Marketing.co.id – Fonomena pengguna smartphone yang kian menjamur di Indonesia dimanfaatkan RPX untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang mudah dan aman bagi para pelanggan dengan meluncuran aplikasi RPX Mobile berbasis Android dan BlackBerry pertama di Indonesia.
Andry Adiwinarso, Vice President, Sales & Marketing RPX Group mengatakan “Pengembangan aplikasi RPX Mobile merupakan bentuk nyata dari usaha kami untuk terus mengakomodasi kebutuhan pasar yang semakin berkembang termasuk dalam hal cara bertransaksi dengan kami.
Pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi dilakukan RPX sebagai salah satu langkah untuk menekan biaya logistik dengan cara mempersingkat mata rantai dari proses transaksi pengiriman dan meningkatkan efektivitas operasional.
Menurutnya, dengan aplikasi RPX Mobile ini pelanggan dapat mengetahui status kiriman, estimasi tarif kiriman serta mengakses informasi seputar RPX termasuk lokasi kantor dan station RPX melalui perangkat bergerak.
“Penggunaan RPX Mobile berbasis Android dan BlackBerry ini akan mengubah cara pelanggan bertransaksi dengan kami, tambahnya.
Peluncuran RPX Mobile ini bukan hanya untuk menekan biaya logistik saja, tapi merupakan salah satu strategi kami dalam memasuki pasar individual (B2C) yang selalu menginginkan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam bertransaksi,”terangnya.
Dalam berinteraksi dengan pelanggan, RPX selalu menerapkan dan memanfaatkan sistem teknologi informasi yang terintegrasi mulai dari proses pemesanan dan pengambilan barang, mengetahui status kiriman, hingga memperoleh laporan mingguan atau bulanan mengenai detil transaksi kiriman.
Pemanfaatan teknologi informasi ini membantu pelanggan untuk mengurangi biaya logistik perusahaan dengan mempercepat proses booking tanpa harus menunggu layanan konsumen RPX, mengurangi penggunaan kertas, mengurangi kesalahan akibat kelalaian manusia, mengurangi kebutuhan akan merekrut tenaga ahli khusus untuk menangani kegiatan logistik perusahaan, jaminan keamanan dan kemudahan bertransaksi.
Bagi RPX sendiri, pemanfaatan teknologi membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan dengan menekan biaya layanan konsumen (customer service), mengurangi mata rantai proses operasional, mengurangi pengunaan kertas, hingga pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas dan volume barang yang ditangani.
Melalui pelayanan ini, RPX menargetkan dapat menekan biaya logistik perusahan hingga 20 persen untuk tiga tahun ke depan melalui peningkatan layanan satu atap serta terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi canggih untuk mendukung kegiatan operasional dan interaksi dengan pelanggan.
Pengembangan terknologi terbaru ini merupakan bagian dari investasi jangka panjang RPX sebesar US$ 50 juta untuk lima tahun ke depan.
Pelanggan RPX yang memiliki Androd dan BlackBerry dapat mengunduh aplikasi RPX Mobile melalui telepon genggam mereka dengan mengakses ke www.rpxholding.com/downloads/RPX_mobile. Aplikasi ini berlaku untuk seluruh pelanggan RPX baik yang telah dan belum memiliki nomor akun pelanggan.
Cecep Supriadi