Jangan Terlalu Berlebihan Merayu Konsumen Indonesia, Karena saat Ini Mereka Lebih Bijak dalam Berbelanja

0
Lazada
Ilustrasi smart shopper saat berbelanja online di kanal LazMall di Lazada
[Reading Time Estimation: 3 minutes]

Marketing.co.id – Berita Marketing | Dalam kondisi ekonomi global dan nasional saat ini yang menanang, konsumen Indonesia menunjukkan sikap semakin bijak dalam mengelola keuangan rumah tangga.

Berdasarkan UOB Asean UOB Asean Consumer Sentiment Study (2024), sebanyak 54 persen masyarakat Indonesia kini lebih memprioritaskan pengeluaran yang penting dan membuat keputusan belanja dengan lebih cermat.

Hal ini diyakini mencerminkan tren positif, di mana konsumen semakin selektif dan mengutamakan pola belanja yang cerdas, terencana, serta bernilai lebih bagi kebutuhan mereka.

Lazada Indonesia (Lazada), berupaya membaca tren tersebut dan memberikan pengalaman belanja yang nyaman. “Selama lebih dari 13 tahun berkontribusi di tanah air, Lazada akan terus mengikuti perkembangan tren ekonomi serta pola belanja masyarakat untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja,” ujar Head of Business Growth & Operations, Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.

Lahirnya konsumen yang lebih cerdas atau smart shopper, yang lebih memprioritaskan kualitas dan manfaat daripada sekadar harga ditindaklanjuti Lazada dengan memperkuat kanal LazMall, kanal di Lazada yang menawarkan banyak varian produk terkurasi dan orisinal dari banyak brand ternama, mulai dari kategori fesyen, kecantikan, elektronik, hingga kebutuhan ibu dan anak serta kebutuhan harian dan rumah tangga.

“Kami memahami bahwa kondisi ekonomi yang menantang saat ini menuntut konsumen menjadi lebih cermat dalam mengelola keuangan. Dengan ribuan brand dan penjual serta distributor terverifikasi bergabung di LazMall, kami memastikan seluruh produk yang dijual di LazMall adalah produk 100% orisinal, menjadikan LazMall destinasi utama terpercaya bagi para smart shopper Indonesia,” jelas Amelia.

Lazada
Ilustrasi smart shopper saat berbelanja online di kanal LazMall di Lazada

Komitmen LazMall dalam menghadirkan produk orisinal sejalan dengan komitmen perlindungan brand di Lazada. Selain membangun fitur yang memudahkan pemilik brand melaporkan produk mencurigakan untuk segera ditinjau dan dihapus, Lazada memanfaatkan AI dan machine learning agar pemilik brand bisa secara proaktif memindai listing produk yang melanggar. Proses seleksi dan verifikasi ketat bagi penjual juga meminimalisir kemungkinan adanya produk palsu di LazMall.

Penguatan kanal LazMall juga didukung dengan Data TGM Research (2024) yang mengungkapkan sebanyak 77 persen konsumen Indonesia menunjukkan keinginan untuk berbelanja kebutuhan harian melalui aplikasi digital.

“Untuk semakin mengakomodir pilihan cara belanja online masyarakat Indonesia ini, kami juga memastikan pengiriman gratis dan tepat waktu untuk konsumen LazMall. Tidak hanya itu, berbagai penawaran spesial, diskon, serta voucher khusus LazMall juga kami hadirkan untuk menambah pengalaman belanja yang menyenangkan bagi konsumen. Hanya dengan menjelajahi kanal LazMall kapan pun dan di mana pun, konsumen akan mendapatkan produk orisinal berkualitas yang dikirimkan langsung ke depan pintu rumah,” tambah Amelia.

Lazada 9.9 Mega Brands Sale

Melengkapi kebutuhan smart shopper, LazMart menghadirkan berbagai penawaran selama periode Lazada 9.9 Mega Brands Sale yang berlangsung mulai dari tanggal 8 September pukul 8 malam sampai 11 September 2025.

Konsumen dapat menikmati diskon hingga 90 persen untuk berbagai kebutuhan, ditambah bonus voucher hingga Rp990.000 yang dapat digunakan untuk belanja lebih hemat. Tak hanya, itu, konsumen juga dapat menikmati gratis ongkos kirim dan layanan Priority Delivery yang memastikan pesanan sampai tepat waktu. Festival belanja kali ini juga banyak menghadirkan banyak promo khusus untuk pembelanjaan produk lokal di LazMall sebagai upaya Lazada terus mengembangkan bisnis lokal.

“Melalui kampanye 9.9 kali ini, kami ingin memastikan konsumen untuk dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan harga yang lebih hemat tanpa harus mengorbankan kualitas. Selama periode 9.9, kami juga menghadirkan berbagai promo eksklusif dan layanan pengiriman andal dan tepat waktu, yang dirancang untuk membantu konsumen berbelanja lebih cerdas, efisien, dan nyaman,” ujar Amelia.