuk tipe baru tersebut. Kami akan memberikan penawaran harga perdana saat peluncuran nanti.”

Konsumen yang tertarik dengan rumah tipe Luxury Living tersebut bisa melakukan booking atau NUP (Nomor Urut Pemesaran) sebesar Rp1 juta. Rumah tersebut ditawarkan seharga Rp900 juta hardcash, Rp1 miliar softcash, atau Rp1,1 miliar dengan metode pembayaran KPR.

Rumah Favorit type Tulip dan Orchid yang menjadi impian konsumen untuk memiliki hunian diperumahan Bumi Rakata Asri

Marketing Manager Perumahan Bumi Rakata Asri Susaedi menambahkan, setiap tahun khususnya pada perayaan-perayaan tertentu seperti bulan Ramadhan, pihak developer akan selalu menggelar promo-promo yang menarik.

“Kami ingin memanfaatkan momentum ini untuk memberikan kemudahan membeli rumah dengan keringanan yang bisa membantu konsumen. Selain dibebaskan uang muka (DP 0%), kami juga memberikan promo gratis biaya KPR, SHM dan berbagai kemudahan lainnya,” ujarnya.

Selain itu, konsumen yang membeli pada bulan Ramadhan juga akan mendapatkan potongan booking fee sebesar 50%, hadiah langsung berupa voucher gratis untuk paket lamaran, wedding atau staycaton di hotel The Royale Krakatau.

Cluster Grand Rakata Residence menawarkan tipe Orchid LB.36 LT.72M2 harga Rp500 jutaan, tipe Tulip LB.45M2 LT.84M2 harga Rp600 jutaan, tipe Diamond Pride LB.67M2 LT.90M2 harga Rp700 jutaan, tipe Luxury Living LB.77M2 LT.112M2 harga Rp1.1 miliar, dan tipe Executive Touch LB.90M2 LT. 144M2 harga Rp1.3 miliar. Sedangkan untuk Ruko Rakata Run dengan Luas Bangunan 75M2 dan Luas Tanah 45M2 dibanderol Rp700 jutaan.

Dalam kesempatan ini, Direktur Utama PT Krakatau Sarana Properti Ridi Djajakusuma menyampaikan, tahun ini akan melakukan pengembangan dengan membuka lahan untuk perumahan baru dengan lokasi yang strategis yaitu selangkah dari kawasan Industri. Pertumbuhan atau ekspansi ini menandakan bahwa konsumen semakin mempercayakan kebutuhan propertinya ke PT Krakatau Sarana Properti sebagai pengembang perumahan Bumi Rakata Asri.

Selama bulan Ramadhan nanti setiap akhir pekan pengembang akan mengundang konsumen atau para “hunting property” untuk berbuka puasa bersama di Antartica Café & pool yang berada di dalam kawasan perumahan sambil ngabuburit melihat-lihat real unit  dan berbincang tentang properti.  Kolam renang yang berada di tengah kawasan perumahan menjadi fasilitas yang sangat diminati penghuni perumahan Bumi Rakata Asri.

Rentokil Indonesia: Bangun Brand Image Melalui Layanan Prima

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Rentokil Indonesia berhasil menguasai pasar pengendali hama dengan strategi pelayanan prima

Marketing.co.id – Award Achievers | Industri pengendali hama memiliki peluang pasar yang menjanjikan di Indonesia. hal ini terlihat dari pasarnya yang terus menunjukkan tren positif dari tahun ke tahun. Perkembangan pasar ini didasari oleh semakin baiknya pengetahuan masyarakat akan pentingnya mengendalikan hama secara profesional.

“Masyarakat memahami bahwa hama yang tak dikendalikan dengan bisa mengakibatkan kerugian finansial, turunnya reputasi, hilangnya kepercayaan konsumen sampai hilangnya nyawa karena penyakit yang dibawa atau ditularkan oleh hama,” ujar Marketing Director Rentokil Initial Indonesia Denny Trismulyanto.

Tren pasar yang terus berkembang membuat persaingan bisnis pengendalian hama di Indonesia kian sengit. Jumlah perusahaan pengendali hama yang terdaftar di Asosiasi Perusahaan Pengendali Hama Indonesia mencapai ratusan. Namun, kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan untuk menjangkau secara nasional. Di sinilah keunggulan Rentokil yang memiliki jangkauan yang luas dengan 34 cabang yang tersebar dari Aceh hingga Papua.

Selain itu, Rentokil juga menjalankan strategi layanan prima untuk memberi pelayanan terbaik bagi pelanggannya di seluruh Indonesia. Melalui strategi tersebut, Rentokil ingin tampil sebagai ahlinya pengendali hama secara profesional, dapat memberikan rekomendasi kepada konsumen dengan teknisi atau petugas lapangan yang sudah terlatih dengan baik.

Menurut Denny, kendala utama yang dihadapi dalam bisnis pengendali hama adalah minimnya edukasi tentang dampak hama pada kesehatan, bisnis dan finansial sehingga awareness masyarakat tentang hal ini masih cukup rendah dibandingkan negara lain. Oleh karena itu, edukasi terus dilakukan Rentokil Indonesia melalui berbagai kanal komunikasi seperti regular newsletter atau electronic direct mail, media sosial, blog dan website content, seminar, dan workshop.

Dari upayanya tersebut Rentokil sukses meraih Top Brand Award 2023 kategori Pest Control. Rentokil berada di urutan pertama Top Brand Index 2023  mencapai 47,9%. Angka tersebut jauh meninggalkan para pesaingnya yang berada di urutan kedua (20,0%) dan ketiga (13,0%).

“Kekuatan kita ada di pelayanan. Walau bagaimana pun kita adalah service company. Kepuasan pelanggan merupakan prioritas utama. Caranya dengan menempati janji, meningkatkan respon, dan juga memerhatikan hal-hal kecil seperti selalu meng-update pengetahuan teknisi,” ungkapnya.

Denny mengatakan, penghargaan Top Brand sangat penting bagi Rentokil. “Top Brand ini sangat penting. Tadinya kami tak ingin ambil, tapi kawan-kawan di lapangan merekomendasikan kami untuk mengambilnya karena cukup dilihat konsumen, terutama di segmen B2C,” ujarnya.

Rentokil sendiri memiliki 2 segmen pasar, yakni B2B dan B2C. Menurut Denny saat ini masyarakat mulai sadar keberadaan hama. Dan, mereka yang biasanya melakukan sendiri sekarang mulai menyadari keberadaan Rentokil.

“Terkadang, mereka juga tidak tahu kalau Rentokil Indonesia ini juga bisa untuk perumahan.  Mereka tahunya Rentokil ya untuk pabrik, perkantoran, mal, hotel dan lainnya. Makanya sekarang kita mulai gencar beriklan di perumahan,” lanjut Denny.

Lebih lanjut Denny mengatakan bahwa tahun ini Rentokil akan Kembali fokus ke core bisnisnya. Karena, saat pandemi bisnis Rentokil lebih banyak dibantu dari disinfektan. Sekarang sudah mulai berkurang dan bisnis sudah mulai kembali beraktivitas normal. “Konsumen kita kebanyakan dari B2B, dan sekarang mulai kembali menggeliat. Ke depan kami akan fokus ke bisnis awal yaitu memberantas hama-hama umum seperti kecoa, tikus, dan lainnya,” pungkas Denny.

Kenali Gejala Penyakit Ginjal dan Cara Pencegahan

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Lifestyle | Penyakit ginjal merupakan masalah global. Diperkirakan 10% dari total penduduk dunia memiliki penyakit ginjal. Tentu hal ini banyak merugikan semua pihak sehingga perlu dilakukan edukasi untuk melakukan pencegahannya.Demikian disampaikan dr Budianto Sigalingging SpPD-Finasim, belum lama ini.

“Ini berarti jika penduduk Indonesia kita bulatkan menjadi 300 juta terdapat 30 juta orang yang punya penyakit ginjal,” ujar dokter penyakit dalam lulusan dari Universitas Sumatra Utara itu yang telah mengambil fellowship hemodialisis.

Menurut dr Budianto, penyakit ginjal dapat memengaruhi kualitas hidup pasien, keluarga, dan membebani negara. Sekadar informasi, biaya sekali cuci darah dapat mencapai Rp1,1 juta per orang dan biasanya seminggu pasien mesti melakukan hal itu 2-3 kali seminggu. Hal ini memang ditanggung BPJS Kesehatan tetapi besaran iuran per orang sejatinya tidak menutupi biayanya.

Baca juga: Pakar Hukum: Kehadiran Saksi Ahli BPOM Bantu Bareskrim Percepat Ungkap Kasus Gagal Ginjal Akut

Beberapa penyebab utama penyakit ginjal yaitu hipertensi dan diabetes. “Ini merupakan kelemahan kita dalam kesadaran untuk mengukur tekanan darah. Padahal sekarang mudah untuk masyarakat melakukan kontrol tekanan darah yang dapat dilakukan di Puskesmas atau klinik terdekat,” papar dokter tetap di RS St Elisabeth, Medan, tersebut.

dr Budianto Sigalingging SpPD-Finasim
dr Budianto Sigalingging SpPD-Finasim

Selain itu, penting juga bagi kita untuk menjaga kadar garam dan gula dalam makanan minuman. Karenanya, ia mendukung rencana pemerintah untuk membuat aturan lebih ketat dalam kandungan gula di produk olahan akibat berita banyak anak yang kini menderita diabetes. Dia menegaskan, negara seperti Singapura dan Hong Kong memiliki regulasi yang lebih ketat terkait kadar gula dan garam dalam makanan olahan

“Untuk melakukan pencegahan penyakit gagal ginjal dapat dilakukan sejumlah upaya yaitu minum air putih cukup, pengukuran tekanan darah, mengurangi asupan garam, olahraga seimbang, dan check up reguler,” papar suami dari dr Joice Sonya, Spesialis Kulit dan Kelamin.

Baca juga: Ajinomoto Beri Edukasi Pencegahan Obesitas dalam Kampanye “Bijak Garam”

Adapun beberapa hal yang dapat memicu penyakit ginjal yang perlu diwaspadai antara lain merokok dan konsumsi obat sembarangan. Terkait konsumsi obat sembarangan, ia mencontohkan kasus gagal ginjal akut pada anak beberapa waktu lalu.

Ada beberapa gejala penyakit ginjal yaitu gangguan berkemih dengan berkurangnya volume urin, kencing berdarah, sesak napas, kaki bengkak, mual muntah, dan tidak selera makan. dr Budianto yang pernah mengambil fellowship di RS Khusus Ginjal Ny RA Habibie dan The Harvard Medical School terkait nephrology serta beberapa lagi di negara lain mengingatkan kembali pentingnya masyarakat untuk memeriksakan tekanan darah, kadar gula, urine yang sekarang dapat dilakukan di Puskesmas atau fasilitas layanan kesehatan terdekat lainnya.

Jurus OSK Green Tea Menguasai Pasar Teh Hijau Indonesia

[Reading Time Estimation: 3 minutes]

osk green tea top brand award 2023

Menempati urutan pertama Top Brand Index, OSK Green Tea berhasil meraih Top Brand Award 2023.

Marketing.co.id – Award Achievers | Teh merupakan salah satu minuman yang sangat digemari di dunia, termasuk di Indonesia. Ada banyak sekali jenis teh di luar sana seperti teh Oolong, teh bunga Passiflora, teh Peppermint, teh Jahe, teh Hijau, teh Valerian, teh Hitam, teh  Licorice, teh Ginkgo, dan teh Nettle.

Khusus teh hijau atau green tea saat ini kian digemari. Pamor green tea meningkat seiring banyaknya minuman dan makanan kekininan berbahan dasar teh hijau hingga campurannya. Di Jepang dan China, teh hijau biasa digunakan sebagai pengobatan. Manfaat teh hijau ternyata baik untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan hingga dipercaya meningkatkan kecantikan.

Teh hijau memiliki beberapa nutrisi seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan antioksidan antiradang, dan anti bakteri yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satu pemain teh hijau di Indonesia adalah OSK Green Tea, teh hijau asli Jepang.

Operation Director PT Kifa Citra Sejati (OSK Green Tea) Dendy Soerjono mengatakan, sejak masuk pertama kali ke pasar Indonesia 8 tahun lalu pasarnya kini terus berkembang. Saat ini green tea semakin popular jauh dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Saya perhatikan banyak sekali produk-produk di luar makanan dan minuman seperti sabun, odol dan lainnya yang mulai menggunakan bahan green tea,” ujarnya.

Menurut Dendy, pasar green tea di Indonesia cukup bagus. Hal itu terlihat dari pertumbuhan bisnis OSK Green Tea yang tumbuh 10-15% per tahunnya. Keberhasilan OSK Green Tea menggarap pasar green tea Indonesia tentu saja menggoda pemain lain untuk ambil bagian. Dendy pun mengakui saat ini semakin banyak pemain baru yang bermunculan.

“Ada beberapa brand impor juga dari Jepang yang mulai masuk. Tapi, saya rasa kami masih yang terbaik. Kualitas kami adalah yang terbaik. OSK Green Tea telah banyak memenangkan penghargaan sebagai green tea terbaik di level dunia. Brand ini juga merupakan salah satu produk paling laris di Singapura,” ungkapnya kepada Marketing.co.id.

Popularitas OSK Green Tea terutama di Indonesia memang tak diragukan lagi. Hal itu dibuktikan dengan diraihnya TOP Brand Award 2023, kategori Teh Hijau Jepang (OCHA). OSK Green Tea berada di urutan pertama dengan Top Brand Index 2023 mencapai 30,5%. Angka tersebut jauh meninggalkan para pesaingnya yang berada di urutan kedua (18.0%) dan ketiga (11.7).

“OSK Green Tea banyak melakukan promosi di segala ini, mulai dari digital, ATL hingga BTL,” ungkap Dendy.

“Penghargaan ini penting sekali bagi kami untuk lebih meningkatkan kepercayaan konsumen. Karena, ketika konsumen membeli, mereka membutuhkan semacam konfirmasi. Kalau ada Top Brand terkonfirmasilah kualitas produk kita. Kualitas produk ini bukan hanya kita saja yang mengakui tetapi masyarakat umum pun memilih produk ini,” ujarnya.

Sadar akan besarnya potensi pasar dan ketatnya persaingan, Dendy lebih lanjut mengatakan bahwa saat ini OSK Green Tea tengah gencar memperluas pasar terutama ke Bali dan Sulawesi. “Saat ini kita mulai penetrasi pasar lebih gencar. Pasar terkuat kita ada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Medan. Sekarang pasarnya mau kita kembangkan ke Bali dan Makassar,” ungkapnya.

Untuk mempertahankan TOP Brand Award, Dendy mengatakan OSK Green Tea akan terus melakukan upaya pemasaran agar semakin dikenal luas masyarakat dan menjadi top of mind konsumen. “Tahun ini kami menargetkan pertumbuhan 30%. Karena banyak café dan hotel yang mulai kembali buka, kami optimis target tersebut akan tercapai. Apalagi, setelah meraih Top Brand Award,” pungkas Dendy percaya diri.

Telkomsel Integrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence

[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Digital Techno |Telkomsel dan Microsoft menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dalam mengintegrasikan Microsoft Azure Artificial Intelligence (AI) ke dalam platform marketing Telkomsel untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan. Integrasi tersebut dibahas lebih lanjut di Barcelona pada Mobile World Congress 2023 dan menandai keberlanjutan peta jalan transformasi digital Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia dengan terus berinovasi serta mengimplementasikan teknologi terkini yang akan mengakselerasi industri dan bangsa.

Direktur Marketing Telkomsel, Derrick Heng mengatakan, teknologi AI saat ini telah berkembang pesat karena mampu mengubah cara bisnis beroperasi di berbagai industri. Dengan kolaborasi bersama Microsoft, Telkomsel ingin meningkatkan customer engagement dan kepuasan pelanggan melalui integrasi platform marketing Telkomsel dengan Microsoft Azure AI untuk dapat menganalisis data insight, sehingga dapat menghadirkan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan Microsoft untuk mengeksplorasi peluang-peluang baru dalam meningkatkan platform marketing Telkomsel. Melalui kolaborasi ini, kami dapat memberikan pengalaman yang lebih personal, efisien, dan terbaik bagi pelanggan dalam menikmati berbagai aktivitas gaya hidup digitalnya,” tutur Derrick.

Baca juga: Yang Harus Dihindari Sebelum Menerapkan Artificial Intelligence Pada Bisnis

Melalui integrasi ini, Telkomsel akan berkolaborasi dengan Microsoft untuk bersama-sama menentukan proses end-to-end dalam meningkatkan dan mengembangkan platform marketing Telkomsel dengan menggabungkan Neural Language Processing yang dapat menganalisis data serta menghasilkan insight yang membantu mengoptimalkan strategi bisnis secara efektif.

Telkomsel dan Microsof
Komisaris Telkomsel Yose Rizal (tiga kiri) bersama Direktur Planning & Transformation Telkomsel Wong Soon Nam (dua kiri), Direktur Marketing Telkomsel Derrick Heng (dua kanan), dan Senior Director Business Strategy Media & Communications Microsoft Montgomery Hong (tengah) membahas lebih lanjut kolaborasi strategis antara Telkomsel dengan Microsoft dalam menghadirkan solusi layanan terbaik bagi pelanggan di sela perhelatan Mobile World Congress 2023 di Barcelona, Spanyol.

Telkomsel akan menggunakan algoritma machine learning Azure AI untuk menganalisis data insight, neural language processing untuk bisa memahami interaksi dan sentimen pelanggan lebih baik, dan analitik prediktif untuk mengantisipasi perilaku di masa depan. Teknologi ini akan memungkinkan Telkomsel untuk menciptakan produk maupun layanan yang lebih personal sesuai dengan kebutuhan dan preferensi unik setiap pelanggan.

Baca juga: Digitalisasi Sektor Pertambangan, MineHarmony Masuki Tahap Penggunaan Komersial Skala Besar

“Telkomsel berkomitmen untuk menerapkan teknologi terkini dalam menghadirkan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Telkomsel akan terus melakukan eksplorasi, uji coba, dan pengembangan inovasi teknologi terkini untuk menghadirkan layanan digital serta pengalaman terbaik melalui solusi layanan yang lebih komprehensif dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” pungkas Derrick.

Pos Indonesia dan Ditjen Pajak Kejar Target Penjualan Meterai 2023

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing|PT Pos Indonesia (Persero) selaku distributor resmi penjualan meterai tempel, menjalin kerja sama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan untuk menggenjot penjualan meterai tahun 2023.

Untuk menyamakan persepsi, visi, dan memperkuat kerja sama kedua pihak, diselenggarakan Rakornas Pengelolaan dan Penjualan Meterai Tempel Tahun 2023 di Kuta, Bali, pada 1-3 Maret 2023.

Pada rakornas tersebut dicapai kesepakatan bersama untuk meningkatkan kinerja penjualan meterai dengan strategi yang disepakati. “Alhamdulillah tahun lalu kami telah memenuhi taget hingga 101,01 persen. Tahun ini target kami 5,36 triliun. Bersama PT Pos Indonesia, kami berkolaborasi mensukseskan untuk tiingkatkan kinerja dan mencapai target masing-masing. Kolaborasi ini menjadi bagian dari strategi kami,” kata Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Direktorat Jenderal Pajak, Ihsan Priyawibawa.

Tak hanya meterai tempel, sosialisasi penggunaan meterai elektronik (e-meterai) pun akan terus dilakukan agar masyarakat mau beralih memakai e-meterai. “Literasi digital masyarakat Indonesia belum sebaik yang kita pikirkan. Kami terus melakukan sosialisasi dan edukasi melalui perusahaan yang selama ini banyak menggunakan meterai. Perusahaan yang selama ini menggunakan meterai tempel, kita coba beritahukan bahwa sekarang bisa menggunakan e-meterai. Misalnya, lembaga keuangan,” kata Kasubdit Penyuluhan Pajak Direktorat P2Humas Direktorat Jenderal Pajak, Inge Diana Rismawanti.

Baca juga: Onno Widodo Purbo: Pos Indonesia Berpotensi untuk Sukses di Industri Jasa Keuangan

Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero), Haris, yang membuka secara resmi Rakornas tersebut menyatakan komitmen Pos untuk mensukseskan kolaborasi dengan Direktorat Jenderal Pajak terkait pengelollan dan penjualan meterai tempel.

“Kami berkomitmen menjaga kerja sama ini. Kami menganggap meterai ini menjadi bisnis andalan di bidang Bisnis Jasa Keuangan. Oleh karena itu kami senantiasa memperbaiki diri, melakukan inovasi pengelolaan meterai PT Pos Indonesia. Kami berniat menjual meterai tidak melalui perantara, supaya kita ikut mendorong penjualan e-meterai,” kata Haris.

Diharapkan, melalui Rakornas tersebut menjadi salah satu langkah untuk menyiapkan strategi dan memecahkan masalah dalam meningkatkan penjualan meterai. “Dengan rakornas ini diharapkan teman-teman bisa saling berdiskusi. Kalau pun ada masalah bisa ditemukan solusinya. Yang paling penting bagaimana kita menyamakan program kita. Mari kita dorong agar target penjualan yang sudah ditetapkan pada 2023 bisa direalisasikan. Kita harus mewujudkan langkah konkret di lapangan untuk mencapai target tersebut,” kata Haris.

Baca juga: Peruri Tunjuk Pajakku Sebagai Distributor Resmi e-Meterai

Pos Indonesia - Dirjen Pajak
Berfoto bersama di sela-sela Rakornas Pengelolaan dan Penjualan Meterai Tempel Tahun 2023 di Kuta, Bali, pada 1-3 Maret 2023

Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero), Siti Choiriana, menambahkan dengan dukungan jaringan, infrastuktur, hingga SDM yang dimiliki PT Pos maka kerja sama ini diyakini akan berjalan sukses.

“Tahun 2023, PT Pos Indonesia berusia 277 tahun. Kami setara dengan pos yang ada di dunia, kami terhubung dengan 223 jaringan di dunia yang tergabung dalam Universal Postal Union. Kami juga meningkatkan layanan tidak hanya mengirim surat, namun juga pengiriman paket dan parsel,” kata Siti Choiriana yang akrab disapa Ana.

Kopi Nusantara dan Cokelat Banyuwangi di Bekasi Coffee Week 2023

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]
Bekasi Coffee Week 2023
Bekasi Coffee Week 2023

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Para pecinta kopi disambut dengan kehangatan di Bekasi Coffee Week (BCW) yang kembali hadir untuk yang ketiga kalinya dengan berbagai kegiatan menarik. Acara ini berlangsung di The Oval dari tanggal 2 hingga 5 Maret 2023. Selain menikmati berbagai jenis kopi nusantara yang kaya akan cita rasa, para pengunjung juga dimanjakan dengan kehadiran “Chocolate Fair” yang menampilkan berbagai menu olahan khas dari daerah Banyuwangi di area The Downtown Walk. Acara selama 4 hari ini akan menampilkan serangkaian kegiatan seperti Education, Competition, Exhibition, Workshop, Talkshow, dan Artist Performance yang menarik perhatian pengunjung.

Ugi Cahyono selaku Center Director Summarecon Mall Bekasi mengatakan “Hadirnya Bekasi Coffee Week membawa misi untuk memperkenalkan keberagaman kopi di Indonesia kepada para pengunjung melalui kehadiran berbagai UMKM hingga ragam workshop dan talkshow dari pelaku industri kopi tanah air. Tak hanya kopi, di BCW kali ini para pengunjung dapat menikmati sajian cokelat khas yang langsung di datangkan dari Kota Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Kami berharap festival Bekasi Coffee Week ini mampu menjadi ruang bagi para pelaku UMKM semakin tumbuh dan berkembang sehingga kecintaan masyarakat akan produk lokal khususnya kopi dan cokelat akan semakin tinggi.”

Pameran Hingga Edukasi Tentang Kopi & Cokelat

Area The Oval menyambut pengunjung dengan aroma kopi yang semerbak dan dekorasi modern natural yang didominasi oleh warna earth tone. Di acara ini, tersedia puluhan jenis kopi khas Nusantara seperti Aceh Gayo, Bali Kintamani, Toraja, dan Lampung yang tersebar di 22 booth. Beberapa di antaranya adalah Harapan Djaya, Temu Kamu, Padusi Coffee, DRiPP flavour, Semeru, dan banyak lagi.

Selain menampilkan produk unggulan dari UMKM, pengunjung juga dapat mengikuti beragam workshop bersama Indonesia Coffee Academy untuk mempelajari lebih dalam tentang Latte Art dan Manual Brew di area The Oval. Acara ini juga menyediakan kompetisi antar barista seperti Roasting (2 Maret), Latte Art (3 Maret), dan Manual Brew (4 Maret) dengan total hadiah hingga puluhan juta rupiah.

Sementara itu, di area The Downtown Walk, hadir festival cokelat yang menawarkan wisata kuliner dengan berbagai menu olahan cokelat dari Doesoen Kakao Banyuwangi. Kualitas cokelat yang dihasilkan dari perkebunan di Kecamatan Glenmore ini telah dikenal di berbagai negara Eropa. Selama pameran berlangsung, para pengunjung dapat mempelajari budidaya kakao dari pembibitan, panen, penjemuran, hingga pengolahan biji kakao menjadi produk cokelat siap saji.

Talkshow & Entertainment

Bekasi Coffee Week tahun ini semakin meriah melalui kehadiran beragam bintang tamu yang kehadirannya telah memperkaya industri kopi tanah air. Mikael Jasin (Co-Founder & CEO Catur Coffee Company, Head of Coffee Kopi Kenangan) berbincang asik mengenai kopi bersama para pengunjung pada 4 Maret 2023, pukul 19.00 WIB.

Selain itu, Muhammad Aga (Indonesia Barista Champion 2018) dan Zikri Mubarak (Proffesional Barista) hadir untuk membahas tren kopi di masa kini pada 5 Maret 2023, pukul 16.00 WIB.

Acara ini semakin meriah lagi dengan hadirnya hiburan musik oleh Sal Priadi pada 3 Maret, pukul 19.00 WIB di panggung utama The Downtown Walk.

McDonald’s Bagikan Paket Sarapan Nasi Uduk McD kepada 2.000 Petugas Kebersihan 

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.idBerita Consumer Goods | McDonald’s Indonesia membagikan salah satu menu breakfast inspirasi Nusantara, yaitu Nasi Uduk McD, secara gratis dengan disertai pembelian Hot Coffee dalam momen National Breakfast Day (NBD).

McDonald’s Indonesia

Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia menjelaskan, National Breakfast Day selalu mendapat sambutan positif masyarakat dari tahun ke tahun, dan hal ini membuat McDonald’s Indonesia sangat antusias untuk kembali menggelar kegiatan ini. Setelah 2 tahun program NBD hanya dilakukan melalui Drive Thru, kini McDonald’s kembali mengundang masyarakat untuk datang ke McDonald’s untuk mengikuti program NBD ini.

“Di tahun ini, kami memilih untuk memberikan salah satu menu khas Indonesia yang sudah sangat familiar yaitu Nasi Uduk McD secara gratis dengan disertai pembelian Hot Coffee. Terlebih, kopi di McDonald’s ini asli dan simpel karena terbuat dari 100% biji kopi Arabica pilihan yang sudah bersertifikasi Rainforest Alliance,” ujar Caroline.

Selain itu, dia menambahkan, ini juga bertujuan ingin kembali mengingatkan ke masyarakat bahwa di McDonald’s, selain Egg McMuffin dan Chicken Muffin, juga ada menu sarapan lokal, seperti Nasi Uduk dan Bubur Ayam.

National Breakfast Day ke-11 dilaksanakan serentak di 271 gerai McDonald’s Indonesia pada 6 Maret 2023 dari pukul 06.00 hingga 11.00 waktu setempat dengan membagikan Nasi Uduk McD secara gratis ke setiap konsumen yang melakukan pembelian Hot Coffee seharga Rp10.909,- (belum termasuk pajak).

McDonald’s Indonesia juga memberikan kupon istimewa bagi setiap konsumen yang mengikuti program NBD di restoran, yaitu kupon Buy One Get One Nasi Uduk McD yang dapat ditukar pada tanggal 7-13 Maret 2023 di seluruh McDonald’s Indonesia.

Khusus McDelivery juga kali ini terdapat penawaran khusus berupa 2 Hot Coffee dan 2 Nasi Uduk McD hanya seharga Rp24.000,- (harga termasuk pajak, belum termasuk biaya antar dan Take Away). 

“Konsumen berkesempatan untuk mendapatkan bantal eksklusif NBD ke-11. Bagi 10 konsumen pertama yang mengikuti kegiatan NBD melalui pemesanan di dalam restoran dan menggunakan baju berwarna dominan kuning akan mendapatkan bantal eksklusif,” imbuh dia.

Kemudian, bagi 5 konsumen Drive Thru pertama yang mengikuti kegiatan NBD menggunakan kendaraan dengan plat nomor yang terdapat angka “11” juga akan mendapatkan bantal tersebut.

Tak hanya untuk konsumen, McDonald’s juga terus menjalankan misi Good Neighborhood yang selalu menyertai NBD. Sebagai bentuk apresiasi dan rasa terima kasih kepada para petugas kebersihan yang sudah bekerja sejak dini hari dan selalu sigap menjaga lingkungan agar tetap bersih, McDonald’s membagikan paket sarapan berupa Nasi Uduk McD kepada 2.000 petugas kebersihan di 50 daerah di seluruh Indonesia. 

Xi Bo Ba Luncurkan Xi Bo Bikes dan Varian Menu Baru

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Jemput Bola, Xi Bo Ba Luncurkan Xi Bo BikesBersama Influencer Willie Salim, Xi Bo Bikes by Xi Bo Ba meluncurkan berbagai varian teh dan kopi baru

Marketing.co.id- Berita Marketing | Xi Bo Ba, brand minuman yang terkenal dengan boba drink dan ice cream-nya, hari ini mengumumkan peluncuran berbagai varian teh dan kopi baru.

Produk baru ini akan tersedia di seluruh Xi Bo Bikes terdekat untuk memenuhi kebutuhan para pelanggan setia Xi Bo Ba.

Xi Bo Bikes by Xi Bo Ba sendiri merupakan brand terbaru milik PT Mitra Boga Ventura (MBV Group). Xi Bo Bikes merupakan konsep bisnis inovatif baru dimana para mitra bisnis dapat membuka gerai minuman hanya dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sekaligus mendekatkan diri dengan pelanggan.

“Xi Bo Bikes menawarkan pengalaman baru dan unik dengan konsep berjualan menggunakan sepeda listrik sehingga pelanggan dapat lebih dekat dengan produk-produk Xi Bo Bikes dan Xi menyediakan produk yang berkualitas dan memastikan kepuasan pelanggan dengan cara jemput bola,” ucap CEO MBV Group, Marvy Jonathan.

Dalam rangka memperkenalkan produk baru ini, Xi Bo Bikes by Xi Bo Ba akan menawarkan berbagai macam varian teh dan kopi yang unik dan berkualitas yang hanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp5000 saja. Produk baru ini akan menjadi tambahan menu Xi Bo Ba yang sudah populer dengan berbagai macam boba drink dan ice cream.

Beberapa varian teh yang tersedia meliputi Sweet Iced Tea, Lychee Iced Tea, Macchiato Iced Tea, dan Coffee Iced Tea. Sementara itu, para pecinta kopi dapat menikmati berbagai macam kopi, Hot/lced Americano, Iced Coffee Latte, Hot/lced Brown Sugar Coffee Latte.

Tldak hanya itu, pelanggan setia Xi Bo Ba tetap bisa bertemu dengan varian boba di Xi Bo Bikes seperti, Brown Sugar Boba Coffee, Brown Sugar Boba Fresh Milk, dan Salted Caramel Boba Fresh Milk.

Pada hari peluncurannya, Xi Bo Bikes by Xi Bo Ba mengadakan konvoi Xi Bo Bikes pada 4 Maret 2023 bersama influencer Willie Salim dan dilanjutkan dengan berbagi minuman gratis di area Car Free Day pada 5 Maret 2023.

Kini pelanggan Xi Bo Bikes by Xi Bo Ba dapat menikmati berbagai varian teh dan kopi di Xi Bo Bikes terdekat. Produk baru ini juga segera tersedia di outlet Xi Bo Ba.

 

Ayomakan Ajak Pengunjung WSBK Mandalika 2023 Rasakan Kuliner Nusantara dan Mancanegara

0
[Reading Time Estimation: 2 minutes]

Marketing.co.id  –  Berita Marketing|Gelaran kejuaraan dunia World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 yang berlangsung pada 3-5 Maret 2023 mengundang banyak mata tertuju kepada Indonesia. Tidak hanya ajang aksi balap sepeda motor, WSBK Mandalika 2023 juga menjadi ajang promosi budaya Indonesia kepada dunia. Tak ketinggalan Ayomakan, platform digital pemesanan makanan, reservasi restoran, direktori referensi tempat makan, dan review kuliner yang turut serta menggaungkan budaya Nusantara yaitu kuliner lokal di ajang ini.

Selama berlangsungnya WSBK Mandalika 2023, Ayomakan turut berkontribusi pada Nusantara Carnaval yang menyajikan berbagai kesenian lokal, mulai dari sajian food festival, art culture, sampai music festival. Sebanyak 25 tenant kuliner lokal dan mancanegara pilihan Ayomakan turut berpartisipasi dalam food festival kali ini.

Ayomakan memberi perhatian khusus atas kuliner lokal khas Lombok dengan menghadirkan beragam sajian makanan khas Lombok bercita rasa otentik di ajang yang menargetkan lebih dari 75.000 pengunjung ini. Jika selama ini kita sudah mengenal ayam taliwang, ternyata ada juga olahan ayam pedas lainnya yang tak kalah menggoda, yaitu ayam rarang. Ciri khas dari ayam rarang adalah bumbu pedas berwarna merah merona dari sambal goreng cabai rawit, yang dikenal sebagai bumbu plecing. Pemilihan ayam kampung sebagai bahan utama turut membuat cita rasa ayam rarang semakin nikmat.

Baca juga: Akuisisi Listee Awal 2022, Yummy Corp Jadi Ekosistem Industri Kuliner Terbesar Indonesia

CEO & Co-Founder PT Esensi Solusi Buana (ESB), Gunawan mengatakan bahwa, sebagai platform digital untuk wadah industri F&B dalam mengembangkan bisnisnya, Ayomakan berkomitmen untuk terus hadir sebagai wadah dan perpanjangan tangan industri F&B kepada konsumen

“Ayomakan ingin memperkenalkan makanan dan minuman lokal khas Lombok kepada dunia melalui WSBK Mandalika 2023, serta juga sebaliknya, memperkenalkan makanan dan minuman mancanegara kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Mandalika, Lombok”, ujar Gunawan.

Ayomakan
Pengunjung mendatangi booth food festival yang dihadirkan Ayomakan pada ajang World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 di Lombok. Sebanyak 25 tenant kuliner lokal dan mancanegara pilihan Ayomakan turut berpartisipasi dalam food festival kali ini.

Beberapa tenant kuliner lokal siap meramaikan food festival di WSBK Mandalika 2023, seperti PIIB Universitas Hamzanwadi, Khueku Lombok, Loka Aroma dan masih banyak lagi. Sementara, tenant kuliner mancanegara seperti Kimukatsu, Nam Heong, Toby’s Estate, serta masih banyak lainnya siap membuat food festival ini makin meriah.

Pemilihan para tenant tersebut dilakukan oleh Ayomakan dengan mempertimbangkan jenis makanan yang disesuaikan dengan ragam pengunjung WSBK Mandalika 2023. Kurasi ini memprioritaskan jenis makanan lokal, namun tetap memberikan pilihan makanan lainnya untuk para pengunjung dari mancanegara.

Baca juga: WSBK Indonesia 2023 Sediakan Layanan Transaksi Digital Berbasis QRIS

Food festival WSBK Mandalika 2023 berada di area tengah yang dikelilingi oleh sirkuit WSBK Mandalika, tepatnya area yang menjadi satu dengan Main Stage Festival. Tidak hanya food festival, Nusantara Carnaval juga menghadirkan Art Culture, Music Festival, Fun Cinema, dan Paddock Stage.

“Setiap tenant yang dipilih oleh Ayomakan untuk berpartisipasi di acara ini memiliki pilihan menu yang beragam serta harga yang terjangkau, sehingga pengunjung dapat menikmati berbagai macam makanan tanpa perlu khawatir dengan harga yang mahal”, tutup Gunawan.