Industri Kondom: Haruskah Menargetkan Remaja?

www.marketing.co.id – Tahukah Anda bahwa selain hari kasih sayang, 14 Februari juga diperingati sebagai Condom’s Day di Amerika Serikat? Sehari sebelumnya, 13 Februari diperingati sebagai Hari Kondom Internasional.

Di berbagai negara gerakan pencegah AIDS dilakukan dengan membagikan kondom secara gratis. Misalnya saja di Miami Beach, Kenya, Swaziland, Kamboja, Veracruz(Mexico), Moscow, atau Kiev. Bahkan beberapa kota lainnya memiliki tempat pengujian penyakit seksual menular.

Kondom dibagikan untuk mencegah penyebaran penyakit seksual menular dan alat pengontrol kelahiran, tidak hanya untuk para orang dewasa, tapi juga remaja. Hal ini karena di beberapa negara kehamilan remaja terbilang tinggi hingga memprihatinkan pemerintahnya.

Solusi yang diambil oleh pemerintah kebanyakan negara adalah seminar dan himbauan. Namun Swiss melangkah lebih jauh dari itu. Pemerintahan Swiss bekerja sama dengan produsen kondom untuk memproduksi kondom khusus remaja muda berusia 11-15 tahun.

Industri Kondom

Industri kondom memang memiliki peluang bisnis yang besar. Trojan dan Durex memiliki penjualan sebesar US$ 430 juta per tahunnya. Trojan US bahkan memiliki anggaran iklan sebesar $33,6 juta, 26 kali lebih besar dari anggaran Durex.

Diperkirakan penjualan global kondom akan mencapai US$ 5,4 triliun pada 2018. Uang yang ditawarkan memang menggiurkan akan tetapi apakah para pebinis memikirkan dampaknya?

Hingga sekarang kondom memang dianjurkan untuk tindakan pencegahan AIDS dan kehamilan, namun etiskah kondom diproduksi secara khusus untuk remaja muda. Mereka baru berusia 11-15 tahun.

Di lain pihak, bila mereka tidak difasilitasi dengan alat pencegahan, dapat menimbulkan kehamilan dini yang tidak diingini dan penyakit seksual menular tanpa terkendali. Oleh karena itu, pemerintah melegalkan bahkan menghimbau masyarakat menggunakannya.

Beberapa tahun yang lalu perusahaan coklat bahkan bekerja sama dengan perusahaan kondom untuk membuat paket hari valentine. Hal ini dirasa kurang etis karena pangsa pasar mereka pasti mayoritas remaja. Pemerintah seperti memperbolehkan seks di luar nikah bahkan seks di usia dini.

Perusahaan kondom tidak seharusnya melewati batas-batas tertentu. Perusahaan kondom seharusnya dapat dengan akurat menentukan pangsa pasar mereka.

Bila 20 tahun lalu orang dewasa yang melakukan hubungan seksual di luar nikah dan 10 tahun yang lalu remaja yang mulai melakukannya. Sekarang remaja muda sudah mulai melakukannya. Apa yang yang akan terjadi 10 tahun mendatang? (Clarissa Chen)

 

(Sumber: www.companiesandmarket.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.