Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) bersama institusi pendidikan menjalankan program Indonesia Fintech Youth Community (INFINITY) untuk meningkatkan literasi keuangan dan talenta digital generasi muda.
Marketing.co.id – Berita Digital | Mengusung tema “Literasi Keuangan Digital untuk Milenial dan Gen Z”, Asosiasi Fintech Indonesia (Aftech) dan Cyber University Community mengadakan talkshow Indonesia Fintech Youth Community (INFINITY) di Aula Cyber University, Jakarta, Rabu (7/2).
Acara tersebut dibuka oleh sambutan Rektor Universitas Siber Indonesia Gunawan Witjaksono dan Wakil Bendahara AFTECH Chrisma Albanjar. Kemudian, dilanjutkan dengan diskusi bersama Director of Marketing, Communications & Community Development AFTECH Abynprima Rizki, CEO dan Co-Founder Cuanz Ernest Ferdian, dan Head of Marketing PinjamYuk Agustina Kadiani.
AFTECH sangat mendukung peningkatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan generasi muda melalui pembentukan komunitas fintech yang disebut dengan Indonesian Fintech Youth Community (INFINITY) yang berfokus kepada digital talent, agent of change, dan acceleration of digital transformation. Diluncurkan resmi pada 11 November 2023, pembentukan INFINITY ditujukan untuk mendidik generasi muda, mendorong inovasi, serta mendorong perkembangan fintech untuk mencapai tujuan finansial.
Gunawan dalam sambutannya mengungkapkan, Cyber University berambisi menjadi wadah talenta-talenta digital yang mampu menerapkan keahlian teknologi digital dan membuat inovasi di keuangan digital. Sehingga, bukan saja menjadi konsumen fintech tetapi menjadi produsen fintech. “Kolaborasi dengan AFTECH ini tidak hanya strategis tetapi juga simbolis, menegaskan posisi akademisi dalam jantung ekosistem fintech yang berkelanjutan dan dinamis,” ujar Gunawan.
Sementara itu, Abynprima Rizki dalam sesi talkshow menyampaikan, generasi muda saat ini harus mengetahui bahwa ragam dan layanan fintech bukan berfokus hanya pada kredit digital dan ewallet, namun ada ragam model bisnis lain yang menjadi bagian AFTECH, seperti fintech financial planner, fintech investment, digital bank hingga fintech credit scoring.
Selain menjadi sarana edukasi bagi peserta acara, Ernest Ferdian menilai kegiatan ini menjadi sarana bagi pelaku di industri fintech untuk mengetahui minat konsumen secara langsung. “INFINITY telah terbukti sukses menjadi wadah literasi dan edukasi fintech untuk anak muda. Dialog yang terjadi antara para mahasiswa dan pelaku industri fintech menciptakan sinergi dalam membangun talenta digital generasi berikutnya dan juga memberikan masukan kepada pelaku industri untuk terus menjadi lebih baik dalam melayani pengguna,” kata Ernest.
Literasi keuangan digital membutuhkan upaya bersama, baik pemerintah, asosiasi, media, maupun akademisi, untuk menjangkau semua kalangan. Oleh karena itu, AFTECH menggandeng komunitas di berbagai universitas di Indonesia dalam pelaksanaan program INFINITY.
Sebelum di Cyber Unversity, kegiatan ini telah dilaksanakan di Universitas Indonesia, Telkom University, dan Universitas Multimedia Nusantara. Ke depan, AFTECH akan terus mendorong kegiatan peningkatan literasi keuangan, termasuk di universitas di luar Jawa.