Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Implementasi Green Campus Berbasis SDGs Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Upaya Fakultas Teknik Universitas Pancasila Menjadi Green CampusMarketing.co.id – Berita Marketing | Universitas Pancasila merupakan salah satu perguruan tinggi yang menerapkan konsep Green Campus di lingkungannya. Hal ini mengacu kepada Universitas Indonesia Green Metric (UI Green Metric) yang merupakan salah satu pemeringkatan internasional, dimana Universitas Pancasila menjadi bagian dari 88 perguruan tinggi di Indonesia dan 912 perguruan tinggi di dunia.

Pada 6 Agustus 2021, Universitas Pancasila menyelenggarakan sharing session yang diikuti para dosen dan Pimpinan Fakultas Universitas Pancasila, serta civitas akademika dari eksternal kampus Universitas Pancasila. Dibuka oleh Rektor Universitas Pancasila, Prof. Dr. Edie Toet Hendratno, SH., M.Si., FCBArb, dalam sambutannya ia membahas secara singkat sharing session sebagai wujud kepedulian Universitas Pancasila dalam melanjutkan pembangunan yang dituangkan dalam upaya mengimplementasikan Sustainable Development Goals (SDGs) di lingkungan kampus Universitas Pancasila. Selain itu, ia juga berterima kasih atas peran aktif Fakultas Teknik Universitas Pancasila dalam membentuk image positif mendukung kegiatan SDG tersebut.

Pengimplementasian Green Campus di lingkungan Universitas Pancasila telah dilakukan Fakultas Teknik, adapun kegiatan yang dilakukan berkaitan dengan infrastruktur, pengelolaan limbah, pengelolaan air dan pengelolaan energi. Setelah dilakukannya kegiatan tersebut diharapkan penerapan Green Campus di lingkungan Universitas Pancasila dapat berhasil dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam keterangannya, Prof. Edie menyebut kalau di tingkat nasional Universitas Pancasila berada di rangking 22, rangking 289 di tingkat internasional dan di lingkungan LLDIKTI III berada diperingkat 2. Oleh karena itu, universitas sangat mendukung program-program yang memiliki keterkaitan dengan penilaian UI Green Metric seiring dengan kegiatan SDGs.

Perlu di ketahui SDGs dihasilkan pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tahun 2015 lalu dalam dokumen yang berjudul ”Transforming Our World: The 2030 Agenda for Sustainable Development” menghasilkan 17 tujuan (chapter) yaitu: Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; (5) Kesetaraan Gender;  (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; (10) Berkurangnya Kesenjangan;  (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; (17) Kemitraan untuk  Mencapai Tujuan.

Maka dari itu, menurut Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasila sekaligus narasumber pada acara ini, Dr. Ir. Budhi M. Suyitno, IPM., Fakultas Teknik Universitas Pancasila berperan aktif membentuk komitmen untuk mencapai tujuan Pembangunan Berkelanjutan, dengan menerapkan kegiatan awal mendirikan Pusat SDGs (SDGs Center) di bawah naungan Unit Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (UP2M) Fakultas Teknik Universitas Pancasila.

Dari 17 tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut, ditetapkan 6 (enam) chapter yang akan dikembangkan di Fakultas Teknik Universitas Pancasila, yaitu: Pendidikan berkualitas; Akses Air Bersih dan Sanitasi; Energi Bersih dan Terjangkau; Infrastruktur, Industri dan Inovasi; Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan; serta Konsumsi dan Produksi yang Bertanggungjawab

Kebijakan pemerintah terkait SDGs merupakan peluang bagi Fakultas Teknik Universitas Pancasila untuk ikut berperan membantu pemerintah, baik dalam bentuk pendidikan, penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Untuk itu, diperlukan perubahan perilaku yang tercermin dalam roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan diharapkan dapat dikaitkan dengan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan.

Program penyusunan ulang roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mampu diterapkan secara komperehensif, antara lain dengan  menggunakan  pendekatan  multi disiplin  dan system thinking, di antaranya penyusunan rencana kluster penelitian yang dihubungkan dengan 17 tujuan pembangunan berkelanjutan sampai dengan menghasilkan produk dan pelaksanaan dalam aplikasi terapan dapat dilakukan di beberapa lokasi.

Upaya Fakultas Teknik Universitas Pancasila Menjadi Green CampusIr. Kiki K. Lestari, MT, salah satu Dosen Fakultas Teknik Universitas Pancasila dan narasumber kedua menyatakan, salah satu indikator implementasi SDGs di lingkungan kampus adalah dengan menjadikan FTUP sebagai green campus.

Di tahun 2018, Universitas Pancasila menjadi ranking ke 32 nasional, dan 527 internasional. Di tahun 2019, ranking Universitas Pancasila meningkat menjadi ranking 29 nasional dan 451 internasional. Di tahun 2020, ranking Universitas Pancasila meningkat menjadi ranking 22 nasional dan 289 internasional pada UI Green Metric Word University Ranking terkait implementasi green campus. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi FTUP dalam menerapkan green campus.

Dalam kerangka perencanaan/roadmap menuju green campus, FTUP telah mencanangkan Grand Design Proposal ofenvironmentally friendly campus (Green Campus) yang terdiri dari lima elemen, yaitu: Harvesting Energy towards Self Sufficient, Clean and Potable Water (Water sensitive campus), Smart Building, Healthy Food and Friendly Environment, dan Green Products.

Disamping Fakultas Teknik Universitas Pancasila, mencanangkan lima elemen sebagai Grand Design Proposal ofenvironmentally friendly campus (Green Campus), FTUP juga mengimplementasikan kegiatan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat yang tidak termasuk dalam proposal Green Campus tetapi merupakan bagian dari 6 (enam) chapters SDG’s yang dicanangkan oleh FTUP.

“Kegiatan tersebut sesuai kebijakan pemerintah terkait SDG’s, dan mendukung peningkatan kompetensi para pendidik (dosen), FTUP dalam rangka mendukung kampus sebagai Research University pada tahun 2024, yang secara otomatis meningkatkan rangking nasional dan internasional Universitas Pancasila,” ringkas  penutup acara  Dr. apt. Novi Yantih, S.Si., M.Si Wakil Rektor II Uninversitas Pancasila.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top