Marketing.co.id – Berita Teknologi |
TCL Air Conditioner (AC) mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin inovasi melalui kunjungan pers eksklusif bagi media terkemuka dari Indonesia. Kunjungan tiga hari (22-24 September) ini memberikan akses langsung ke TCL Air Conditioner Wuhan Intelligent Manufacturing Base, yang merupakan jantung dari produksi AC tercanggih kelas dunia.
Evan Tang, CEO TCL Indonesia mengatakan, pabrik di Wuhan, yang diresmikan pada 28 Maret 2025, adalah perwujudan visi TCL untuk manufaktur cerdas dan ramah lingkungan. Dengan investasi sebesar 3,42 miliar yuan dan luas area mencapai 585 mu (sekitar 1.000 hektar), fasilitas ini terintegrasi sebagai pusat manufaktur cerdas, R&D teknologi, logistik pintar, dan aplikasi digital.
“Fasilitas tahap pertama ini memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai 6 juta unit AC. Berkat integrasi teknologi digital twin melalui sistem smart park dan platform 6+1 Industrial Internet, efisiensi produksi meningkat signifikan sebesar 15%. Pabrik ini bahkan memiliki 16 “pabrik gelap” yang memungkinkan operasi otomatis 24/7 dan yang paling revolusioner adalah lini produksi khusus pertama di dunia untuk AC segar bebas debu,” ujar dia.
General Manager TCL AC, Xin’an Li, menyoroti tiga kekhawatiran utama pengguna AC, yakni kualitas udara dan kesehatan, efisiensi energi, serta integrasi teknologi pintar. Sejak merilis Strategi Udara Segar Global pada 2021, TCL secara konsisten berinovasi untuk menjawab tantangan tersebut. Melanjutkan kesuksesan, pada 2024 diperkenalkan FreshIN C7, generasi kelima dari lini andalan yang menawarkan pengalaman udara segar lebih optimal dengan fitur pintar terbaru.
Pabrik Wuhan tidak hanya cerdas, tetapi juga ramah lingkungan. Pemasangan panel surya seluas 94.800 m² menghasilkan 9 juta kWh listrik per tahun, mengurangi emisi karbon dioksida secara signifikan. Pabrik ini bahkan mengadopsi konsep “pabrik bebas limbah” (zero-waste factory) yang mencapai nol emisi karbon, nol limbah industri, nol emisi gas buang, dan nol pemborosan air.
Mengenai pasar Indonesia, Mr. Li menegaskan komitmen strategis yang kuat. “Kami memiliki tata letak yang jelas untuk pasar Indonesia. TCL telah melokalisasi produksi AC residensial di Indonesia dan tengah mempertimbangkan lokalisasi untuk produk komersial. Langkah ini bertujuan untuk menyediakan produk yang lebih berkualitas dan hemat biaya bagi masyarakat Indonesia.”
Saat ini, produk andalan TCL di Indonesia adalah Gentle Cool Pro Series, yang diluncurkan pada Agustus 2025. AC ini dirancang khusus dengan fitur seperti konektivitas WiFi, teknologi AI+inverter hemat energi, aliran udara lembut, dan filter kesehatan 6-in-1, memastikan pengalaman pendinginan yang menyeluruh bagi pengguna Indonesia.