Portal Lengkap Dunia Marketing

DIGITAL & TECHNOLOGY

Media Sosial Untuk Bisnis Anda, Mampukah Membuat Anda “Eksis” ?

social mediaBagaimana Facebook membantu bisnis? Dapatkah merek bertahan hanya dengan mengirim tweet untuk pengikutnya? Dari mana keuntungan bisnis itu berasal?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut seringkali muncul. Media sosial bagi merek dapat membantu Anda mendapatkan bisnis. Tetapi jauh lebih penting lagi, media sosial dapat menciptakan brand awareness.

Jika Anda mengharapkan keuntungan langsung, media sosial bukanlah platform yang Anda cari. Dibutuhkan banyak waktu dan usaha lebih untuk membangun kehadiran merek di media sosial dan ketika Anda telah menggunakan media sosial pastikan Anda konsisten menggunakannya.

Kenapa banyak perusahaan sekarang menggunakan media sosial? Ada banyak alasan mengapa perusahaan harus menggunakan media sosial, seperti:

Pengakuan merek

Salah satu alasan paling ampuh menggunakan media sosial adalah untuk mendapatkan pengakuan merek. Hari ini, media sosial memungkinkan Anda terlibat dengan jutaan pengguna. Selain itu, Anda juga harus memutuskan di mana posisi Anda. Dengan upaya yang konsisten dan konten yang besar, Anda dapat membangun reputasi merek di sekitar nilai-nilai perusahaan, manfaat dan keuntungan.

Komunitas

Media sosial adalah platform di mana Anda akan menemukan orang berpikir sama. Sebagai contoh, jika Anda ingin mencari orang yang tertarik dalam bidang marketing: LinkedIn akan membantu Anda menemukan kelompok-kelompok yang sesuai. Anda bisa bergabung dengan mereka dan ambil bagian dalam diskusi serta terhubung dengan pengguna lain.

Sering Disebut-sebut

Manfaat yang jelas dari media sosial adalah paparan berulang dengan jaringan. Anda memiliki kesempatan untuk mengingatkan mereka lagi dan lagi tentang apa yang ditawarkan, yang dapat memperpendek siklus penjualan secara drastis.

Pengaruh

Seiring dengan peningkatan pengikut, pengaruh Anda juga ikut tumbuh. Modul iklan di berbagai platform media sosial memungkinkan Anda untuk meningkatkan jangkauan dan pengaruh. Yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda menjangkau pelanggan/pelanggan potensial dengan cara yang benar.  Setiap kali berinteraksi dengan pelanggan, pengaruh Anda akan meningakat, Anda cenderung membangun hubungan pribadi dengan para pelanggan.

Menjadi yangTerdepan

Sadar atau tidak, calon klien dan klien Anda akan mencari tahu apakah Anda sedang terlibat dalam media sosial. Bahkan jika itu bukan menjadi prioritas utama, jika Anda mengikuti perkembangan saat ini, calon pelanggan Anda akan mencari tahu.

Keunggulan kompetitif

Kenyataannya adalah sebagian besar pesaing Anda kemungkinan besar tidak melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan media sosial. Hal itu memberikan kesempatan bagi Anda untuk unggul. Sebaliknya, jika Anda menghindari media sosial, Anda meninggalkan lubang besar yang memungkinkan pesaing merebut audiens Anda.

Kemenangan besar

Banyak perusahaan besar dan kecil yang tengah mencoba menginvestasikan uang dan waktu mereka untuk mengelola social media marketing, manfaat penting sering diabaikan: kemenangan besar. Kemenangan besar tidak sering terjadi, tetapi ketika berhasil maka itu membuat semuanya berharga.

Sumber: SocialMediaToday

Editor: Wahid FZ 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top