Sign in
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
Sign in
Welcome!Log into your account
Forgot your password?
Password recovery
Recover your password
Search
LogoNewsPaper
Sign in
Welcome! Log into your account
Forgot your password? Get help
Password recovery
Recover your password
A password will be e-mailed to you.
Tuesday, September 2, 2025
Sign in / Join
  • Tentang Kami
  • Info Berlangganan
  • Pemasangan Iklan
  • Hubungi Kami
Facebook
Instagram
Twitter
Youtube
  • MARKETING
  • UMKM
  • INDEX
    • TOP BRAND INDEX
    • SOCIAL MEDIA INDEX
    • DIGITAL MARKETING INDEX
    • TOP DIGITAL COMPANY INDEX
  • FINANCIAL SERVICES
  • DIGITAL & TECHNO
  • LIFESTYLE
  • INTERNASIONAL
  • CONSUMER GOODS
  • OTOMOTIF
  • PROPERTY & RETAIL
  • GALLERY
More
    LogoNewsPaperthe art of publishing
    Home DIGITAL & TECHNOLOGY nGage untuk Transformasi Digital dan Customer Engagement
    • DIGITAL & TECHNOLOGY

    nGage untuk Transformasi Digital dan Customer Engagement

    By
    Tony Burhanudin
    -
    June 24, 2021
    0
    Telkomsel nGage
    SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir berbicara dalam jumpa pers virtual peluncuran solusi NGage
    [Reading Time Estimation: 3 minutes]

    Marketing.co.id – Berita Digital & Techno| Telkomsel kembali menghadirkan solusi komunikasi berbasis cloud yang ditujukan untuk segmen B2B (korporasi). Layanan terbaru di bidang Communication Platform as a Service (CPaaS) diberi nama Telkomsel nGage. nGage dapat membantu korporasi dalam meningkatkan pengalaman berinteraksi dengan setiap pemangku kepentingan melalui integrasi terbarukan antara platform komunikasi dengan software atau aplikasi perusahaan.

    SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengatakan, Telkomsel nGage mengusung empat keunggulan utama, yaitu simplicity, agility, engagement, dan flexibility.

    “Keunggulan yang ditawarkan tersebut diharapkan mampu mendukung perusahaan dalam mendorong produktivitas dan efektivitas operasionalnya, khususnya dalam memperkuat komunikasi berbasis digital demi memaksimalkan adaptasi dengan kebiasaan baru di tengah masa yang penuh tantangan seperti saat ini. Telkomsel nGage diharapkan mampu memberikan andil dalam upaya Telkomsel untuk mendorong pengembangan ekosistem digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” papar Dharma.

    Telkomsel nGage merupakan bagian dari layanan Telkomsel Enterprise, unit usaha Telkomsel yang menyediakan solusi bisnis komprehensif untuk segmen perusahaan, pemerintahan, hingga UMKM. Dalam mengembangkan Telkomsel nGage, Telkomsel berkolaborasi dengan Bridge Alliance yang telah berpengalaman di bidang pengembangan machine-to-machine (M2M), enterprise mobility, dan Internet of Things (IoT). Melalui kolaborasi ini, ditambah dengan optimalisasi keunggulan sumber daya aset digital Telkomsel, Telkomsel nGage dapat menjadi solusi CPaaS yang mampu menjawab kebutuhan korporasi di berbagai industri.

    Pada penerapannya, nGage memberikan kemudahan lebih bagi pengguna untuk menambahkan fungsi komunikasi real-time, mulai dari telepon, SMS, aplikasi pesan instan, jejaring sosial, hingga konten video, ke dalam aplikasi mereka melalui pemrograman aplikasi antarmuka atau API (Application Programming Interface) yang memungkinkan produk atau layanan lain dapat saling terhubung.

    Baca juga: Percepat Transformasi Digital UMKM, Paperid Tawarkan Paket Pengelolaan Bisnis

    Pada peluncurannya kali ini, Telkomsel nGage memperkenalkan tiga fitur utama, yaitu Number Masking, Video API, dan Two-Factor Authentication. Number Masking merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi interaktif antara pelanggan dengan karyawan atau agen tanpa memperlihatkan nomor telepon pribadi kedua belah pihak.

    Video API adalah layanan yang akan membantu pengguna untuk menyematkan aplikasi komunikasi berbasis video ke dalam workflow atau tools yang dimilikinya. Lalu, Two-Factor Authentication adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan lapisan keamanan tambahan bagi pelanggan mereka dalam menggunakan situs web atau aplikasi dengan aman, baik itu saat mendaftarkan akun, autentikasi saat log in, maupun melakukan transaksi.

    Dalam sesi tanya jawab dengan jurnalis Dharma antara lain menjelaskan, nGage cocok diadopsi oleh perusahaan yang baru memulai transformasi digital. Pada fase ini perusahaan biasanya berupaya membangun engagement dan ingin melayani customer dengan lebih baik lagi secara digital.

    “Saya rasa perusahaan – perusahaan yang baru pertama kali melakukan transformasi digital pasti akan ada sebuah aplikasi atau software untuk melakukan interaksi dengan pelanggan, memberikan delivery transaksi, dan sebagainya. Tidak cukup hanya dengan delivery layanan, yang perlu dilakukan adalah meng-embedded API dari nGage,”tuturnya.

    Dia juga mengatakan, ketika pelanggan merasa jauh dari merek, maka komitemen pelanggan untuk membeli atau melakukan pembelian ulang sangat rendah. Karena itu perusahaan yang baru memulai transformasi digital akan menempatkan customer engagement sebagai prioritas utama. “nGage bisa dicoba atau trial, mungkin dalam waktu 5 menit baik video atau voice sudah bisa membuka channel-channel komunikasi untuk menciptakan engagement dengan customer,” imbuh Dharma.

    Telkomsel nGage
    SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir berbicara dalam jumpa pers virtual peluncuran solusi NGage

    Pada kesempatan yang sama, Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo menjelaskan, solusi nGage dapat digunakan sebagai jembatan komunikasi, baik di kalangan internal perusahaan maupun antara perusahaan dengan pihak eksternal

    “Komunikasi berlangusng secara realtime, mudah diimplementasi, baik berbasis aplikasi maupun web based. Bisa membantu efisiensi perusahaan dan komunikasi dengan pelanggan, tanpa perlu membangun infrastruktur backend mereka. Cocok untuk korporat yang sudah digital native serta koporasi yang mau bertransformasi dan engage dengan customer mereka,” tutur Hanang.

    Baca juga: Selalu Mengutamakan Customer Experience

    nGage menyasar perusahaan dari lintas industri seperti perbankan, asuransi, hospitality, e-commerce, dan ride hailing. “Harga lebih kompetitif dibandingkan kompetitor, karena kami sudah memiliki infrastruktur, tidak membutuhkan third party,” imbuh Hanang.

    GoJek adalah perusahaan ride hailing yang sudah menggunakan solusi Telkomsel nGage. Gojek menggunakan fitur Number Masking (penyamaran  nomor telepon ) dari nGage. Fitur ini berfungsi untuk menjaga privasi serta keamanan data berupa nomor telepon pribadi para pengguna, baik mitra driver maupun pelanggan. Dengan demikian, dalam proses pemesanan layanan Gojek, para pengguna dapat berkomunikasi tanpa harus memperlihatkan nomor telepon pribadi. Hal ini dapat meminimalisir risiko penyalahgunaan nomor telepon yang dapat merugikan berbagai pihak.

    “Fitur ini (Number Masking ) menjadi bagian penting untuk menambah keamanan data pribadi pengguna dan melengkapi keberadaan fitur InApp Chat sebagai saluran komunikasi yang aman dan andal, dalam menghubungkan mitra driver dan pelanggan,” jelas SVP Business Development Gojek Reggy Susanto.

    Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

    • TAGS
    • customer engagement
    • customer experience
    • featured
    • SVP Business Development Gojek Reggy Susanto
    • SVP Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir
    • Telkomsel nGage
    • transformasi digital
    • Vice President Enterprise Business Management Telkomsel Hanang Setiohargo
    Previous articleVisa Gencar Kampanyekan Pembayaran Contactless
    Next articleYohanes Auri: “Fokus pada tujuan dan solusi dalam menghadapi tantangan”
    Tony Burhanudin
    Tony Burhanudin

    LEAVE A REPLY Cancel reply

    Log in to leave a comment

    Free Download

    Edisi AGUSTUS 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    TERKINI

    • Melalui LazMom Lazada Bertekad Berantas Produk Palsu di Kategori Ibu & Bayi September 1, 2025
    • Antisipasi Dampak Gelombang Demo di Berbagai Kota, Grab Lindungi Mitranya dengan GERCEP September 1, 2025
    • Jawab Keresahan Pekerja Soal Biaya Hidup: Perusahaan Perlu Meninjau Ulang Paket Kompensasi September 1, 2025
    • Hasil Survei TOP BRAND INDEX 2025 FASE – 2 September 1, 2025
    • Cara Menarik Pelanggan Secara Alami, Berhenti Mengejar Pelanggan! September 1, 2025
    • Outlook 2026: Human Factor Jadi PR Besar Dunia Cybersecurity September 1, 2025
    • Daftar Lengkap Pemenang Top Brand 100 September 1, 2025
    • WINCheez Grand Baking Demo Terbesar di Jawa Barat Diselenggarakan di Kota Cirebon September 1, 2025
    • Jaga Kepercayaan Konsumen, WIKA Water Heater Raih Top Brand Award 2025 September 1, 2025
    • 5 Pelajaran Integrated Marketing Concept dari Almaz Fried Chicken September 1, 2025

    EDITOR PICKS

    Bank Mandiri Hadirkan Dua Produk Reksa Dana Manulife untuk Investasi Jangka Menengah dan Pendek

    August 28, 2025

    Kolaborasi Lautan Luas dan Pertamina Lubricants Dorong Kemandirian Industri

    August 28, 2025

    Hari Pelanggan Nasional 2025, Momen Puncak Apresiasi dan Peningkatan Pelayanan

    August 29, 2025

    POPULAR POSTS

    Resmi Digelar, Garuda Indonesia Umrah Festival 2025 Targetkan Penjualan 49 Ribu Kursi Penerbangan

    August 29, 2025

    Pemerataan Internet Jadi Tantangan Besar Transformasi Digital

    August 28, 2025

    Memaknai Ulang Marketing sebagai Mesin Pertumbuhan Bisnis

    August 28, 2025

    Free Download

    Edisi SEPTEMBER 2025

    Free e-Magz! Click here to Download!

    Edisi Cetak (Rp50.000) bisa dibeli di Tokopedia.

    Logo Marketing.co.id

    ABOUT US

    Marketing.co.id adalah sebuah portal berita dan info marketing yang mengusung tagline Portal Berita Marketing & Bisnis No. 1 bertujuan sebagai sarana berbagi informasi, belajar, diskusi, serta sharing tentang dunia marketing.

    Email: redaksi@marketing.co.id
    Email: redaksi@majalahmarketing.com
    WhatsApp: 0811 1922 9999

    FOLLOW US

    Facebook
    Instagram
    Twitter
    Youtube

    © marketing.co.id | 2025

    • Tentang Kami
    • Info Berlangganan
    • Pemasangan Iklan
    • Hubungi Kami