Portal Lengkap Dunia Marketing

HEADLINE

Intip Strategi Pemasaran Para Jawara Marketing Award 2014

Marketing Award kembali digelar. Berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, pada Rabu 29 Oktober 2014 lalu, hasilnya 35 perusahaan dengan strategi pemasaran terbaik meraih penghargaan Marketing Award sesuai kategorinya.

Strategi Pemasaran Tebaik ala Jawara Marketing Award 2014

Secara teori, kita mungkin sudah sangat mengenal 4P, Price (harga), Place (lokasi), Product (produk), dan Promotion (promosi). Namun pada era yang kian modern seperti sekarang ini, di mana persaingan produk semakin ketat, inovasi dari segala lini harus digencarkan. Untuk itu, Marketing Group coba menganalisis dan mencari perusahaan-perusahaan dengan strategi pemasaran terbaik.

Dewan juri yang terlibat pun bukan sembarangan, mereka adalah akademisi yang sangat berkompeten untuk menyeleksi strategi para perusahaan, yaitu:

  1. Prof. Agus W. Soehadi PhD (Universitas Prasetya Mulya)
  2. Prof. Dr. Asep Hermawan M.sc (Universitas Trisakti)
  3. Prof. Basu Swastha Dharmmesta, MBA. PhD (Universitas Gajah Mada)
  4. Ir. Martinus Suistio Rusli, MBA, PhD (Sekolah Tinggi Manajemen PPM)
  5. Dr. Ir. Arief Daryanto, PhD (Institut Pertanian Bogor)
  6. Dr. Ir. Tengku Ezni Balqiah, ME (MM Universitas Indonesia)
  7. Dr. Drs. Tony Sitinjak, MM (Kwiek Kian Gie Universty)
  8. Wahyu T. Setyobudi S.Si, MM (Sekolah Tinggi Manajemen PPM)
  9. PJ. Rahmat Susanta (Majalah Marketing)
  10. Suhartono Chandra (Majalah Marketing)

Ada 35 perusahaan yang sukses menyabet penghargaan dari tujuh kategori yang dikompetisikan. Berikut adalah ketujuh kategori tersebut beserta perwakilan dari para pemenangnya:

The Best Market Driving

PT. Asuransi Jiwa Manulife Indonesia bekerja sama dengan salah satu perusahaan TV swasta nasional dalam membentuk program bertajuk “Metro-Manulife”, program inipun meningkatkan index perusahaan menjadi 83%, dari 67%.

The Best Innovation in Marketing

PT. AXA Indonesia memberi jaminan terhadap dana investasi sebesar 80% dari nilai tertinggi kinerja investasi, dan diberi nama “80% Guaranteed Fund”.

The Best in Experiential Marketing

PT Astra Daihatsu Motor membangun pengalaman pelanggan melalui “Daihatsu Sahabatku”. Dengan begitu, perusahaan pun menganggap pelanggan yang berkunjung ke outletnya sebagai sahabat dengan membuat showroom dan ruang tunggu servis senyaman dan semenyenangkan mungkin.

The Best in International Marketing

PT GMF Aero Asia Berhasil menggaet operator-operator penerbangan dari berbagai negara untuk menjadi pelanggannya.

The Best in Marketing Campaign

Hingga kini, merek Tolak Angin dari PT Sido Muncul masih menjadi merek atas di pasarnya. Semua itu tak lepas dari tagline “Orang Pintar Minum Tolak Angin” yang telah dibuatnya hingga kemudian berhasil merambah mancanegara. Begitupun untuk merek Kuku Bima, dengan konsep yang jelas dan related dengan fungsi produknya, Kuku Bima tampak mengikuti kesuksesan Tolak Angin.

The Best in Social Marketing

Menggunakan kampanye digital “Buktikan Suaramu”, Harian Kompas berhasil mengajak publik untuk menggunakan hak suaranya. Terbukti, berkat itu, jumlah partisipan pemilu pun meningkat dan tentu saja harian ini jadi kian digemari.

The Best in Green Marketing

BSD Green Office Park, membuat PT Sinar Mas Land sukses mengembangkan konsep green district yang mengacu pada badan sertifikasi green building. Hasilnya, efisiensi penggunaan energi dan air pun terlaksana, PT Sinar Mas Land juga berhasil mendapat penghargaan bertaraf internasional.

Marketing Award sendiri sudah berlangsung selama 9 tahun dan telah menghasilkan berbagai pemenang dari perusahaan-perusahaan yang sukses menerapkan strategi pemasaran di Indonesia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top