Lazada 9.9 Mega Brands Sale 2025 Catat Rekor Pertumbuhan, LazMall Mendorong Penjualan Brand Autentik di Indonesia
Marketing.co.id – Berita Marketing | Lazada Indonesia (Lazada) berhasil menorehkan pencapaian prima selama Lazada 9.9 Mega Brands Sale (D9), dengan kinerja yang solid di kanal LazMall. Kinerja ini semakin memperkuat posisi LazMall sebagai destinasi premium terpercaya bagi pelanggan untuk memenuhi kebutuhan akan produk asli dan berkualitas tinggi.
“Pada festival belanja 9.9 Mega Brands Sale 2025, kami melihat pertumbuhan penjualan yang signifikan di LazMall, khususnya pada kategori premium dan produk bernilai tinggi. Ini menjadi bukti bahwa LazMall telah menjadi destinasi belanja terpercaya, di mana pelanggan merasa aman dan nyaman untuk membeli produk-produk tersebut di Lazada,” ujar Chief Executive Office, Lazada Indonesia, Carlos Barrera.
LazMall–mal virtual terbesar di Asia Tenggara yang menghubungkan pembeli dengan lebih dari 32.000 brand global dan lokal terkemuka–menunjukkan performa yang kuat di seluruh Asia Tenggara. Dengan ribuan brand, penjual terkurasi, dan distributor terverifikasi di Indonesia, Lazada menjamin 100% keaslian dan kualitas premium untuk semua produk di LazMall, sehingga memberikan pengalaman berbelanja yang bebas rasa khawatir.
Peningkatan Konsumsi Online, Potensi Besar di Pasar Indonesia
Dengan pertumbuhan kelas menengah dan populasi yang melek digital, Indonesia dengan estimasi 125,9 juta pengguna pada 2030, diproyeksi tetap menjadi salah satu pasar eCommerce dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara (Statista, 2025). Studi Sentimen Konsumen UOB ASEAN (2024) juga menunjukkan bahwa 54% konsumen Indonesia kini lebih cermat dalam mengambil keputusan pembelian dan memprioritaskan pengeluaran esensial atau untuk kebutuhan primer.
Hal ini mencerminkan tren positif di mana konsumen menjadi lebih cerdas dan fokus pada pembelanjaan yang bernilai (value-driven), sebuah tren yang juga tercermin dari hasil festival belanja 9.9 Lazada dengan peningkatan 30% pada nilai rata-rata pembelian seiring dengan pelanggan yang lebih memilih produk autentik berkualitas.
“Lazada memperkuat komitmennya untuk membangun ekosistem brand yang kuat dan berkualitas di Indonesia. Didukung teknologi mutakhir dan fitur-fitur canggih berbasis AI, kami memberdayakan para mitra brand agar dapat menjual lebih efisien, sekaligus membantu konsumen menemukan produk yang paling sesuai dengan preferensi mereka,” jelas Carlos.
“Dengan potensi pasar Indonesia yang begitu besar, kami optimis terhadap peluang di masa depan dan akan terus fokus meletakkan fondasi untuk pertumbuhan ekonomi digital yang berkelanjutan,” lanjutnya.
Memperdalam Keterlibatan Belanja Berbasis AI
Sejak peluncuran AI Lazzie sebagai asisten belanja pribadi berbasis AI Oktober lalu, Lazada telah memanfaatkan AI untuk mendorong performa dan interaksi pengguna selama periode festival belanja. Pada kampanye 9.9, Lazada mencatat peningkatan pengguna AI, dengan sebagian besar pengguna mengakui AI Lazzie mampu memberikan manfaat lebih.
Fitur AI inovatif ini memikat pengguna dengan menawarkan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, memberikan pengalaman belanja yang lebih relevan bagi setiap pengguna. Lebih lanjut, AI Lazzie juga mempermudah akses terhadap berbagai keuntungan eksklusif seperti LazRewards, Voucher, dan Koin. Rata-rata penukaran keuntungan harian mencapai hampir separuh dari pengguna AI Lazzie, sebuah bukti tingginya tingkat interaksi dan kepuasan pelanggan.
“Lazada sedang membentuk masa depan perdagangan digital di Asia Tenggara melalui investasi strategis pada teknologi canggih. AI Lazzie menjadi salah satu investasi strategis yang menjadi contoh nyata bagaimana AI dapat menciptakan interaksi yang lebih bermakna dengan pembeli,” ujar Carlos.
Beberapa kategori mengalami pertumbuhan substansial selama kampanye D9 tahun ini dibandingkan dengan hari-hari biasa. Pembelian produk TV melonjak 1.355%, diikuti Ponsel & Tablet sebesar 295%, kategori Peralatan Rumah Tangga (Home Appliance) melonjak sebesar 185%, pembelian kategori Ibu & Bayi (Mother & Baby) tumbuh 307%, Sepatu & Pakaian Olahraga (Sport & Shoes Clothing) naik 234%., produk Kecantikan (Beauty) meningkat 222%, dan pembelian Produk Kebutuhan Sehari-hari (Groceries) melonjak sebesar 185%.
Dari perspektif brand, Lazada juga mengamati momentum pertumbuhan yang terus berlanjut dari kampanye 6.6 ke 9.9 di berbagai kategori, di antaranya penjualan brand kosemtik SASC naik hingga 444%, penjualan tisu Nice naik 336%, penjualan PLN meningkat hingga 210%, penjualan brand tas fesyen JIMS HONEY tumbuh 187%, penjualan deterjen Daia tumbuh 165%, sabun Nuvo naik 159%, penjualan Labore (brand skin care) melonjak 168%, penjualan Gramedia (buku) melonjak 124%, penjualan Bear Brand meningkat 971%, penjualan realme naik 400%, penjualan The Body Shop Tumbuh 142%,
Hasil impresif pada festival belanja 9.9 ini menunjukkan fokus strategi bisnis Lazada yang mengarah pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan. Dengan mengedepankan produk berkualitas, pengalaman berbelanja yang lebih cerdas melalui AI, serta memberikan nilai lebih bagi konsumen dan penjual, Lazada terus berupaya membangun ekosistem eCommerce yang sehat dan inklusif.
“Dengan terus menghadirkan inovasi, teknologi berbasis AI, serta pengalaman berbelanja produk asli dan berkualitas, kami akan terus memperkuat posisi Lazada sebagai platform premium yang terpercaya bagi seluruh pelanggan kami, baik itu mitra brand, penjual, maupun konsumen di Indonesia,” tutup Carlos.