Portal Lengkap Dunia Marketing

LIFESTYLE

Manfaat Menggunakan Kartu Debit

debitcardZaman semakin modern, dan berbelanja pun tak lagi memerlukan uang tunai, terutama jika ingin membeli barang-barang yang mahal harganya. Apalagi sekarang sedang tren berbelanja secara online, di mana pembayaran sudah pasti tak bisa dilakukan dengan uang tunai.

Karena itulah, saat ini hampir mayoritas penduduk Indonesia memiliki kartu debit di dompetnya. Ketika ingin berbelanja, Anda tak perlu repot-repot membawa uang begitu banyak di dalam dompet, cukup selembar “uang plastik” saja.

Kartu Debit vs Kartu Kredit

Tren belanja saat ini memang membuat orang-orang semakin jarang untuk membayar menggunakan uang tunai. Selain banyaknya orang yang berbelanja di toko online, restoran-restoran, coffee shop, maupun swalayan seolah membuat orang-orang untuk membayar menggunakan kartu debit, kartu kredit, maupun kartu member lainnya dengan trik pembeli akan mendapatkan potongan harga apabila membayar menggunakan “uang plastik” tersebut. Dengan begitu, mau tak mau karena tergiur dengan potongan harga, pembeli pun lebih memilih membayar menggunakan kartu debit atau kredit alih-alih menggunakan uang tunai.

Selain kartu debit yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran, ada juga kartu kredit yang tak kalah terkenal. Namun, kekurangan dari kartu kredit adalah proses pengajuannya yang agak sulit dan harus diverifikasi, sedangkan untuk mendapatkan kartu debit cukup dengan membuka rekening tabungan di bank.

Selain itu, penggunaan kartu kredit juga agak lebih repot daripada kartu debit. Untuk menggunakan kartu debit Anda cukup menggesek kartu di mesin EDC (Electronic Data Capture) dan memasukkan PIN. Sementara itu, jika menggunakan kartu kredit, Anda harus membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk validasi.

Perbedaan yang terakhir adalah bahwa kartu kredit penggunaannya dibatasi oleh limit yang diberikan oleh setiap kartu. Sementara itu, limit kartu debit tak terbatas, tergantung dari jumlah uang di rekening tabungan Anda. Semakin banyak uang yang ada di rekening, semakin tak terbatas pula penggunaan kartu debit Anda. Karena itu, tak heran jika lebih banyak kartu debit yang beredar daripada kartu kredit.

Manfaat Utama dari Kartu Debit

1. Tabungan Bergerak

Kartu debit biasanya diberikan jika Anda membuka rekening tabungan di bank, dan fungsinya pun seperti rekening tabungan Anda yang bisa dibawa ke mana-mana. Kartu debit dapat digunakan untuk menarik uang dari tabungan Anda di ATM. Namun, untuk lebih memudahkan ketika berbelanja, Anda bisa langsung menggesek kartu debit tersebut di mesin EDC yang ada di setiap toko, restoran, atau merchant lainnya. Ketika menggesek kartu debit, secara otomatis rekening di tabungan Anda pun berkurang sesuai dengan nominal pembelanjaan Anda.

2. Tidak dikenai bunga atau denda

Penggunaan kartu debit pun tidak akan dikenakan bunga dari pembelanjaan maupun sisa tagihan yang belum terbayar. Sebab, ketika Anda menggesek kartu debit, saldo di rekening tabungan langsung terpotong untuk membayar belanjaan Anda. Dengan demikian, tidak akan ada tagihan yang tersisa.

Selain itu, biaya administrasi bulanan atau tahunan kartu debit biasanya relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya administrasi tahunan kartu kredit yang mencapai ratusan ribu rupiah.

3. Bebas cicilan bulanan

Ketika menggunakan kartu kredit umumnya orang akan menggunakannya untuk mengambil cicilan. Karena itu, tiap bulannya nasabah akan mendapatkan tagihan cicilan yang harus dibayarkan. Dengan kartu debit, Anda akan terbebas dari cicilan tersebut. Sebab, Anda memang hanya menggunakan kartu debit berdasarkan jumlah uang di tabungan. Jika uang di tabungan Anda cukup untuk langsung membayar lunas pembelanjaan, maka belanjaan Anda langsung dibayar lunas.

4. Lebih aman

Penggunaan kartu debit tentu lebih aman dibandingkan jika harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak. Ketika Anda ingin berbelanja dalam jumlah banyak, Anda tinggal memasukkan uang ke rekening sejumlah yang diinginkan, lalu menuju tempat perbelanjaan hanya membawa kartu debit. Anda pun terbebas dari incaran perampok karena tak terlihat mencolok membawa uang dalam jumlah banyak.

5. Praktis

Hal terakhir dari manfaat yang diberikan kartu debit adalah kepraktisannya. Jika ingin mengambil uang dari rekening tabungan, Anda tak perlu repot-repot datang ke bank dan mengantre cukup lama. Anda tinggal datang ke ATM yang banyak tersedia di mana-mana, lalu mengambil uang dari ATM.

Selain untuk mengambil uang, kartu debit juga memungkinkan Anda untuk melakukan setoran uang ke rekening tabungan Anda. Lagi-lagi, dengan adanya kartu debit Anda tak perlu mengantre lama-lama di bank hanya untuk menyetorkan uang. Anda tinggal mengunjungi ATM setoran tunai untuk dapat menyetorkan uang Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top